Jika ada kata “dunia lain” pasti konotasi Anda menuju hal mistis yang terkadang tak bisa dipikirkan dengan logika, namun pada kenyataannya “dunia lain” yang Kami maksud ini berbeda jauh dengan konotasi tersebut. Penasaran jika belanja di “dunia lain” lebih murah dan nyaman dibandingkan di dunia nyata?

Sebenarnya Anda tak perlu terlampau jauh memikirkan sebuah fenomena mistis tentang ‘pasar jin’ yang konon memiliki cerita bahwa dalam dunia gaib memang terdapat pasar yang seluruh pelakunya baik penjual dan pembeli adalah jin. Tapi pertanyaannya, apa bisa manusia belanja di pasar jin? Tentu tidak bukan?

Lalu apakah salah melakukan pembelian produk di “dunia lain”? Nah, dari sinilah penafsiran tentang belanja di “dunia lain” ini harus diluruskan terlebih dahulu agar sama-sama memiliki satu arti dari dua kata ini.

Belanja di "Dunia Lain" Lebih Murah dan Nyaman! Mau coba?
Ilustrasi-Internet-Adalah-Dunia-Lain

Internet Adalah “Dunia Lain”

Setujukah Anda jika Kami menafsirkan seperti ini? Dan bisa dipastikan bahwa sebutan “Dunia Lain” yang digunakan pada judul merupakan konotasi berbeda agar mengundang sedikit kontroversi dalam benak masing-masing pembaca apakah belanja yang dilakukan di “Dunia Lain” itu adalah benar melakukan transaksi dengan jin.

Padahal, kenyataannya tentang konotasi belanja di “Dunia Lain” lebih murah dan nyaman memang kata tersebut masuk dalam kategori ambigu, tetapi dalam hal ini Kami sebenarnya menyamakan kata “Dunia Lain” dengan belanja online di dunia internet, yang bisa memberikan layanan lebih efisien.

Dan alasan Kami menggunakan kata tersebut memang bisa dibuktikan bahwa dunia internet merupakan dunia maya, atau dunia lain yang hadir dan mengiringi dalam kehidupan kita sebagai pelangkap, baik itu berupa sebuah sarana komunikasi hingga mendapatkan informasi harga dari sebuah produk seperti harga handphone, melalui laptop yang terkoneksi dengan internet, hingga tren belanja online yang dilakukan saat ini dengan nama ecommerce.

Belanja di "Dunia Lain" Lebih Murah dan Nyaman! Mau coba?
Ilustrasi-Belanja-Di-Internet-Lebih-Murah-dan-Nyaman

Benar Belanja Di “Dunia Lain” Lebih Murah dan Nyaman?

Untuk bisa merasakan hal itu maka Kami tak ingin berpanjang lebar menjelaskan apakah benar lebih murah dan lebih nyaman, pasalnya setiap orang tentu memiliki selera yang berbeda, namun secara umum bisa diambil jalan tengahnya bahwa beberapa pendapat yang sudah pernah mencoba berbelanja melalui “Dunia Lain” merasakan hal itu.

Ada banyak literatur yang menyatakan bahwa belanja online di toko online lebih menguntungkan ketimbang offline, dan untuk meyakini itu testimoni dari pebelanja online adalah kuncinya, hingga akhirnya terjadi kehebatan bentuk marketing word of mouth yang mana seseorang akan memberitahu orang lainnya atas keunggulan atau kelebihan bahkan keburukan pelayanan dari sebuah toko atau perusahaan.

Ada 3 hal yang bisa Anda nikmati dan boleh dibilang menjadi keunggulan ketika belanja online. Berikut pembuktian bahwa belanja di “Dunia Lain” lebih murah dan nyaman;

1. Proses belanja yang sangat mudah

Anda hanya tinggal menyiapkan nomor rekening dan memilih barang yang dijual, kemudian barang akan dikirim dalam waktu yang relatif cepat.

2. Lebih hemat waktu

Anda tidak perlu menghabiskan waktu di toko atau supermarket untuk mencari produk. Cukup ketikkan saja produk yang kalian inginkan di mesin pencari, maka dalam waktu secepat angin akan muncul hasilnya.

3. Bisa Belanja Tanpa Batas Ruang dan Waktu

Anda bisa berbelanja tidak hanya di toko online lokal, akan tetapi toko online yang terletak di seluruh penjuru bumi, mulai dari benua amerika, asia, eropa dan australia.

Belanja di "Dunia Lain" Lebih Murah dan Nyaman! Mau coba?
Belanja-Online-Menggunakan-Kartu-Kredit

Jangan Lupa Perhatikan Ini Ketika Belanja  Online

Meski belanja di “dunia lain” lebih murah dan nyaman, tetapi ada hal lain yang juga bisa Anda harus perhatikan dalam proses pembelian barang melalui internet. Ada dua hal yang sangat penting agar kita bisa berbelanja secara nyaman dan aman, yakni memiliki alat pembayaran dan cermat memilih toko online murah sebagai perbandingan dan memiliki kualitas produk lebih bagus.

Untuk alat pembayaran online Anda bisa memanfaatkan cara pembayaran yang terintegrasi jaringan nirkabel perbankan atau anjungan tunai. Beberapa alat pembayaran tersebut antara lain;

1. Rekening bank lokal

Akan lebih baik jika rekening yang Anda gunakan memiliki fasilitas mobile banking, sms banking, internet banking, ATM, transfer sesama bank dan transfer antar bank. Sebagian besar toko online lokal menggunakan alat pembayaran tipe ini.

2. Kartu kredit

Ini mungkin jarang digunakan untuk berbelanja online. Namun belakangan kemudahan menggunakan kartu jenis ini tak lagi hanya digunakan menyewa hosting dan domain tetapi membeli produk dari toko online dengan mudah.

3. Paypal

Alat pembayaran ini juga merupakan alat pembayaran yang paling populer di dunia internet. Banyak toko online lokal maupun internasional yang menggunakan paypal untuk bertransaksi. Cara mendaftar cukup dengan mengunjungi website http://paypal.com lalu isi form yang sudah disediakan. Indonesia juga telah memiliki perusahaan alat pembayaran seperti ipaymu, inapay, doku dan lain sebagainya.

Selain menggunakan ketiga alat pembayaran online di atas, agar menjamin belanja di “dunia lain” lebih murah dan nyaman yakni menggunakan voucher belanja/ gift card dari salah satu toko online. Jika 3 hingga 5 tahun lalu masih sukar diaplikasikan, maka kini sudah merebak dan pembayaran dengan membeli terlebih dulu sebuah voucher (menggunakan voucher) sudah bukan hal yang istimewa.

Nah, untuk perihal kedua yang perlu diperhatikan adalah hati hati memilih Toko Online. Sebagian besar toko online mensyaratkan untuk membayar dulu, baru barang akan dikirim. Untuk itu Anda perlu memastikan bahwa toko online yang dipilih adalah terpercaya dan bukan penipu.

Belanja di "Dunia Lain" Lebih Murah dan Nyaman! Mau coba?
Hati-hati-Website-Ecommerce-Palsu

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh toko online ‘nakal’:

1. Jika toko online berupa website, misalnya bernama TokoPustaka.Com. Anda bisa cek di website tersebut apakah semua informasi yang tertulis benar-benar valid. Mulai dari adanya no telp, BB, ym, alamat dan testimoni pembeli. Anda perlu juga melakukan pengecekan siapa pemilik domain tersebut, dengan cara mengunjungi website : http://whois.net, masukkan alamat website “tokopustaka.com’, jika informasi yang ditampilkan lengkap, mulai dari nama, alamat, nomor telepon dan usia domain  maka kalian bisa meneruskan untuk berbelanja.

2. Cek Harga. Jika kebetulan Anda menemukan sebuah toko online baik website maupun facebook yang menjual produk dengan harga yang jauh di bawah harga rata-rata, itu patut dicurigai. Hampir dipastikan toko tersebut adalah toko penipu. Akhir-akhir ini marak penipuan di facebook dengan motif harga yang sangat murah.

3. Cari informasi tentang toko yang akan Anda pilih melalui Google atau mesin pencari lain. Misalnya ketika bermaksud membeli buku di toko buku bernama “Toko Pustaka”. lalu Anda merasa ragu, nah, Anda bisa mencari di google dengan kata kunci ” testimoni belanja di toko pustaka” atau “toko pustaka penipu” dan lain-lain. Jika hasilnya ada testimoni yang positif, kalian bisa meneruskan belanja, tapi jika terbukti ada konsumen yang pernah tertipu, maka hentikan segera.

4. Perhatikan ketika belanja melalui forum, pastikan penjualnya merupakan penjual yang terpercaya. Hal ini bisa dilihat dari komentar para pembeli. Biasanya mereka menulis “Reccomend Seller” jika tokonya benar-benar terpercaya.

Beberapa hal di atas merupakan informasi yang cukup penting agar Anda bisa mendapatkan cara belanja di “Dunia Lain” lebih murah dan nyaman. Prediksinya, ecommerce Indonesia akan semakin merebak dan cara pembayaran serta peluang bisnis akan semakin terbuka. Meski begitu, tetap hati-hati terhadap penipuan. Selamat berbelanja online, semoga bermanfaat.

Comments

comments