Anyaman bambu atau kerajinan anyaman dari bambu merupakan salah satu jenis dari berbagai macam hasta karya yang anda di Indonesia. Di tambah lagi iklim tropis yang ada di Indonesia sangat mendukung perkembangan tanaman bambu yang. Sehingga ketersediaan bahan baku untuk membuat anyaman dari bambu  seperti bakul nasi dari bambu sangat melimpah.

Selain digunakan sebagai anyaman bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan alat-alat rumah tangga. Tapi bambu paling banyak dimanfaatkan sebagai anyaman. Bakul nasi dari bambu bisa dibuat dari bahan yang hemat tapi bisa menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang memiliki banyak manfaat dan juga nilai ekonomis yang tinggi harga bakul nasi dari bambu juga sangat murah. Walaupun yang menjual bakul nasi sudah sangat jarang ditemukan di kota besar namun penjual wadah nasi dari bambu ini masih bisa ditemukan di pasar tradisional.

Cara penanaman yang mudah, tidak memerlukan pestisida, serta dapat tumbuh dimana saja, bambu memiliki beberapa kelebihan lain. Bambu menyerap sangat sedikit kelembapan sehingga bentuknya tidak akan berubah seperti peralatan yang berbahan besi. Bambu juga sangat kuat dan tahan lama seperti produk kayu, namun dengan bobot yang lebih ringan. Hal yang menakjubkan lainnya adalah bambu memiliki sifat anti bakteri.

Karena sifat-sifatnya inilah bambu menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan perabotan dapur Anda seperti talenan, tempat nasi, sendok nasi, dan lainnya. Tapi, perabotan dapur berbahan bambu memiliki kekurangan, yaitu membutuhkan sedikit perawatan khusus. Berikut ini adalah tips merawat perabotan berbahan bambu :

  • Hindari mencuci produk berbahan bambu dengan mesin pencuci piring.
  • Bersihkan perabot bambu Anda dengan air hangat.
  • Jika makanan yang tertinggal pada produk perabot bambu telah kering, rendam sebentar di dalam campuran air panas dan sabun pencuci piring.
  • Bersihkan perabot bambu dengan spons lembut atau kain untuk menghilangkan partikel makanan.
  • Bilas sabun dari peralatan bambu di bawah aliran air hangat.
  • Simpan dalam rak piring dengan posisi terbalik sehingga air dapat menetes dan peralatan bambu Anda pun kering. Atau Anda dapat mengeringkan dengan kain lap bersih.

  • Sebaiknya, simpan peralatan dapur bambu di tempat yang sejuk dan kering.
  • Jika Anda menggunakan perabotan bambu untuk mengolah daging mentah, gunakan larutan air panas. Setelah itu, lanjutkan dengan langkah pembersihan seperti di atas.
  • Agar perabotan dapur berbahan bambu Anda selalu tampak seperti baru, lap perabotan Anda menggunakan kain lembut dengan minyak kelapa atau minyak mineral food grade secara berkala. Namun, jika Anda jarang menggunakan produk bambu, hindari penggunaan minyak food grade seperti zaitun atau canola karena dapat menimbulkan bau tidak sedap.
  • Meskipun bambu sangat kuat, perawatan tetap harus Anda lakukan. Perawatan yang tepat pada perabotan bambu akan menjaganya tetap awet dan indah.

Baca Juga >> Jual Produk Cake Taker Rectangular Tupperware

Para penjual bakul nasi dari bambu ini masih bisa ditemukan juga di berbagai sudut pasar tradisional atau toko perabotan rumah tangga, atau mungkin anda bisa mendapatkan secara online langsung saja kunjungi pricearea.com sebagai mesin pencari belanja nomer #1 di Indonesia. Selamat Berbelanja.

Summary
Cara Merawat Bakul Nasi Yang Terbuat Dari Bambu
Article Name
Cara Merawat Bakul Nasi Yang Terbuat Dari Bambu
Description
Harga Beli bakul nasi bambu berkualitas dengan harga murah cuma di toko online terpecaya di Indonesia. Gratis Ongkir dan nikmati promo menarik setiap harinya hanya di pricearea.com sebagai mesin pencari belanja nomer #1 di Indonesia.
Author

Comments

comments