Tahun lalu Asus pertama kali meluncurkan seri Smartphone unggulannya ke pasar, bertajuk Asus Zenfone. Kala itu ada tiga seri yang diluncurkan, yaitu Zenfone 4, 5 dan 6. Masing-masing mewakili besaran layar yang diusung. Tentu saja yang speknya paling tinggi adalah yang layarnya paling lebar, yaitu Asus Zenfone 6. Handphone ini memiliki ukuran layar 6 inci sehingga banyak pula yang menyebutnya phablet.

Dibandingkan dengan ‘adiknya’, Asus Zenfone 6 memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Bahkan spesifikasinya bisa dibilang setara dengan handphone kelas middle-end. Apa saja yang dibawa oleh handphone Android andalan Asus yang recommended ini? Kita lihat ulasannya berikut ini:
1.Desain
Desain Asus Zenfone 6 hampir mirip dengan Asus seri Zenfone lainnya hanya saja dalam ukuran yang lebih besar. Wajar karena handphone ini memang mengusung layar 6 inci. Asus Zenfone 6 memiliki dimensi 166.9 x 84.3 x 9.9 mm dengan berat sekitar 200 gram. Sekilas smartphone ini memang tampak ‘bongsor’. Tidak heran memang, mengingat spesifikasinya yang juga tinggi.
2.Layar
Zenfone 6 mengusung layar IPS LCD Capacitive touchscreen 16 juta warna berukuran 6 inci. Sementara untuk resolusinya 720 x 1280 piksel dan memiliki kerapatan piksel 245 ppi. Dilihat dari segi layar, Asus Zenfone 6 memang cukup standar. Tidak jelek tetapi juga tidak terlalu bagus. Apalagi belum ada Gorilla Glass yang melindungi permukaan dari goresan sehingga anda harus memasang screen guard sendiri.
3.Dapur Pacu
Di bagian dapur pacu Asus Zenfone 6 cukup gahar. Asus tidak seperti smartphone lain, menggandeng Intel untuk menyuplai prosesornya. Untuk Asus Zenfone 6 ini menggunakan Chipset Intel Atom Z2580 dengan CPU Dual-Core 2 GHz. Kinerja dari Intel sudah sejak lama dipercaya karena sudah di pakai di PC sebelumnya. Untuk mendukung aktifitas yang melibatkan grafis, Asus membekali Zenfone 6 dengan GPU PowerVR SGX544MP2 sehingga kualitas tampilan lebih jernih dan tajam. Untuk OS-nya, Asus Zenfone 6 mengusung Android OS. v4.3 Jelly Bean yang bisa di-upgrade ke KitKat OS v4.4
4.Memori
Untuk memori, Asus menyediakan dua pilihan. Masing-masing internal memori (ROM) 8 GB atau 16 GB dan RAM 1 GB atau 2 GB. Keduanya tentu memiliki banderol yang agak sedikit berbeda. Selain itu, keduanya pun masih menysakan slot microSD untuk memori eksternal. Kamu bisa menggunakannya dengan microSD berkapasitas maksimal 32 GB.
5.Konektivitas
Seperti kebanyakan smartphone Android, Asus Zenfone 6 juga menggunakan sistem dual SIM. Masing-masing memiliki jaringan 3G HSPA+ dan 2G GPRS. Sayang sekali Zenfone 6 belum support 4G LTE. Masih kalah dengan ponsel-ponsel baru saat ini.
6.Kamera
Kamera belakang Asus Zenfone 6 cukup besar namun tidak dengan kamera depan. Ya, dengan kamera utama di belakang sebesar 13 MP seharusnya Asus lebih berani memasang kamera depan dengan lensa lebih besar daripada hanya 2 MP. Akan tetapi, kamera depan tersebut sudah cukup jelas untuk video call.
7.Harga
Terakhir tentu masalah harga. Asus Zenfone 6 ini mengalami penurunan harga dari sejak pertama kali kemunculannya. Saat itu harga handphone android ini masih di atas 3 jutaan. Sekarang harga Asus Zenfone 6 sekitar 2,5 jutaan. Harga yang termasuk murah mengingat spesifikasi yang dibawa pun cukup wah. Baterai Non-removable Li-Po 3230 mAh semakin mempertegas ‘gahar’-nya spessifikasi Asus Zenfone 6 ini.

Comments

comments