Anda Wajib Tahu Tips Menghemat Baterai Kamera Ini | PriceArea.com
Home > Berita & Ulasan > Anda Wajib Tahu Tips Menghemat Baterai Kamera Ini

Anda Wajib Tahu Tips Menghemat Baterai Kamera Ini

Orang-yang-Memotret

Orang-yang-Memotret

Baterai kamera habis ketika hunting foto adalah hal yang menyebalkan. Kejadian ini pasti sering dialami oleh orang-orang yang hobi memotret berbagai momen kapanpun dan di manapun. Fenomena alam ataupun kejadian di sekeliling kita sekecil apapun bisa jadi potret mengagumkan. Bila menggunakan kamera DSLR menengah dan canggih yang dibekali baterai besar, cukup membawa satu baterai saja. Dalam pemakaian normal, baterai kamera DSLR bisa tahan sekitar 350-500 foto, tergantung jenisnya.

Namun saat kita hanya membawa kamera digital, compact, mirrorless, dan ponsel, kita membutuhkan lebih banyak daya. Rata-rata hanya bisa menghasilkan 200 foto saja. Ukuran baterai yang kecil menjadi penyebab cepat habisnya daya pada jenis ketiga kamera tersebut. Untuk hunting atau keperluan foto yang membutuhkan waktu seharian, Anda perlu membawa sekitar 1-2 baterai cadangan.

Agar tak terlalu direpotkan dengan membawa banyak baterai, ada tips menghemat baterai kamera yang wajib Anda ketahui:

1. Jangan Sering Melihat Gambar

Setelah memotret, kita pasti ingin mengecek hasilnya dulu apakah sudah bagus atau belum. Layar pada kamera banyak menghabiskan daya, dengan sering melihat gambar di dalam kamera akan mempercepat habisnya baterai. Sistem pemunculan gambar secara otomatis pada LCD yang baru Anda ambil juga cepat mengurangi daya. Untuk mematikan fitur ini, carilah di menu ‘image review’. Cara ini lebih mengurangi penggunaan daya, jadi Anda bisa berhemat.

 

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Layar LCD

Layaknya ponsel, tingkat kecerahan layar LCD pada kamera juga akan sangat mempengaruhi daya. LCD yang terlalu cerah akan cepat menghisap baterai, agar lebih hemat lebih baik turunkan tingkat kecerahannya sedikit. Hal ini memang akan membuat hasil gambar terlihat lebih gelap. Untuk memeriksa terang gelap gambar yang lebih akurat dengan membaca histogram.

 

3. Gunakan Jendela Bidik Optik

Untuk Anda pengguna kamera DSLR, kurangi frekuensi penggunaan layar LCD. Lebih baik gunakan jendela bidik optik untuk membidik dan mengkomposisi foto. Terlalu sering menggunakan layar LCD menguras jauh lebih banyak baterai untuk menampilkan gambar dari sensor gambar secara live dan juga tenaga untuk autofokus contrast detect.

Berlawanan dengan DSLR, saat mengunakan kamera mirrorless atau compact yang memiliki jendela bidik elektronik, sebaiknya gunakan layar LCD, karena jendela bidik elektronik pada jenis ini biasanya beresolusi lebih tinggi sehingga menguras lebih banyak baterai.

 

4. Jangan Sering Menghidup dan Mematikan Power

Pendapat yang sering salah adalah saat tidak digunakan matikan powernya. Yang benar adalah jangan kerap menghidupkan dan mematikan kamera, karena saat menghidupkan power, daya baterai lebih tersedot. Jadi sebaiknya di-standby saja. Malah pada beberapa kamera, ada yang otomatis menjalankan sensor cleaning saat dihidupkan. Hal tersebut tidak perlu dilakukan setiap buka tutup, maka dimatikan saja fitur tersebut di dalam menu. Selain untuk menghemat baterai, juga bisa lebih cepat memotret sesaat setelah kamera dihidupkan.

 

5. Gunakan Manual Fokus

Jika semua trik tadi sudah dilakukan, tapi baterai memang sudah benar-benar sedikit, gunakan manual fokus dan matikan image stabilization (IS, VR, dll).

 

6. Jangan Mengedit di Kamera

Tips terakhir adalah jangan mengunakan kamera untuk memproses foto seperti memberikan efek khusus seperti filter, memproses gambar RAW, dan lain-lain karena proses tersebut memakan tenaga prosesor dan baterai.

Itulah tadi tips menghemat baterai kamera yang bisa membantu Anda yang hobi fotografi. Namun yang paling aman saat bepergian jauh adalah membawa lebih dari satu baterai. Untuk kamera DSLR amannya punya dua baterai, sedangkan mirrorless atau compact sekitar 2-3 baterai cadangan. Banyaknya baterai cadangan juga harus disesuaikan dengan kegiatan dan panjangnya waktu hunting foto.

Diperlukan perawatan secara berkala agar kamera selalu dalam kondisi baik. Frekuensi penggunaan yang banyak dan umur kamera akan mempengaruhi keadaan baterai. Nah bila Anda baterai kamera Anda sudah perlu diganti, Pricearea memilikinya dalam link http://www.pricearea.com/result/baterai+kamera. Lalu jika Anda membutuhkan kamera baru, bisa dibeli di http://www.pricearea.com/harga/kamera/kamera-slr dan http://www.pricearea.com/harga/kamera/kamera-digital.

Comments

comments

Read previous post:
Canggih! 2014 : Mobil dengan Tenaga 'Keringat' Manusia
Canggih! 2014 : Mobil dengan Tenaga ‘Keringat’ Manusia

Dengan menggunakan motor listrik, sudah tentu mobil produksi perusahaan Organik Transit ini menggunakan baterai. Baterai yang digunakan adalah beterai lithium...

Close