Pemerintah menyediakan sebuah tablet bernama Aakash kepada para pelajar di India hanya seharga 35 USD atau sekitar 300 ribuan.

Tablet, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan IIT Rajasthan, sebenarnya biaya lebih dekat ke $ 50 – pemerintah membayar 2.250 rupee masing-masing untuk batch 100.000 pertama mereka, menurut DataWind. Sebelumnya itu disebut sebagai tablet sakshat, tapi sekarang itu disebut Aakash, atau Langit.

Tablet buatan DataWind ini memiliki layar 7 inci dengan menggunakan chip Connexant 366MHz, dengan fasilitas penyimpanan 2 GB dan 256 MB RAM . Sebagai tahap awal, sekitar 100 ribu tablet akan diluncurkan pada bulan depan.

Dengan adanya tablet ini, diharapkan akses menuju internet akan menjadi lebih mudah. Saat ini hanya 8 persen penduduk India yang memiliki akses ke internet secara pribadi. Tak hanya itu, para penduduk India pun lebih memilih untuk menggunakan sebuah PC daripada tablet.

Menteri Komunikasi India, Kapil Sibal mengatakan bahwa semua pelajar di India harus memiliki tablet ini. Sedangkan jika kalangan umum menginginkan, maka mereka harus membayar jauh lebih mahal, yakni 61 USD atau sekitar 600 ribuan. Tentunya untuk masyarakat umum, tablet ini akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Comments

comments