Kabar seru kembali hadir di dunia gadget dan teknologi, produsen gadget gaek asal Taiwan yakni HTC, kembali melakukan terobosan dengan melakukan kolaborasi dengan korps google yakni Nexus. Banyak spekulasi nama yang akan diberikan pada gadget ini hingga akhirya muncul sebuah nama yang diusung dari hasil kolaborasi perusahaan produsen gadget inernasional dengan nama Volantis.

Tablet terbaru Nexus itu dinamai Volantis, meski begitu keberadaannya tak membuat beberapa produk pendahulu merasa terganggu dengan proses distribusi pemasaran. Saat ini saja, Google sudah mempunyai Nexus 7, tablet Android mungil yang dibuat oleh Asus. Untuk versi layar besarnya, ada Nexus 10 yang dibuat Samsung. Nah, untuk ukuran tablet yang terbaru akan berada di tengah-tengah antara 7 dan 10 inch, yang sampai sekarang masih misterius.

Tablet Nexus terbaru ini digadangkan bakal siap dipamerkan di Google I/O Conference pada 25-26 Juni 2014 nanti. Yang menarik untuk dibahas adalah vendor yang menggarap, yakni HTC, bukan Asus atau Samsung seperti seri sebelumnya. Sayangnya, tidak ada penjelasan mengapa pada akhirnya Google lebih memilih vendor asal Taiwan tersebut.

Menggandeng HTC, Tablet Terbaru Nexus Itu Dinamai Volantis
Penampakan-Nexus-Volantis

BOCORAN SPESIFIKASI

Untungnya ada angin segar yang membawa bocoran mengenai spesifikasi Volantis. Sedang dalam proses pengerjaan, tablet terbaru Nexus ini bakal memiliki layar 8,9 inch 2.048 x 1.440 dengan 281 pixels per inch. Yang menarik, layar ini ini punya kepadatan pixel sedikit lebih tinggi dibandingkan Retina iPad 264 pixels per inch.

Otaknya dibekali dengan prosesor Nvidia Tegra K1 64 bit yang didukung oleh RAM 2GB dan internal storage 16GB atau 32GB, pantas jika tablet terbaru Nexus  itu dinamai Volantis. Selain menggunakan material alumunium, tablet yang di internal Google disebut juga sebagai Nexus 9 ini punya bobot sedikit lebih berat dari Nexus 7, yaitu 290gr. Berikut rincian spesifikasinya:

  • 8.9″ Display at 2048×1440 (281ppi)
  • NVIDIA Logan 64-bit processor (Tegra K1)
  • 2GB RAM
  • 16/32GB internal storage
  • 8MP OIS main camera, 3MP front facing camera
  • Aluminum zero-gap construction
  • Stereo front-facing speakers
  • 8.91″x5.98″x0.31″ body (that’s 22.63×15.19×0.79cm)
  • 418g (or 427g with LTE) (that’s 14.74/15.1 ounces)

Yang tak boleh terlewatkan, berapa harga yang dipatok oleh pihak Google untuk tablet terbaru Nexus? Harganya nanti akan bervariasi yang berdasarkan pada kapasitas penyimpanan. Sejumlah analis telah memprediksi versi 16GB akan dijual sebesar USD 399 dan untuk 32GB berkisar USD 499, harga tersebut kurang lebih sekitar Rp 4,7 juta dan Rp 5,9 juta (1 USD = 11.960).

Diperkirakan Volantis akan mulai dijual sekitar kuartal keempat tahun ini. Untuk sementara ini, Anda bisa bersabar menunggu kedatangannya sambil tetap update info mengenai dunia gadget yang bisa dibaca di http://artikel.pricearea.com/?s=gadget&submit=Search. Beragam produk tablet dari banyak brand juga sudah Pricearea sediakan di http://www.pricearea.com/harga/komputer/tablet. Kategori Nexus pun ada dalam http://www.pricearea.com/result/nexus.

Comments

comments