Semua yang ada di muka bumi ini pasti ada habisnya, baik tanaman, air hingga mineral yang ada di dalam perut bumi. Begitu juga piranti elektronik dan gadget, termasuk sebuah iPhone. Sebagai ponsel pintar besutan apple tentu memiliki batas usia atau boleh dibilang kekuatan hidup dari sebuah produk elektronik.

9 Cara Memperpanjang Usia iPhone Anda
iPhone-Generasi-Baru

Alasan mengapa memilih iPhone untuk dibahas tentu bukan karena Kami memiliki kedekatan dengan perusahaan raksasa yang di gawangi oleh mendiang Steve Jobs, atau mendeskriditkan merk atau smartphone dari vendor lain dengan sistem operasinya yang open source. Hal ini semata-mata karena terkait dengan siklus jual beli yang ada di pasar Indonesia, beberapa data yang Kami peroleh harga iPhone memiliki kekuatan stabil yang luar biasa dibanding dengan jenis ponsel lain dari berbagai vendor.

Alasan terkuat mengapa mengulas ponsel pintar ini adalah, prediksi Kami bahwa setiap pengguna iPhone pasti selalu ketar-ketir jika pihak apple melansir produk baru. Pasalnya, ketika produk baru tersebut muncul maka karakter apple sebagai induk ponsel iPhone pasti akan memperbaharui dari sisi software dan upgrade fitur. Lalu bagaimana dengan yang lama? Nah, inilah yang dikhawatirkan dan menjadi alasan untuk PriceArea mengulas 9 cara memperpanjang usia iPhone Anda.

Apalagi bocoran yang berhasil Kami kutip melalui mashable.com mengutarakan bahwa usia maksimal sebuah iPhone akan mengalami leak atau melemahnya fungsi kerja adalah di usia 2 tahun. Wah, kalau begini tentu akan bertanya-tanya pengguna iPhone lawas.

9 Cara Memperpanjang Usia iPhone Anda
iPhone-Generasi-Pertama

Bagaimana, terjawab sudah bukan? Nah, untuk Anda yang masih pensaran dengan 9 cara memperpanjang usia iPhone Anda maka jangan khawatir karena berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan bagi pemilik iPhone yang telah lama enggan pindah ponsel;

1. Periksa Ruang Penyimpan Dan Kinerja

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah seperti melihat seberapa kuat ponsel Anda bekerja. Jika terlampau banyak aplikasi update dan mempengaruhi kinerja ruang maka segera lakukan pembersihan atau yakinkan pada diri Anda apakah aplikasi yang tertanam benar-benar diperlukan atau tidak. Pastikan juga Anda menjalankan versi terakhir yakni iOS 7.

2. Lakukan Uninstall Aplikasi yang Mubazir

Inilah yang sebelumnya Kami utarakan, menyambung pernyataan sebelumnya yakni ruang penyimpanan yang semakin penih dengan aplikasi update maka bersihkan dengan segera. Dengan menghapus aplikasi dan data yang terletak di dalam maka ponsel Anda tak harus bekerja keras.

3. Matikan Aplikasi Tracking Lokasi

Dalam smartphone khususnya iPhone banyak aplikasi tracking lokasi yang tersimpan, dari fitur social media saja seperti google, twitter dan facebook, masing-masing memiliki tracking lokasi untuk melengkapi kenyamanan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Tapi dilain sisi, apakah ponsel yang Anda gunakan sebagai tempat untuk mengoperasikan kuat? Nah, untuk mencegah disfungsi kerja ponsel sebaiknya non aktifkan aplikasi tertentu, pengaturan bisa masuk ke Setting > Privacy > Lokasi Layanan.

4. Non-Aktifkan Backgroud App Refresh

Untuk pergantian background sejatinya diatur oleh iOS7, untuk menon aktifkan fitur ini Anda bisa mengunjungi Setting > General > Background App Refresh. Jika fitur ini berjalan meski tak terlihat punya potensi untuk menggangu namun ternyata justru ini merupakan fitur embedded yang bisa mengganggu kinerja iPhone.

5. Non-Aktifkan Fetch

Beberapa pengguna memilih untuk menjaga “Fetch” yakni sebuah tombol untuk mengambil email dan update kalender otomatis. Matikan dengan mengunjungi Setting > Mail, Kontak And Calendars> Ambil Data Baru dan pastikan pilih “manual”. Dengan melakukan pencarian manual maka iPhone Anda tak terus-menerus mencari update yang disinyalir membuat energi lebih dan mengurangi kinerja.

6. Gunakan Baterai Tambahan

Ketika baterai melemah dan kerap kali kehabisan, ini sebenarnya secara perlahan mengurangi kekuatan kinerja iPhone, karena fitur dan aplikasi yang telah bekerja tiba-tiba dimatikan, dan kembali dihidupkan setelah di lakukan charging, proses ini tentu akan memakan waktu dan kerja keras prosesor untuk menaikkan kembali kinerja aplikasi dan fitur yang mati secara paksa karena baterai yang habis tiba-tiba. Jangan terlalu sering mengalami keadaan ini. Untuk itu sediakan baterai sebagai sparepart iPhone tambahan untuk merawat daya dan kinerja ponsel pintar ini merupakan salah satu cara yang tak bisa ditinggalkan dari 9 cara memperpanjang usia iPhone Anda.

7. Manfaatkan Fitur Airplane Mode

Cara ini adalah sambungan dari urutan keenam tdi, gunakan fitur airplane mode untuk mematikan jaringan telepon, cara ini disinyalir mampu menghemat baterai tanpa harus mematikan telepon genggam Anda. Tak hanya pada iPhone, Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada ponsel pintar lainnya meski memiliki beda sistem operasi dan tipe.

8. Lakukan Update

Jika sempat, Anda bisa melakukan update software baru, itupun jika memungkinkan, hal ini dilakukan agar memperlancar kinerja dan memperbaiki bugs yang terdapat pada handphone saja.

9. Lakukan Restart Keras

Inilah hal penting dalam 9 cara memperpanjang usia iPhone Anda, lakukan hard reset ketika kinerja terasa lamban, dengan melakukan hal ini ruang gerak prosesor akan lebih ringan.

9 Cara Memperpanjang Usia iPhone Anda
Ilustrasi-Nasib-iPhone-Lama-Setelah-Muncul-Generasi-Baru

Bagaimana? Paling tidak kekhawatiran Anda pengguna iPhone dengan kemunculan iPhone 6 nanti tak terlalu membuat Anda yang menggunakan smartphone apple lawas sakit hati. Kabar terkini yang PriceArea dapatkan seri terbaru dari iPhone ini akan edar sekitar akhir kuartal 2014. Sayangnya belum ada pernyataan resmi waktu yang tepat produk tersebut resmi di lansir.

Comments

comments