Baterai handphone sekarang ini sudah mengalami berbagai macam perkembangan. Bahkan beberapa ponsel memiliki kapasitas baterai yang besar. Hampir bisa disetarakan dengan kapasitas baterai laptop ataupun tablet. Hal ini  tentunya akan memperpanjang stand by time dari ponsel tersebut. Selain itu, akan ada banyak aplikasi yang dapat berjalan dengan mengandalkan baterai yang besar ini. Tentu saja hal ini akan mempermudah anda dalam menjalankan berbagai aktifitas menggunakan ponsel kesayangan anda.

Baterai Handphone

Kali ini kami merangkum beberapa trik khusus untuk anda supaya handphone kesayangan anda tetap memiliki baterai yang selalu awet. Simaklah beberapa trik berikut ini:

Cara Memperpanjang Umur Baterai Handphone Anda

  1. Memasukkan Baterai ke Dalam Freezer

Jika baterai ponsel anda dapat dilepas, ada baiknya seekali memasukkan baterai ponsel ke dalam plastik dan kemudian taruhlan di dalam freezer semalaman. Cara ini pernah dibahas di 7 Tips Agar Baterai Handphone Kembali Baru. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu baterai dalam keadaan hampir habis. Setelah didiamkan selama beberapa jam di dalam freezer, anda dapat membiarkannya kembali ke temperatur kamar terlebih dahulu, kamudian charge baterai tersebut tanpa menyalakan handphone anda. Cara ini akan merefresh baterai ponsel anda supaya seperti baru lagi. Dengan begitu baterai akan tetap awet.

  1. Aplikasi Penghemat Baterai

Gunakan aplikasi penghemat baterai yang akurat dan direkomendasi oleh Google. Dengan begitu baterai dan juga aplikasi yang berjalan di ponsel anda pastilah akan semakin efisien. Aplikasi ini akan menambah lama kapasitas baterai handphone anda sedikit lebih lama.

  1. Lakukan Root

Cara ini memang dapat menggugurkan garansi ponsel. Namun menggunakan cara ini terbukti sangat efektif dalam menghemat baterai yang anantinya akan menjaga keawetan baterai ponsel anda. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi bawaan ponsel yang tidak dapat di-uninstal . hal ini tentunya akan memakan banyak resource baterai ponsel anda. Padahal banyak dari aplikasi ini yang cenderung tidak terpakai. Dengan rooting, aplikasi tersebut dapat dicopot. Selain menghemat baterai, hal ini juga dapat memberikan ruang memori yang lebih lapang.

  1. Uninstall atau Disable Aplikasi yang Jarang Dipakai

Bijaklah dalam memilih aplikasi untuk ponsel pintar anda. Jangan menginstal aplikasi yang terlalu banyak yang dapat memboroskan baterai ponsel anda. Beberapa ponsel memangtidak memperbolehkan kita untuk mencopot aplikasi tertentu. Hal ini dapat diantisipasi dengan melakukan Rooting ponsel. Namun jika anda tidak suka rooting ponsel anda, anda masih dapat men-disable aplikasi tersebut.

  1. Jangan Mengekspos Ponsel di Tempat yang Panas

Kebiasaan meninggalkan ponsel di dashboard mobil ketika terik matahari tengah menyengat akan memperpendek usia baterai ponsel anda. Hal ini dikarenakan oleh suhu baterai ponsel yang meningkat. Hindari juga aplikasi yang cepat membuat baterai ponsel panas. Jika mengalami baterai ponsel mulai menghangat, segera matikan layar ponsel dan tunggulah beberapa menit hingga ponsel mulai dingin kembali.

  1. Jangan Melakukan Charging Terlalu Lama

Charging baterai ponsel sembari tidur akan mempercepat kerusakan pada baterai ponsel anda. Hal ini dikarenakan oleh kapasitas baterai ponsel yang terlalu penuh. Meskipun charger ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan IC untuk menjaga supaya tidak terjadi over-charge, namun tetap saja hal ini tidak baik jika dilakukan terus menerus. Alih-alih baterai menjadi awet, namun IC power ponsel kita akan menjadi korbannya. Segera lepas kabel charger ketika indikator baterai sudah menunjukkan 100%.

  1. Charge Secara Rutin Baterai Ponsel Anda

Selalu isi baterai ponsel anda hingga mencapai kapasitas maksimalnya (100%). Hal ini akan menambah keawetan baterai handphone. Jangan lakukan charging secara singkat hanya untuk menambah presentase indikator baterai. Lebih baik charge sedikit lebih lama hingga kapasitas baterai mulai menunjukkan indikator maksimalnya.

  1. Gunakan Charger dan Kabel Charger Original

Selalu charge ponsel anda menggunakan asesoris originalnya. Charger bawaan ponsel sudah disesuaikan dengan kapasitas baterai ponsel anda, sehingga kemungkinan merusak semakin kecil. Setiap ponsel mamiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Bahkan output charger di setiap ponsel juga berbeda-beda. Dengan menggunakan charger dan kabel charger yang original, maka arus listrik yang masuk ke ponsel anda akan selalu terjaga.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kualitas dan juga kapasitas baterai handphone anda tetap dalam kondisi prima. Dengan mengaplikasikan cara-cara di atas, kami tidak dapat menjamin bahwa baterai anda tidak akan mengalami kerusakan, namun paling tidak usia baterai anda dapat bertahan lebih lama dari kebanyakan baterai ponsel dalam sekali charge. Dengan baterai ponsel yang awet, tentunya harga handphone android anda akan selalu tinggi.

Comments

comments