Windows-10
Windows-10 | http://cdn1.itpro.co.uk/

Pada tanggal 21 Januari 2015 lalu, Microsoft secara resmi meluncurkan Windows 10. Generasi terbaru dari perusahaan raksasa teknologi ini diklaim memiliki teknologi terbaik dari yang pernah ada. Tidak tanggung-tanggung, ada delapan teknologi terbaru yang ada pada windows 10 ini.

Satya Nadella, CEO Microsoft, mengatakan ada salah satu hal yang menonjol dari Windows 10. Hal tersebut adalah pengalaman pengguna saat merasakan teknologi di era komputasi baru yang lebih personal, serta dua perangkat baru untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan Windows – mulai dari perangkat berlayar besar sampai yang tidak berlayar sama sekali. Windows 10 juga menandai permulaan dari era komputasi yang lebih personal di dunia mobile-first, cloud first.

Selebihnya, inilah 8 teknologi baru di Windows 10:

Komputasi Personal

Windows 10 akan membuat komputasi menjadi lebih Personal. Pasalnya, di era ini bukan mobilitas perangkat yang penting, melainkan pengalaman menggunakan perangkat mobile. Pengalaman harus dapat diperoleh dengan mudah dari perangkat manapun. Pengguna juga harus dapat secara alami berinteraksi dengan teknologi, seperti saat mereka berinteraksi dengan orang lain-dengan suara, gerak tubuh, ataupun tatapan. Perlindungan privasi memegang peranan penting dalam memberikan pengalaman terpercaya yang membuat orang mampu mengendalikan sendiri pengalaman mereka.

 

Cortana di PC dan Tablet

Microsoft menampilkan berbagai pengalaman baru yang ada di Windows10, termasuk diantaranya Cortana yang hadir di PC dan Tablet. Asisten pribadi Cortana, yang memulai debutnya pada Windows Phone tahun lalu, kini juga tersedia pada Windows10 PC dan tablet untuk membantu pengguna menyelesaikan keperluan mereka sehari-hari.

Cortana adalah asisten pribadi yang memiliki kemampuan untuk mempelajari preferensi pengguna agar dapat memberikan rekomendasi yang relevan, akses yang cepat terhadap informasi penting, serta hal-hal penting yang menarik bagi individu terkait. Interaksi dapat dilakukan secara alami dan mudah melalui suara maupun ketikan, dengan fitur-fitur canggih yang dapat mengendalikan Cortana agar lebih terpercaya serta transparan.

 

Browser Baru “Proyek Spartan”

Teknologi ini membuat Web bekerja untuk penggunanya. Windows 10 akan menyediakan browser baru Microsoft, yang saat ini masih disebut sebagai “Proyek Spartan” yang dibangun dengan tujuan untuk memiliki interoperabilitas. Melalui berbagai fitur utama yang sudah ada pada browser, penemuan dan pencarian menjadi lebih terpercaya. Beberapa fitur paling canggih yang terdapat dalam browser meliputi kemampuan untuk menambahkan keterangan di halaman web yang tengah diakses secara langsung, entah itu dengan keyboard ataupun pena, kemudian dapat dibagikan kepada teman-teman secara lebih mudah.

Selain itu, browser juga menyediakan tampilan baca yang bebas gangguan dan mampu menampilkan artikel dalam tata letak yang disederhanakan demi pengalaman membaca yang baik bagi artikel online dan offline. Integrasinya dengan Cortana dapat digunakan untuk mencari dan melakukan hal-hal online secara lebih cepat.

 

Game Xbox Live

Aplikasi Xbox baru membawa pengalaman gaming berbeda di Windows10. Xbox pada Windows 10 memungkinkan gamer dan developer untuk mengakses jaringan game Xbox Live yang luas pada Windows 10 PC serta XboxOne. Gamer dapat meng-capture, mengedit, dan membagikan momen game terbaik mereka melalui Game DVR.

Mereka juga dapat bermain game baru dengan orang lain melalui perangkat apapun, yang menghubungkan jutaan gamer di seluruh dunia. Game yang dikembangkan untuk aplikasi pemrograman interface baru Windows 10, yakni DirectX12, akan menampilkan perbaikan dalam kecepatan, efisiensi, maupun kemampuan grafis. Gamer juga dapat bermain game di PC mereka, langsung dari Xbox One yang dikontrol untuk Windows 10 tablet maupun PC, di rumah masing-masing.

 

Office di Windows 10

Aplikasi Office di Windows 10 menawarkan pengalaman sentuh pertama yang dapat dirasakan dari perangkat apapun. Versi baru dari Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Outlook dirancang untuk Windows, dikembangkan untuk bekerja melalui sentuhan dan menawarkan pengalaman Office yang telah pelanggan ketahui.

Dengan fitur-fitur yang telah familiar di Office, pengguna dapat membuat dan mengedit dokumen Word dengan mudah. Fitur baru berupa tinta di PowerPoint, membiarkan pengguna untuk dapat membubuhi keterangan slide secara real time. Kontrol sentuh pertama baru di Excel pun memudahkan pengguna untuk membuat dan memperbarui spreadsheet tanpa keyboard ataupun mouse.

 

Mendukung Inovasi dan Inspirasi

Windows 10 menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pelanggan – dari Xbox ke PC, smartphone ke tablet, hingga perangkat kecil. Mereka akan merasakan pengalaman yang konsisten, familiar, serta kompatibel. Windows 10 bakal beroperasi sebagai satu kesatuan yang sangat luas dari perangkat yang berbeda-beda – dari sensor terkecil sebagai bagian dari Internet of Things, hingga server di pusat data perusahaan di seluruh dunia. Beberapa perangkat memiliki layar 4 inci, beberapa memiliki layar 80 inci dan beberapa tidak memiliki layar sama sekali.

 

Hologram dengan Holo Lens Microsoft

Untuk menampilkan kemungkinan penggunaan hologram pada Windows 10, Microsoft meluncurkan komputer hologram yang paling maju di dunia. Microsoft Holo Lensa adalah komputer hologram untethered pertama yang tidak membutuhkan kabel, telepon, ataupun koneksi ke PC. Microsoft Holo Lens memiliki lensa high-definition see-through holographic dan suara spasial, yang memungkinkan pengguna untuk dapat melihat dan mendengar hologram di sekitar mereka.

Dilengkapi dengan sensor canggih, sistem generasi berikutnya yang ada pada chip dilengkapi dengan Holographic Processing Unit (HPU), yang memahami apa yang pengguna lakukan dan juga apa yang terjadi di sekitar pengguna. Microsoft Holo Lens juga mampu mengolah data yang berkapasitas terabytes dari sensor yang dimilikinya secara real time, sambil beroperasi tanpa kabel.

 

Microsoft Surface Hub

Microsoft Surface Hub mengoptimalkan pengalaman kerja tim Windows 10, karena menyediakan perangkat berlayar besar baru yang dapat membantu tim untuk berbagi serta membuat ide bersama-sama. Inovasi perangkat berupa multi-touch dan digital inking, built-in kamera, sensor, dan mikrofon, memungkinkan Surface Hub untuk memaksimalkan manfaat yang ditawarkan Windows 10. Skype untuk bisnis dan Office 365, memberikan pengalaman baru yang dirancang untuk membuat setiap orang, baik yang berada di tempat jauh ataupun dekat, merasa mereka seolah-olah berada di ruangan yang sama.

Secara khusus, Surface Hub menawarkan state-of-the-art digital white boarding, konferensi jarak jauh instan, kemampuan yang memungkinkan beberapa orang untuk berbagi dan mengedit konten pada layar dari laptop, tablet, maupun telepon, serta platform terpercaya untuk aplikasi layar lebar. Tersedia dalam dua ukuran, yakni 55-inci dan 84-inci, Surface Hub mampu menghilangkan keterbatasan ruang konferensi tradisional, sehingga dapat membuat tim menciptakan karya terbaik mereka bersama-sama.

Jangan sampai Anda gagap teknologi di era yang serba modern dan canggih ini. PriceArea mendukung Anda agar terus mengenal teknologi melalui produk laptop dan tablet yang beraneka ragam. Di mesin pencari belanja ini Anda dapat menemukan daftar harga laptop murah terbaru dan harga laptop terbaru 2015. Untuk tablet, Anda juga bisa mencarinya di sini karena tersedia banyak toko tablet murah online yang menawarkan ragam produk dengan berbagai spesifikasi dan harga.

Comments

comments