Penggunaan AC Yang Benar. Selama ini mungkin kita tidak sadar bahwa dibalik kesejukan udara AC atau pendingin ruangan mempunyai dampak yang kurang baik untuk kesehatan tubuh terutama jika tidak tepat cara penggunaannya. Yah, pada umumnya orang akan langsung menyalakan AC ketika merasa panas dan pengap di dalam ruangan. Hal ini mungkin terlihat wajar tapi tahukah kamu bahwa dibalik aktivitas menikmati AC ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui guna agar lebih aman dan nyaman. Nah, berikut ini beberapa hal penting tentang penggunaan AC yang wajib kamu ketahui agar tidak sembarang menyalakan AC.

1. Suhu 26″ ? Dari AC Adalah Suhu Paling Tepat dan Nyaman

Meski tubuh manusia sendiri sudah bisa menyesuaikan suhu tubuh, tapi kemampuan tersebut juga ada batasnya. Bila suhu luar dan suhu dalam ruangan berbeda terlalu jauh, kamu pun bisa dengan mudah jatuh sakit. Suhu 26? adalah suhu dalam ruangan yang paling cocok, dan suhu ini bisa membuat AC-mu irit.

2. Ubah Mode AC menjadi Dry Saat Udara Terlalu Panas dan Lembab

Saat musim hujan, udara akan terasa lebih panas dan lembab, nah pada saat ini, kamu harus mengubah mode AC-mu dari “cool” menjadi “dry”. Mode “dry” ini tidak hanya bisa menyerap udara lembab, tapi juga bisa membantumu irit banyak! Saat kamu menyalakan mode “cool”, kipas AC akan terus berputar kencang sampai suhu ruangan dingin, hal ini sangat membuang listrik, tapi ketika kamu menyalakan mode “dry”, kipas AC akan berputar dengan lebih lambat dan stabil, sehingga listrik yang digunakan pun lebih irit.

3. Buka Jendela Setelah 3 Jam Menyalakan AC,

Banyak sekali orang yang tidak tahu hal penting ini. Bila AC sudah menyala dalam ruangan tertutup selama 3 jam, udara di dalam sudah tidak akan segar lagi, bila dalam 6 jam tidak ada pergantian udara, maka udara ruangan tersebut sudah terpolusi sangat berat. Polusi udara ini sangat bisa mempengaruhi kesehatan. Bila kamu sudah sering mengalami masalah pernafasan, flu, pusing dan suka berada dalam ruangan ber-AC yang tertutup, maka kamu sudah harus memperhatikan masalah ini. Sebaiknya buka jendela setiap 3 jam menyalakan AC.

4. Arahkan Mulut AC Ke Atas

Ketika menyalakan AC, aturlah arah mulut AC ke atas, hal ini akan membuat angin AC bisa lebih cepat memenuhi ruangan dan stabil. Penggunaan mulut AC adalah untuk memecah udara atau menyebar luaskan udara AC, sehingga akan jauh lebih baik jika mulut AC atau swing di arahkan ke atas agar udara keluar secara maksimal.

5. Tidur Menyamping Saat AC Menyala

Tidur telentang di bawah angin AC dapat membuat mulut kering dan angin AC yang langsung meniup ke tubuh sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Dokter Li dari Taiwan mengatakan, sebaiknya tidur menyamping bila buka AC, hal ini dapat mencegah kamu bernafas dengan membuka mulut dan membuat aliran udara lebih stabil.

6. Buka AC Dulu, Baru Tutup Jendela

Hal penting yang harus diperhatikan ketika membuka AC adalah langkah- langkahnya: Kamu harus masuk ruangan dulu, buka AC, baru tutup jendela. Tujuan dari buka AC dulu adalah untuk membiarkan udara kotor dalam AC keluar terlebih dahulu, setelah AC berputar beberapa saat, baru tutup jendela.

7. Jangan Matikan AC Jika Hanya Ingin Meninggalkan Ruangan Sebentar

Banyak sekali orang, gara- gara ingin irit, mereka pun selalu mematikan AC saat bepergian sebentar, lalu menyalakan AC lagi saat sampai rumah. Padahal cara ini justru membuat kamu lebih boros dan tidak baik untuk mesin AC. AC yang terlalu sering dibuka tutup dapat membuat mesin “kelabakan” dan akhirnya rusak. Saat kamu menyalakan AC, daya listrik yang digunakan mencapai 500-1000 watt, ini bisa sangat membuatmu boros listrik! Bila kamu hanya bepergian dalam waktu singkat, misalnya 1 jam, lebih baik tidak usah mematikan AC, hal ini malah justru membuatmu lebih irit.

8. Jangan Tergesa-gesa Menyalakan AC Saat Masuk Ruangan

Banyak sekali orang yang sekali masuk ruangan panas, pasti langsung menyalakan AC. Bila kamu masuk dari luar yang bersuhu sangat tinggi, dan langsung menyalakan AC dengan suhu rendah, tubuhmu akan tidak sempat beradaptasi dan menyebabkan tekanan darahmu melunjak tinggi dalam sesaat. Hal ini sangat tidak baik, terutama bagi orang- orang yang jantungnya lemah. Saat memasuki ruangan, jangan terlalu buru- buru menyalakan AC, tunggu dulu sampai suhu tubuhmu mulai menyesuaikan, baru nyalakan AC.

Demikian ulasan tentang penggunaan AC di dalam ruangan, baik di kamar, ruang tamu maupun ruang lainnya tetap saja kamu harus mengikuti saran-saran di atas. Berbagai hal di atas tidak hanya untuk mencegah diri dari hal negatif tapi juga untuk menghemat pengeluaran listrik. Mungkin selama ini kamu hanya tahu bagaimana cara menyalakan saja, padahal penggunaannya tidak sembarangan. Mulai dari sekarang sebaiknya terapkan langkah-langkah di atas jika ingin menggunakan AC sebagai penyejuk ruangan.

Baca Lainnya: 6 Perlengkapan Mendaki Yang Tidak Boleh Kamu Lupakan

Nah, buat kamu yang ingin  membeli AC atau pendingin ruangan, kamu juga bisa kunjungi Bhinneka.com toko online yang menawarkan berbagai promo produk elektronik, gadget dan perlengkapan rumah lainnya. Selain murah, kamu bisa menikmati berbagai penawaran promo mulai dari cashback, bebas biaya pengiriman, voucher belanja dan sebagainya.  Semoga dengan adanya informasi ini kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan barang elektronik.

Summary
8 Hal Tentang Penggunaan AC Yang Wajib Diketahui. Ternyata Nggak Sembarang Menyalakan
Article Name
8 Hal Tentang Penggunaan AC Yang Wajib Diketahui. Ternyata Nggak Sembarang Menyalakan
Description
Meskipun dapat menyejukan ruangan nyatanya AC tidak sembarang digunakan, apalagi jika kamu minim pengetahuan. Nah, berbagai hal ini sebaiknya perlu kamu lakukan saat akan menggunakan penyejuk ruangan.

Comments

comments