Anda tertarik dengan kamera? Mungkin ketika membeli sebuah aksesoris kamera digital tentu memerlukan pertimbangan serta rekomendasi, pasalnya, banyak jenis alat pengabadi gambar yang saat ini muncul dan masing-masing memiliki kegunaan yang menyesuaikan dengan apa yang diperlukan juru foto. Sesuai dengan nama imbuhannya yaitu ‘digital’ maka teknologi yang disematkan jauh berbeda dan lebih canggih ketimbang kamera manual SLR (single lens reflect) atau kamera saku manual pada dua dekade lalu.

Di jaman kamera manual, hanya orang tertentu dan orang-orang yang memiliki keahlian khusus saja yang bisa mengoperasikan kamera, apalagi jenis profesional atau SLR sudah pasti dia merupakan juru foto handal. Mengapa demikian? Karena semua tolok ukur untuk menciptakan gambar bagus telah ada di dalam kepala dan semuanya dilakukan atau diatur secara manual, baik ISO, speed shutter hingga white balance, belum lagi penggunaan film jenis roll dengan perhitungan sekitar 30an frame kemudian aksesoris kamera lain yang digunakan.

Rumit bukan? Dan itulah mengapa jika dulu juru foto memang hanya orang-orang tertentu karena selain memiliki kecepatan mengatur sebuah kamera untuk mendapatkan objek, feeling atau ‘rasa’ dari seni melukis menggunakan cahaya ini memang benar-benar dimiliki oleh orang tersebut.

Berbeda dengan sekarang, perlahan setiap kamera mengalami perubahan, imbuhan ‘digital’ membawa kemudahan untuk mengenal dan menggunakan kamera. Setiap kamera ditanamkan prosesor gambar yang cangih sehingga siapapun pengguna kamera ini maka bisa menggunakan dengan cepat dan mudah. Termasuk penggunaan aksesoris kamera digital pendukung agar gambar terlihat lebih baik.

Selain sebagai pendukung gambar, aksesoris dari kamera digital juga mampu melindungi alat pengabadi gambar ini dari cuaca ataupun cairan lain yang mengakibatkan perangkat digital ini rusak.

8 Aksesoris Kamera Layak Punya untuk Amatir dan Profesional
Casual-Photography

Aksesoris Kamera Untuk Fotografer Kasual

Entah apakah istilah Kasual dalam seni melukis dengan menggunakan cahaya ini memang ada atau tidak, jika belum, sah-sah saja jika menamai dengan seperti ini. Yang jelas, fotografer kasual merupakan penggemar foto yang tak memerlukan banyak perlenkapan tambahan seperti profesional ataupun amatir. Cukup menggunakan kamera kompak dan proses pengabadian momen bisa berjalan.

Tas kamera jinjing adalah pilihan yang baik untuk Anda pilih sebagai Kasual Fotografer, selain mudah dibawa, beberapa kelengkapan seperti pembersih lensa, kabel data, baterai tambahan hingga memori eksternal bisa Anda sisipkan. Dengan menggunakan tas jinjing ini dipastikan perangkat kamera akan terlindung dari benturan, guncangan serta hujan. Untuk mempertahankan kelembaban yang ada di dalam tas, Anda bisa memberikan silica gel yang banyak dijual.

8 Aksesoris Kamera Layak Punya untuk Amatir dan Profesional
Fotografer-Amatir-dan-Profesional

Aksesoris Kamera Untuk Amatir dan Profesional

Berbeda dengan kebutuhan juru foto Kasual, untuk amatir dan profesional peralatan yang diperlukan sepertinya memang benar-benar dipertimbangkan untuk digunakan. Dan umumnya, semua juru foto telah memprediksi hasil yang akan muncul. Sebagai aksesoris wajib selain kamera biasanya lensa, filter, reflektor dan flash.

Pada lensa misalnya, jika lebih spesifik maka lensa populer yang lazim digunakan juru foto profesional dan amatir adalah; lensa potrait 50-85mm,  Makro 40/ 60/ 80/ 105mm, telephoto 55-200mm/ 70-300mm, wide angle 10-24mm/ 16-35mm. Sementara penggunaan lensa khusus dengan ketajaman serta depth of field baik maka para juru foto bisa menggunakan 18-200mm serta 28-300mm.

Untuk menunjang kualitas hasil juru foto maka terdapat beberapa aksesoris kamera digital lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk di beli. Berikut rekomendasinya;

Tripod

Penopang tiga cagak yang bisa diatur ketinggian serta posisi bidik ini bisa Anda gunakan untuk melakukan pengambilan gambar dengan kecepatan shutter lamban. Tripod kerap digunakan para juru foto profesional dan amatir mendapatkan kualitas gambar lebih baik dan natural. Merk Excell adalah yang Kami jadikan sebagai contoh, selain ringan, harga tripod ini juga cukup

Flash

Selain bisa mendapatkan warna, aksesoris kamera digital ini juga bisa menjadi andalan juru foto ketika mengambil gambar dalam keadaan temaram atau bahkan gelap. Efek yang ditimbulkan adalah warna kulit objek lebih natural ketika mengambil gambar manusia. Dalam ulasan ini Kami memberikan contoh merk Nissin Speedlite Di622 Mark II for Nikon.

Filter

Lapisan ini berpengaruh pada komposisi gambar, ada yang memiliki dominasi warna tertentu hingga membuat objek memiliki efek tertentu, ini bisa dilakukan dengan menggunakan emulsi lapisan filter lensa.

Lens Pen

Ini merupakan pembersih lensa dan kamera mirip pena, ujung pertama berupa karet sintetis untuk membersihkan lensa sementara ujung satunya kuas lembut untuk menghilangkan debu. Kelemahannya, jika pada bagian pembersih lensa terdapat kotoran yang tak terduga akan memngakibatkan lensa Anda tergores.

Batterai Grip

Untuk menunjang performa shutter maka banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan melengkapi kamera digital SLR Anda dengan baterai grip.

LED Lighting

Ini merupakan flash continuous, boleh dibilang ini merupakan modifikasi lampu yang bisa digunakan oleh kamera digital foto yang saat ini telah mengadopsi fitur video definisi tinggi. Dengan pendaran cahaya LED ini maka bisa memungkinkan gambar lebih tajam sejauh jarak pengambilan gambar pas. Meski begitu, lampu ini juga bisa digunakan oleh perekam gambar bergerak alias camcorder.

Triger

Meskipun kecil, alat ini perlu Anda miliki, disaat memerlukan spot cahaya di sisi lain dari objek maka eksplorasi bisa Anda lakukan dengan memasangkan triger pada hotshoe kamera kemudian koneksikan dengan flash yang ditempatkan di posisi yang sesuai dengan komposisi. Jarak antara triger kamera dan flash bisa mencapai sekitar 10 meter.

Cleaning KIT

Hal terakhir yang tidak bisa Anda lupakan adalah bagaimana Anda merawat itu semua, yakni dengan menggunakan cleaning KIT, didalamnya telah tersedia beberapa alat pembersih untuk kamera serta lensa kamera Anda.

8 Aksesoris Kamera Layak Punya untuk Amatir dan Profesional
Aksesoris-Kamera-Digital

Itulah rekomendasi 8 aksesoris kamera digital layak punya untuk amatir dan profesional, menyesuaikan dengan keperluan tentunya, jika Anda tidak memerlukan semua maka jangan membeli semuanya, cukup pilih jenis aksesoris yang memang benar-benar Anda perlukan. Oya, ada hal menarik yang bisa Anda temukan bagi penggiat fotografi yakni foto underwater.

Ya, benar. Fotografi bawah air saat ini cukup menarik, seiring dengan vendor yang masing-masing telah mengeluarkan jenis kamera digital saku tahan air guna menambah pengalaman berfoto. Tak mau kalah dengan kamera saku, DSLR muncul dengan pelindung anti air yang bisa dipasangkan ketika kamera tersebut hendak dibawa turun ke bawah air.

Untuk mempermudah Anda dalam memilih serta mendapatkan jenis aksesoris terbaik dan sesuai dengan harga serta kebutuhan, Anda bisa kunjungi http://www.pricearea.com/harga/kamera/aksesoris-kamera untuk mendapatkan apa yang menjadi keperluan Anda dalam menunjang hasil jepretan. Selamat memilih.

Comments

comments