Seringkali pengguna handphone menyalahkan perangkat yang dimilikinya tidak dibuat dengan bagus karena lelet kinerjanya. Padahal kelambatan tersebut bisa diakibatkan oleh kesalahan si pengguna sendiri yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan smartphone nya dengan benar.

Operating-System-Android
Operating-System-Android

Kinerja yang lambat juga dapat menimpa smartphone berbasis operasi Android. Biasanya hal ini akan terjadi bila penggunaan RAM sudah terlalu banyak akibat beberapa hal. Lakukan 7 trik meningkatkan kecepatan HP Android Untuk memaksimalkan penggunaan perangkat Anda:

  1. Matikan Koneksi Nirkabel

Saat sedang tidak digunakan, seperti ketika tidur atau berada di tempat yang susah sinyal, sebaiknya matikan koneksi nirkabel Anda. Tidak hanya koneksi internet saja, tapi juga Bluetooth, karena keduanya memakan RAM yang lumayan besar yang dapat membuat kinerja handphone jadi lambat.

[listingterkait judul=’HP Android’]

  1. Meminimalisir Penggunaan Widget

Widget memang memberikan kemudahan untuk mengakses aplikasi yang dibutuhkan dan dapat membuat home screen Android jadi lebih bagus dipandang, tapi sebenarnya keberadaan widget tersebut sangat meraup memori, akibatnya handphone Anda jadi lambat. Bahkan ada beberapa widget yang melakukan update menggunakan internet pada tiap menit, pastinya akan tambah memperbanyak kinerja perangkat. Karenanya, seleksi dan hapus widget-widget mana saja yang jarang terpakai.

 

  1. Matikan Aplikasi yang Tidak Perlu

Menutup aplikasi dengan menekan tombol back tidak akan secara total tertutup, tapi hanya mengecil saja dan tetap berjalan. Bila sudah tidak terpakai, matikan aplikasi tersebut dengan cara masuk ke Settings – Apps – Running. Anda akan menemukan aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Pilih Stop untuk mematikannya secara total.

 

  1. Pakai Aplikasi XBooster

Aplikasi XBooster berfungsi untuk melakukan boosting RAM Android, mirip dengan task killer tapi memiliki performa yang lebih bagus. Anda bisa mengunduh aplikasi XBooster di Play Store secara gratis.

 

  1. Buang Aplikasi Sampah

Ada banyak sekali aplikasi dan permainan gratis yang disediakan oleh Android, akibatnya para pengguna jadi ingin mengunduh kesemuanya. Alhasil tidak semua aplikasi yang diunduh dipakai dan hanya memenuhi memori, karena beberapa diantaranya sering berjalan di background. Seleksilah aplikasi-aplikasi di perangkat Anda, mana yang terpakai dan tidak lalu buanglah yang tidak terpakai. Selain melegakan RAM, media penyimpanan juga akan lebih lega.

 

  1. Hapus Aplikasi yang Membutuhkan RAM Besar

Kadang kita merasa sayang untuk menghapus aplikasi, tapi kalau jarang terpakai dan membutuhkan RAM besar, buat apa disimpan? Anda bisa mengecek sebarapa besar penggunaan RAM pada Settings – Apps – Running.

 

  1. Pakai Aplikasi RAM Manager

Aplikasi RAM Manager berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM Android sesuai kebutuhan si pengguna. Beberapa profil yang tersedia antara lain, more free memory untuk memori kosong lebih banyak, balance for everyday using untuk kestabilan pengguna setiap hari, multitasking mode untuk multitasking berat, dan mode hard gaming untuk penggunaan game berat. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan pro yang dapat didownload di Play Store.

 

Sedang mencari handphone baru? Pricearea lah tempatnya toko hp online terlengkap. Tersedia hp Samsung terbaru dan merek lainnya. Harga hp Xiaomi nya juga patut untuk Anda pertimbangkan, karena pasti lebih terjangkau dari webstore lainnya.

Comments

comments