Tak bisa dipungkiri bahwa baterai merupakan elemen inti dari smartphone. Tanpa adanya baterai yang kokoh, smartphone tak bakal bisa berfungsi dengan maksimal. Oleh karenanya, si pengguna harus tahu cara yang tepat dalam merawat baterai perangkatnya agar bisa bertahan lebih lama.

Selama ini, beberapa tips yang sering dikemukakan untuk memberi umur panjang pada baterai terbilang menyulitkan. Misalnya, harus mematikan fitur-fitur tertentu, tak mengunduh aplikasi-aplikasi tertentu, dan hal-hal lainnya yang bisa memperkecil fungsi smartphone.

oppo-mirror-3-fast-charging

[adsense2]

Sekedar berbagi informasi mudah, berikut ada 7 tips tepat mengecharge smartphone demi menjaga keawetan baterai Anda:

  1. Isi Daya Beberapa Kali dalam Beberapa Tahapan

Ibarat berlari, lebih baik berlari sprint dalam beberapa sesi daripada lari marathon dalam satu sesi. Sistem tersebut ternyata juga baik untuk diterapkan pada baterai smartphone. Untuk menjaga sel baterai agar tak “muak” dengan pengisian, sebaiknya pengisian dilakukan dalam beberapa tahapan. Misalnya dari 30 persen sampai 60 persen atau dari 45 persen ke 79 persen.

  1. Hindari Baterai Benar-benar Kosong

Kondisi ekstrim berbahaya bagi kesehatan baterai smartphone. Mengisi daya penuh dalam waktu lama pun tak baik. Namun, membiarkan baterai benar-benar kosong lebih tak baik lagi. Jika sering seperti ini, maka ketahanan baterai akan perlahan menurun.[adsense2]

Comments

comments