Kerja dari kamar
Kerja dari kamar

Kamar adalah rumah sesungguhnya tempat Anda menghabiskan waktu. Di ruangan ini, Anda bukan hanya dapat beristirahat, tapi juga bekerja dan melakukan beragam aktivitas lainnya. Ya, meskipun belum tenar, belakangan ini bekerja dari kamar menjadi gaya hidup yang banyak dilakukan para pekerja. Ada yang menjadikan kamar sebagia ruang untuk menyelesaikan tugas kerja yang belum sempat terlesaikan di kantor. Bahkan ada yang menjadikan kamar sebagai kantor utama sekaligus tempat istirahatnya.

Sayangnya, Anda mungkin masih sering merasa kekuatan kasur, mainan, atau benda hiburan lainnya lebih kuat daripada keinginan Anda untuk bisa lebih produktif tiap hari. Alhasil, ketika memasuki kamar, merebahkan diri di tempat tidur yang empuk atau bermalas-malasan menjadi prioritas. Bahkan ketika pagi hari mesti bangun dari kasur, Anda akan merasa malas dan akhirnya memilih berleha-leha sampai matahari terlihat menanjak tinggi atau ada keluarga yang membangunkan.

Meskipun godaan untuk selalu beristirahat begitu besar, bukan berarti Anda tidak dapat mengakalinya. Anda bisa mencoba mengubah dekorasi kamar menjadi sangat mendukung produktivitas kerja Anda dengan beberapa tips berikut.

1. Ubah Posisi Kasur ke Dekat Jendela

Posisi kasur yang jauh dari jendela membuat Anda bisa semakin tidak produktif, khususnya di pagi hari. Hal tersebut karena kemungkinan Anda diterpa cahaya matahari semakin sedikit. Jadi sebaiknya, pindahkan posisi tempat tidur Anda ke ruang yang lebih dekat dengan jendela. Jika memungkinkan, letakkan kasur benar-benar di samping jendela. Meskipun jendela ditutup tirai pada malam hari, cahaya matahari tetap bisa masuk melalui celah-cela ventilasi jendela Anda dan segera membangunkan Anda dengan sinarnya yang menyilaukan.

2. Pilih Warna Cat yang Menyala

Warna-warna pastel dan natural memang bisa memberikan rasa nyaman. Namun, tidak ada salahnya menyelipkan corak warna yang mencolok di kamarmu, misalnya seperti warna merah maupun oranye. Tidak perlu semua sisi, Anda bisa hanya mengecat satu bagian dinding yang berhadapan atau bersisian dengan tempat meja kerja Anda berada. Melihat warna cat yang menyala tentu tidak akan membuat Anda mengantuk, melainkan menjadi semakin bersemangat untuk mengerjakan tugas.

3. Tempeli Dinding dengan Hiasan Unik

Dinding yang kosong tidak akan menarik dan menjadi cepat bosan berada di kamar. Jika sudah demikian, tidur akan menjadi pilihan. Tapi, beda cerita jika ada berbagai hiasan unik yang tertempel di dinding kamar Anda. Hiasan unik tersebut bisa berupa lukisan kanvas yang cantik ataupun hiasan dinding berupa kata-kata penyemangat maupun motivasi. Dengan berbagai hiasan unik, apalagi yang berisi kata-kata motivasi, Anda akan semakin terpacu untuk produktif di dalam kamar.

4. Pilih Meja dan Kursi yang Nyaman

Jika memang ingin produktif di dalam kamar, jangan hanya memperhatikan kenyamanan tempat tidur. Pilihan meja dan kursi menjadi sangat menentukan untuk mengalahkan godaan kasur yang terlihat empuk. Carilah meja dan kursi yang nyaman bagimu, bebas mau yang modelnya terlihat formal ataupun kursi dan meja lipat yang membuat kerjamu terlihat lebih santai. Sebab dengan perabotan kerja yang nyaman, kamu akan lebih betah berhadapan dengan layar komputer untuk mengerjakan berbagai aktivitas kerjamu yang telah menanti.

5. Hindari Lampu Temaram

Mungkin kamar Anda dilengkapi dengan pencahayaan minim atau temaram agar istirahat terasa lebih nyaman. Namun dampaknya, pencahayaan yang temaram tersebut sangat tidak mendukung suasana kerja. Sinar yang minim hanya membuat Anda merasa cepat mengantuk dan tidak baik untuk mata jika memaksakan bekerja di bawah nuansa temaram. Jadi jika kamar Anda masih menggantung lampu dengan sinar temaram, segera ganti dengan model lampu LED yang lebih terang. Akan lebih bagus juga, Anda memasang lampu meja khusus di meja kerja Anda.

6. Taruh Papan Kerja di Dekat Tempat Tidur

Supaya kegiatan Anda lebih terjadwal dan alhasil Anda menjadi produktif, jangan lupa menaruh papan berisi list rencana kegiatan Anda di dekat tempat tidur. Anda bisa meletakkan papan kerja tersebut di tempat yang sangat mudah terlihat, bahkan sedari Anda membuka mata di pagi hari. Dengan melihat daftar hal yang mesti dikerjakan, Anda akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan. Selain sebagai pengingat aktivitas, papan kerja dengan desain menarik juga bisa menjadi hiasan unik yang semakin memperindah kamar.

7. Jangan Lupa Pasang Jam Dinding

Terakhir, jangan anggap remeh keberadaan jam dinding! Sering kali pada zaman sekarang orang tidak menaruh jam dinding di ruangan tidurnya karena beralasan bisa mengetahui waktu dari ponsel. Cara ini salah sebab jam yang ditaruh di dinding bisa menjadi pengingat paling jitu kepada Anda mengenai waktu yang telah terbuang. Bahkan ketika Anda bangun kesiangan, Anda akan segera merasa bersalah melihat jarum-jarum jan dinding yang terus bergerak. Jadinya, Anda akan segera bersiap-siap untuk beraktivitas. Karena itu, pasanglah jam dinding berukuran besar dengan desain yang unik supaya Anda selalu ingin melihatnya.

Baca Lainnya: Koleksi Aksesoris Gadget Unik Dari Qlapa.com

Dengan melakukan berbagai tips di atas, semangat Anda untuk lebih produktif di kamar pasti segera meningkat karena suasana kamar Anda mendukung. Melalui cara-cara tersebut pula, kamarmu tidak hanya berfungsi sebagai ruang tidur, namun juga menjadi kantor khusus yang nyaman dan sesuai impianmu.

Comments

comments