Ilustrasi-Percakapan-dengan-Penduduk-Lokal
Ilustrasi-Percakapan-dengan-Penduduk-Lokal

Seperti diketahui, di dunia ini ada ratusan bahasa yang tersebar di seluruh negara. Bahkan dalam satu negara ada lebih dari satu bahasa. Hal ini yang akhirnya menjadi kendala dalam berkomunikasi saat sedang travelling ke luar kota atau luar negeri. Padahal setiap saat kita akan membutuhkan komunikasi dengan penduduk lokal, misalnya untuk bertransaksi dagang, bertanya arah jalan, atau sekedar ingin menyapa.

Kendala bahasa ini bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius bila terjadi kesalahpahaman antara Anda dengan masyarakat setempat, karena adanya perbedaan budaya. Itulah pentingnya Anda mempelajari dulu dengan baik tentang seluk-beluk negara atau daerah yang ingin Anda kunjungi. Mempelajari langsung bahasa secara keseluruhan akan memakan banyak waktu. Bisa-bisa keburu Anda tidak punya waktu lagi. Untuk menyiasatinya, ada 7 tips belajar bahasa penduduk lokal yang bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah. Yuk simak!

1. Rasa Tertarik

Hal yang paling pertama agar bisa mempelajari bahasa penduduk lokal adalah adanya rasa tertarik. Tanpa minat tersebut, Anda akan kesulitan dalam mempelajari bahasa baru. Dengan membangun ketertarikan, bakal timbul semangat untuk belajar. Bayangkan pula kesenangan yang akan Anda dapatkan di tempat tujuan, ini makin menambah semangat Anda.

 

2. Praktek

Belajar secara teori saja tidak akan cukup untuk bisa berbicara bahasa baru. Layaknya ilmu pengetahuan yang lain, mempelajari bahasa memerlukan praktek yang rutin. Sebelum berangkat ke destinasi baru, usahakan untuk mempraktekan bahasa baru yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa menggunakannya ketika di rumah atau bersama teman. Semakin sering berlatih, semakin lancar pula Anda berkomunikasi dengan mereka nantinya.

 

3. Cari Lawan Bicara

Masih bersambung dengan tips nomor 2, setelah mempelajari sendiri saatnya Anda mencari lawan bicara. Dengan demikian, Anda bisa mempraktekkan bagaimana rasanya berbincang dengan penduduk lokal dan tak sekadar teori saja.

 

4. Metode yang Sesuai

Ada banyak cara yang bisa Anda pilih untuk mempelajari bahasa baru. Kelas kursus, mendengar percakapan orang, membaca buku, atau memperhatikan mimik penduduk lokal bisa Anda jadikan pilihan. Pilihlah cara belajar yang paling menyenangkan dan sesuai dengan Anda. Yang jelas jangan merasa terbebani untuk belajar, karena hanya akan menjadikan Anda malas.

 

5. Tonton Film Tanpa Terjemahan

Ini dia cara ampuh lain belajar bahasa penduduk lokal yang bisa ditiru, khususnya untuk Anda yang hobi menonton. Pilihlah film lokal destinasi tujuan Anda, lalu usahakan tidak menggunakan terjemahan atau subtittle untuk memperlancar percakapan. Sambil menonton, persiapkan juga buku panduan atau kamus agar Anda bisa langsung mencari kata atau istilah yang tidak Anda pahami.

 

6. Buat target

Agar tidak terlena waktu dan dikalahkan dengan rasa malas sampai lupa belajar bahasa baru, tak ada salahnya untuk membuat target. Buatlah target kapan Anda harus memulai belajar serta kapan pula target untuk menyelesaikannya. Sebisa mungkin waktunya tidak terlalu mendekati hari keberangkatan Anda, jadi Anda masih memiliki cukup waktu untuk menguasai bahasanya.

 

7. Siap Praktek Langsung

Setelah semua persiapan selesai, inilah saatnya mempersiapkan diri berangkat ke destinasi tujuan. Praktekkan ilmu yang selama ini sudah Anda pelajari. Hilangkan jauh-jauh perasaan malu atau tidak percaya diri akan membuat kesalahan, karena mereka pasti memaklumi kalau Anda adalah turis. Bawa juga buku panduan dan kamus yang Anda pakai untuk belajar, jadi Anda tetap memiliki pegangan kalau Anda lupa.

 

Inti dalam mempelajari bahasa baru adalah rasa percaya diri dan praktek yang rutin, karena alat komunikasi ini membutuhkan kebiasaan. Sama seperti ketika kita belajar berbicara pertama kali, Anda dilatih terus oleh orangtua Anda bagaimana caranya berbicara. Buat travelling Anda menyenangkan melalui beramah-tamah dengan masyarakat setempat. Pricearea akan ikut memberikan kemudahan Anda dalam ber-travelling dengan promo tour dan travel serta promo wisata. Rajinlah mengunjungi link http://www.pricearea.com/promo/terbaru/tour-dan-travel/ dan http://www.pricearea.com/promo/terbaru/pariwisata/ agar tidak kehabisan. Kunjungi pula http://flight.pricearea.com/ untuk kemudahan Anda dalam memesan tiket pesawat. Semoga sukses dengan 7 tips belajar bahasa penduduk lokal!

Comments

comments