Penggunaan handphone yang sudah lama ataupun yang terlalu intens dapat membuat baterai cepat ngedrop alias cepat habis. Hal tersebut memang sangat wajar terjadi, karena baterai juga memiliki umur yang terbatas. Anda bisa menggantinya dengan yang baru yang banyak dijual di pasaran, tapi tanpa membeli baru pun Anda sebenarnya masih bisa untuk mengakalinya.

Baterai-Handphone
Baterai-Handphone

Caranya adalah dengan memanfaatkan baterai handphone yang sudah mengalami drop durasi service nya. Bagaimana caranya? Yuk simak 7 tips agar baterai handphone kembali baru berikut ini:

1. Persiapkan Bahan yang Diperlukan

Bahan yang diperlukan pertama adalah plastik yang berukuran lebih besar dari baterai yang akan di-recycle. Anda boleh menggunakan jenis plastik apa saja asal tidak bocor. Untuk lebih mudahnya, lebih baik pilih plasti yang memiliki seal/kleam, seperti plastik untuk kemasan obat. Anda juga bisa menggunakan plastik wrap yang kedap udara.

  1. Masukan baterai ke dalam plastik, ikat/seal sampai benar-benar rapat. Pastikan tidak ada udara yang bisa keluar atau masuk ke dalam plastik.
  2. Simpan baterai yang sudah dilindungi plastik tersebut ke dalam freezer kulkas anda. Atur tingkat suhu ke 3 atau 4, kemudian tunggu sampai minimal 3 jam. Agar tidak menunggu terlalu lama, Anda bisa melakukannya di malam hari sebelum tidur dan mengeluarkannya di pagi hari saat bangun tidur.
  3. Keluarkan baterai, buka plastiknya, dan diamkan selama kurang lebih 2 jam. Tujuannya adalah agar baterai mengalami proses pengembalian suhu sesuai suhu kamar secara alami. Jangan dipanaskan, cukup letakkan baterai di tempat yang terhindar dari sinar matahari atau sumber radiasi panas lainnya.
  4. Pasang baterai kembali ke dalam perangkat.
  5. Lakukan pengisian daya seperti saat masih baru sesuai petunjuk dari manual book. Umumnya proses yang dibutuhkan adalah 6-8 jam.
  6. Lepas charger dan coba untuk mengoperasikan handphone Anda seperti biasa.

Handphone Anda sudah tak terselamatkan? Ganti saja dengan yang baru dengan membelinya di toko hp online Pricearea. Ada beragam merek smartphone dari harga yang bervariasi. Anda bisa mengecek harga handphone himax atau hp Samsung terbaru, karena Pricearea selalu mengupdate harga terbaru untuk Anda.

Comments

comments