Dalam hal inovasi teknologi, anak-anak Indonesia ternyata sangat kreatif dan mungkin saja paling kreatif di dunia. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa penemuan baru yang sangat berguna dan bahkan diakui oleh banyak negara lain. Memang benar pemerintah kita masih agak kurang melirik karya-karya anak bangsa, namun hanya masalah waktu saja sebelum karya-karya ini menjadi salah satu hal yang membuat nama Indonesia begitu terkenal di dunia. Tentu saja barang-barang ini tidak bisa kita cari di toko online maupun offline karena barang-barang ini adalah barang-barang eksklusif yang memiliki hak paten. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga keaslian dan kualitas produk yang sudah diciptakan oleh anak-anak bangsa. Adapun barang-barang penemuan hebat anak Indonesia yang saat ini diakui dunia antara lain adalah:

1. Sepatu Anti Pelecehan Seksual

Sepatu Anti Pelecehan Seksual

Sepatu ini diciptakan oleh pelajar dari SMP bogor bernama Hibar Syahrul Gafur. Sepatu ini dilengkapi dengan sol tembaga yang mampu menghantarkan listrik hingga 450 volt yang dihasilkan dari baterai yang ditanam di sol bagian belakang. Jika terjadi pelecehan seksual, pemakai sepatu ini hanya cukup menyentuhkan sepatu ini ke pelaku.

2. Bra Penampung Asi

Bra Penampung Asi

Adalah pelajar bernama Devika Asmi Pandanwangi yang menemukan bra yang sekaligus bisa menampung ASI ini. Bentuknya sama dengan bra biasa, hanya saja sudah dimodifikasi dengan dua cup silicon yang terhubung dengan kantong alumunium foil yang diletakan di perut. Kantong ASI ini diletakan di perut untuk menjaga suhu ASI agar selalu sesuai dengan suhu tubuh.

3. Serabut Kelapa Anti Peluru

Serabut Kelapa Anti Peluru

Aristio Kevin Ardyaneira Pratama dan M Iqbal Fauzi adalah dua orang pelajar dari sebuah SMA di Semarang yang mengubah sabut kelapa menjadi rompi anti peluru. Rompi ini bahkan mampu menahan peluru dari senjata laras panjang. Rompi ini memenangkan penghargaan medali perak pada International Science Project Olympiad.

4. Biofungisida Dari Kulit Randu

Biofungisida Dari Kulit Randu

Siswi SMA PGRI 2 Kayen bernama Aprillyani Sofa adalah penemu biofungisida dari bahan alami ini. Selama ini biofungisida dikenal berbahan dasar kimia yang kadang berbahaya, namun Aprillyani Sofa berhasil menciptakanya dengan bahan alami. Temuan ini menjadi juara 1 dalam ajang kontes Biologi Molekuler di Brazil beberapa waktu lalu.

5. Detektor Telur Busuk

Detektor Telur Busuk

Diciptakan oleh siswa SMA Taruna Magelang bernama Wisnu, detektor ini memanfaatkan cahaya sebagai pemantau busuk dan tidaknya telur. Jika cahaya tembus maka detektor akan memberi sinyal warna hijau yang berarti telur tidak busuk sedangkan kalau tidak tembus maka detektor ini akan member sinyal warna merah yang berarti bahwa telur sudah busuk.

6. Senjata Elektronik Tanpa Suara

Senjata Elektronik Tanpa Suara

Pelajar SMUN di Sidoarjo bernama Mifta adalah pencipta dari senjata ini. Dengan alat-alat sederhana, dia mampu mencipatakan senjata yang dapat melempar paku dengan kecepatan cukup tinggi dan tanpa suara. Senjata ini telah memenangkan kontes internasional beberapa waktu lalu.

7. Pengharum Ruangan dari Kotoran Sapi

Pengharum Ruangan dari Kotoran Sapi

Dwi Nailul Izzah dan Rintya Aprianti Miki adalah dua orang yang mampu mengolah kotoran sapi menjadi pengharum ruangan yang bebas dari aerosol. Dengan cara fermentasi dan penyulingan, kotoran sapi diubah menjadi pengharum ruangan beraroma tumbuh-tumbuhan.

Comments

comments