Perkembangan Gadget terbaru menuntut popularitas tergantikan oleh perangkat moderntersebut. Masih ingatkah kamu kapan terakhir kali menulis menggunakan kertas? Sewaktu kuliahkah, di bangku sekolah menengahkah atau sampai sekarangpun masih menggunakan kertas sebagai media utama tulis menulis kamu? Jika sampai sekarang kamu masih menulis menggunakan media kertas, maka patut berbanggalah. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh gadget dibandingkan menggunakan kertas.

Di jaman yang serba maju seperti sekarang ini, eksistensi kertas sudah mulai tergantikan oleh gadget. Entah gadget kamu berupa tablet, laptop, komputer, atau bahkan smartphone. Hampir semua proses tulis menulis menggunakan gadget tersebut. Memang jika diambil sisi positifnya adalah berkurangnya penggunaan kertas yang akan berdampak baik pada kelestarian alam. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kertas merupakan bahan yang membutuhkan kayu sebagai komposisi pembuatannya. Semakin banyak kertas yang digunakan, semakin banyak juga pohon yang harus ditebang. Oleh karenanya gerakan paperless, atau meninggalkan kertas sebagai media tulis merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam.

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

Sekarang ini sudah banyak program yang digalakkan pemerintah maupun organisasi atau perusahaan tertentu untuk meminimalisir penggunaan kertas. Bahkan ujian nasionalpun sudah menggunakan teknologi komputer untuk meminimalisir penggunaan kertas. Meskipun sudah ada alternatif pengganti kertas, tetap saja kertas memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat umum yang sudah terlanjur terbiasa menggunakan alat tulis ini sebagai media menuangkan karya mereka. Seperti apa sajakah keunggulan kertas dibandingkan dengan gadget terbaru, mari kita simak ulasan berikut ini.

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

1. Terbebas dari Gangguan

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

Dengan menulis menggunakan kertas, kamu akan terhindar dari yang namanya gangguan berupa notifikasi dari berbagai social media, chatting, berita online terpopuler, dan suara-suara mengganggu lainnya akibat dari nootifikasi dari semua channel tersebut. Dengan menggunakan kertas sejatinya kamu dapat bekerja dengan lebih fokus tanpa mendapat gangguan sedikitpun.

2. Bebas Duduk Di Berbagai Tempat

Pernahkan kamu masuk ke sebuah cafe hanya untuk menikmati koneksi WiFi yang ada di dalamnya? Hal yang pertama kali kamu cari saat memasuki cafe tersebut adalah tempat duduk yang nyaman, dan juga dilengkapi dnegan colokan listrik di dekatnya. Sialnya jika tempat duduk ideal yang kamu cari tersebut sudah ditempati orang, kamu harus memutar otak untuk mendapatkan cara bagaimana kamu bisa berinternet ria namun tetap mendapatkan colokan listrik supaya aktifitas internetan kamu tetap nyaman.

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

Kerepotan di atas tidak akan kamu temui ketika kamu menulis atau membaca menggunakan kertas. Kamu hanya perlu duduk santai di tempat yang paling nyaman sambil menikmati kopi tanpa harus menghiraukan betapa repotnya berebut colokan listrik di cafe tersebut. Jika kamu hobi menulis, satu-satunya colokan yang kamu perlukan hanyalah rautan pensil semata.

3. Emosi Akan Selalu Terkendali

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

Pastilah sudah tidak terhitung berapa kali anda merasa kesal karena sinyal internet yang tidak stabil. Sinyal yang putus-putus membuat emosi kamu semakin memuncak. Apalagi jika dibawa ke wilayah yang jauh dari perkotaan. Sudah pasti aktifitas internetan kamu sangatlah terganggu atau bahkan tidak bisa dipergunakan sama sekali. Ditambah lagi kamu harus memberi makan gadget kamu dengan pulsa supaya kamu bisa berinternetan ria. Meskipun sudah ada pulsanya, namun jika sinyal tidak tersedia maka hal tersebut juga jadi hal yang percuma saja.

Dengan menggunakan kertas atau buku, hal ini tidak akan kamu temui. Semua hal yang ingin kamu cari ada di ensiklopedia atau buku-buku tertentu. Kamu bias membawa buku-buku tersebut kemanapun kamu mau baik di kota maupun di pedesaan.

4. Bebas ke Toilet Kapan Saja

Ketika sedang asyik-asyiknya mengerjakan tugas di cafe, lalu kamu tiba-tiba ingin pergi ke toilet, hal ini menjadi suatu hal yang sangat dilematis. Jika kamu meninggalkan laptop kamu begitu saja, kamu pasti akan khawatir jika laptop tersebut hilang dibawa maling. Jika kamu menitipkan laptop ke petugas, belum tentu juga petugas memperhatikan laptop tersebut setiap waktu karena pekerjaan mereka juga banyak. Jika kamu meninggalkan bangku dengan membawa laptopmu begitu saja, saat kamu kembali besar kemungkinan bangku tersebut sudah diisi oleh orang lain.

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

Hal dilematis ini tidak akan terjadi ketika kamu menggunakan buku. Jika kamu ingin pergi ke toilet, kamu hanya tinggal taruh saja buku kamu tadi di atas meja. Sudah dapat dipastikan tidak akan ada orang yang akan berniat untuk mengambil buku kamu. Dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir bukan.

5. Bisa Berekspresi Sesuka Hati

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

Dengan menggunakan kertas atau buku tulis, kamu bisa bebas mengekspresikan diri kamu dalam menuangkan tulisan kamu di atas kertas. Pernah melihat tulisan dokter yang terkenal susah untuk dibaca? Jika ya, sekarang coba bandingkan dengan tulisan kamu sekarang. Jika kamu sudah lama tidak menulis menggunakan kertas, besar kemungkinan jika tulisan kamu akan berubah menjadi sama-sama sulit untuk dibaca. Oleh karenanya latihlah kelenturan jari-jari kamu supaya tulisan tangan kamu tetap terjaga kerapihan dan juga keindahannya. Selain itu, kamu juga bisa mengekspresikan apa yang kamu inginkan menggunakan tulisan di atas kertas kosong. Keindahan typografi tulisan kamu akan tetap terjaga supaya kamu memiliki keunikan tersendiri dalam dunia penulisan.

6. Bebas dari Upgrade

Smartphone, laptop, komputer atau perangkat gadget terbaru lainnya memerlukan upgrade pada kurun waktu tertentu. Jika tidak sudah bisa dipastikan kinerjanya akan kalah dibandingkan dengan perangkat terbaru. Sayangnya, perkembangan teknologi gadget ini berlangsung sangat cepat. Dalam hitungan bulan saja sudah ada produk terbaru keluar. Padahal kamu pasti butuh budget ekstra untuk dapat mengupgrade gadget yang memiliki harga gadget yang bisa dibilang mahal tersebut.

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

Bandingkan dengan buku. Dari jaman dahulu kala, buku memiliki bentuk begitu-begitu saja. Namun tidak akan ada orang yang mengatakan bahwa buku tersebut sudah ketinggalan jaman dari segi fitur dan spesifikasinya. Sampai kapanpun buku akan tetap memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat karena bentuknya yang abadi.

7. Bebas dari Anti Sosial

Saking asyiknya dengan gadget yang ada di tangan, kamu bisa saja lupa atau tidak menghiraukan segala hal yang ada di sekitarmu. Kamu jadi jauh lebih autis dibanding jaman dahulu. Banyak juga terjadi kecelakaan yang diakibatkan penggunaan gadget yang berlebihan terutama saat berkendara baik menggunakan motor atau mobil.

Keunggulan Kertas Dibandingkan Gadget Terbaru

Autisme yang terjadi saat menggunakan buku tidaklah separah saat menggunakan gadget. Belum pernah ada kejadian orang kecelakaan akibat membaca buku saat berkendara bukan? Oleh karenanya menggunakan buku sebagai media bisa menolong kamu dari bahaya autisme dan anti sosial.

Baca Juga: 5 Buku Misterius dari Penulis Terkenal Dunia

Sejatinya, setiap perkembangan jaman menuntut untuk setiap orang bisa mendapat perubahan baik dari segi kemudahan dan juga kepraktisan. Oleh karenanya gadget terbaru menawarkan kepraktisan yang belum bisa ditandingi oleh buku terkecil sekalipun. Selain itu, penggunaan kertas yang berlebihan juga dapat berdampak buruk pada lingkungan. Penebangan pohon untuk dijadikan bahan baku kertas akan semakin marak dan menimbulkan gundulnya hutan di Bumi ini. Kalau Bumi sudah rusak begitu, kita manusia mau tinggal dimana lagi.

Comments

comments