Meski sudah berjalan selama 2 minggu, tapi mengingat masih terjadi banyak kesalahan dalam mengonsumsi makanan di bulan Ramadhan ini, maka tak ada salahnya untuk sekedar mengingatkan Anda. Pada dasarnya berpuasa itu dapat menjaga kesehatan dan mengontrol pola makan kita sehari-hari. Namun pada kenyataannya, kebanyakan dari kita malah sulit menjalankannya akibat nafsu makan yang tak terkontrol setelah 12 jam lebih berpuasa.

Semua makanan dan minuman sepertinya terlihat enak, sehingga konsumsi makanan jadi melebihi yang seharusnya. Kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan dan akan berimbas pada aktivitas Anda setelahnya. Agar selalu sehat dan produktif selama puasa, mari ketahui 7 jenis makanan yang baiknya dihindari saat puasa:

1. Goreng-gorengan

Gorengan
Gorengan

Banyak orang yang tak tahan untuk makan gorengan saat puasa. Di waktu berbuka, cemilan seperti pisang goreng, mendoan, dan tahu goreng menjadi menu awal yang nikmat. Meski memang lezat, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya saat puasa. Gorengan merupakan jenis makanan yang tinggi protein, seperti daging dan telur yang menjadi penyebab rasa lemas setelah berbuka. Ini disebabkan proses yang lama untuk mengubah protein menjadi energi, sehingga badan terasa lemas.

 

2. Makan Berlemak

Makanan-Bersantan
Makanan-Bersantan

Selain tinggi protein, hindari juga makanan yang banyak mengandung lemak. Contohnya adalah daging, santan, dan mayones yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Kolak dan dawet juga contoh minuman yang termasuk dalam kategori berlemak karena mengandung santan. Sama seperti protein, lemak sulit untuk diubah jadi energi sehingga membuat Anda lemas.

 

3. Gula

Makanan-Manis
Makanan-Manis

Berbuka dengan yang manis memang sangat dianjurkan saat berbuka. Namun bukan berarti Anda dapat dengan bebas mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Kurangi porsi jenis makanan ini dan gantilah dengan pemanis alami dari buah-buahan atau jus buah tanpa gula. Gula dapat meningkatkan trigliserda (lemak darah) naik yang dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan diabetes.

 

4. Makan yang Lembut

Bubur
Bubur

Rasa kantuk yang masih terasa ketika sahur membuat sebagian orang jadi malas makan, lalu memilih makanan yang lembut seperti bubur. Karena tekstur yang lembut, bubur mudah dicerna yang akhirnya membuat Anda cepat lapar. Untuk menyiasatinya, gantilah dengan nasi merah atau nasi putih yang memiliki butiran panjang-panjang, tapi jangan memasaknya terlalu empuk.

 

5. Makanan Asam dan Pedas

Asam-dan-Pedas
Asam-dan-Pedas

Tidak makan selama 12 jam akan membuat asam lambung naik, jadi hindarilah memakan atau minum yang asam karena akan membuat lambung perih. Jadi bila ingin mengonsumsi buah, jangan yang memilih yang asam, terutama Anda yang memiliki sakit maag. Hindari juga makanan pedas yang dapat mengakibatkan pencernaan terganggu.

6. Minuman Bersoda

Minuman-Bersoda
Minuman-Bersoda

Jangan sekali-kali berbuka dengan minuman bersoda karena dapat membuat Anda merasa kembung dan tidak nyaman. Selain itu kandungan gula sederhana yang tinggi di dalamnya dapat membuat Anda cepat merasa kenyang, tapi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Keasaman dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

 

7. MSG dan Garam Berlebihan

Garam
Garam

Makanan yang mengandung garam dan MSG berlebihan dapat memicu rasa haus berlebihan sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat berpuasa. Untuk itu, sebaiknya Anda membatasi asupan keduanya dalam santap sahur Anda.

 

Walau tak mudah untuk menjalankan kebiasaan sehat, paling tidak selama bulan puasa ini disarankan Anda mempraktekkannya. Tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam sedangkan Anda tetap beraktivitas seperti biasa, tentunya membuat daya tahan tubuh dan energi menurun. Untuk itulah Anda perlu menjaga pola makan Anda saat berbuka dan sahur sebagai cadangan makanan.

Dapatkan ragam makanan untuk lebaran di Pricearea yang bisa diakses dari http://www.pricearea.com/harga/makanan-dan-minuman. Jangan ketinggalan juga promo buka puasa di resto dengan harga promo resto dengan cara membuka link ini http://www.pricearea.com/promo/terbaru/makanan-dan-minuman/.

Comments

comments