Memiliki batu akik merupakan sebuah kebanggan tersendiri. Apalagi sekarang ini eksistensi batu akik kembali naik. Kebanggan memiliki batu akik ini akan membuat banyak orang terkagum-kagum dengan bentuk dan kehalusan batu akaik itu sendiri. Kalau di Jakarta sendiri, cincin akik ini banyak dijual di daerah Pasar Rawa Bening Jatinegara. Disana terdapat berbagai macam batu akik yang dapat kamu pilih untuk melengkapi koleksi batu akik mu. Disana kamu dapat mengunjungi Jakarta Gems Center (JGC) atau hanya sekedar mengunjungi pedagang kaki lima.

koleksi-batu-cincin-aceh-ii

 

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika memiliki batu akik adalah cara perawatannya. Hal ini akan menentukan keawetan batu akik kamu. Selain itu, hal ini juga memiliki tujuan untuk membuat batu akik selalu nampak mengkilap. Tentunya harga jual batu akik yang terawat akan selalu meningkat dibandingkan dengan yang tidak pernah dirawat. Kejelian dan ketelatenan memang sangat dibutuhkan dalam merawat batu cincin ini.

Berikut ini kami sajikan langsung 7 cara untuk merawat batu akik supaya selalu dalam kondisi mengkilap.

1. Secara berkala, bersihkan batu akik mu menggunakan air sabun. Cucilah batu akik tersebut kemudian gosok dengan lembut. Jika perlu basuhlah mengunakan air hangat. Kemudian segera keringkan batu akik tersebut menggunakan handuk yang bertekstur halus. Kamu juga dapat membawanya ke toko kemudian meminta petugas untuk mencucikan batu akik kesayangan kamu.

2. Lepaslah segala perhiasan baik itu cincin maupun kalung ketika kamu akan pergi tidur. Jangan biasakan memakai perhiasan ketika tidur. Hal ini akan memicu kemungkinan anggota badan menjadi terluka atau malah justru batu akik itu akan rusak karena tindakan kita yang tidak kita sadari.

3. Selalu tanggalkan perhiasan kesayangan kamu ketika kamu hendak menggunakan ataupun sedang melakukan kegiatan yang melibatkan bahan kimia. Hal ini akan merusak tekstur dan juga kilap dari cincin kamu. Warna khas dari batu akik yang kamu miliki bisa berubah seiring dengan penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai dengan karakteristik batu cincin. Oleh karenanya, ada baiknya jika kamu melepas cincin kamu ketika akan menggunakan bahan kimia.

batu-cincin-bacan-9

4. Hindari menyimpan batu akik kamu ini bersamaan dengan kosmetik, minyak wangi, atau apapun itu. Seperti point sebelumnya bahwa bahan kimia dapat merusak keindahan batu akik, maka ada baiknya kamu mengenakan batu akik ini sehabis menggunakan kosmetik dan juga minyak wangi. Dengan begitu resiko kerusakan batu akik akibat bahan kimia dapat diminimalisir.

5. Secara berkala, ada baiknya kamu datang ke tukang poles batu mulia untuk menghilangkan segala macam kotoran pada batu akik kamu ini. Selain itu, hal ini juga akan menambah kilap dari batu akik kesayangan kamu ini.

Untitled-1

6. Simpan koleksi batu akik kamu saling berjauhan. Paling tidak antar batu akik memiliki jarak. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir gesekan yang terjadi ketika mengambil batu akik. Simpanlah di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Dengan begitu kamu akan merasa aman meninggalkan koleksi batu akikmu.

7. Hindari juga penggunaan batu akik yang dapat menimbulkan resiko benturan atau bahkan jatuh. Hal ini akan merusak bahkan memecahkan batu akik itu sendiri. Oleh karenanya lepaskan batu akik kesayangan kamu ketika kamu berada di tempat yang beresiko merusak cincin akik kesayangan kamu.

Itulah cara menjaga dan merawat batu cincin supaya selalu terlihat mengkilap dan juga menarik perhatian. Dengan begitu trend batu akik ini akan sangat sesuai ketika dipadukan dengan berbagai macam fashion pria dan fashion wanita untuk menunjang penampilan mereka. Batu akik ini merupakan simbol seni yang dapat berubah-ubah harga jualnya, sehingga memerlukan perawatan dan penanganan khusus.

 

Comments

comments