Tak perlu jauh dan hijrah ke negara tetangga yang di elu-elukan punya pengalaman eksentrik ketika berkunjung kesana, sayangnya, semua tujuan wisata di luar negeri tersebut hanya artifisial atau hasil buatan manuasia, dan jika dibandingkan dengan Indonesia, tak ada yang bisa menandingi alam Indonesia. Sebab itulah dalam ulasan ini Kami sengaja mengutarakan 7 keajaiban alam Indonesia yang tidak dimiliki negara lain.

Hampir semua tercipta secara alami, tanpa ada campur tangan manusia, mulai dari batu alam bermotif fosil penyu yang terdapat di dalam gua hingga pantau yang memiliki warna jingga, semuanya muncul dengan sendirinya sebagai bukti nyata keagungan tuhan di alam nusaantara. Penasaran seperti apa? Simak terus artikel ini hingga usai.

1. Ubur-ubur Danau Kakaban Kalimatan Timur

7 Keajaiban Alam di Indonesia ini Tidak Dimiliki Negara Lain!
Ubur-ubur-Kakaban-Kalimantan-Timur

Kakaban, kalimantan timur, sebuah desa yang tergolong pedalaman pulau terbesar di Indonesia ini tersibak ubur-ubur tidak menyengat dan cenderung bersahabat dengan manusia. Terdapat 4 jenis ubur-ubur di danau ini yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Danau ini terbentuk akibat karang yang naik di atas permukaan laut dengan ketinggian hingga 50 meter. Kemudian, karang ini membuat sejumlah air terperangkap, dan terbentuklah danau sebagai keajaiban alam Indonesia.

2. Garam di Bukit Gunung

7 Keajaiban Alam di Indonesia ini Tidak Dimiliki Negara Lain!
Kemasan-Garam-Gunung-Krayan-Kalimantan-Timur

Satu lagi keajaiban dari Kalimantan Timur yakni garam di atas gunung. Garam tersebut berada dalam sumur di Desa Long Midang, Gunung Krayan yang berjarak 100 km dari laut di ketinggian 2.400 mdpl. Garam gunung Krayan memiliki kandungan yodium lebih tinggi dibanding garam laut. Untuk bisa mendapatkan garam bahan dasar berupa air sumur di Desa Long Midang, direbus satu malam hingga air mengering. Setelah kering, tertinggalkan butiran kristal yang merupakan garam basah lalu garam basah ini dimasukkan ke dalam batang bambu dan dibakar hingga bambu habis terbakar api. Sisa bakaran inilah yang merupakan garam kering yang kemudian dibungkus daun dan siap dijual.

3. Fosil penyu Gua Batu Cermin

7 Keajaiban Alam di Indonesia ini Tidak Dimiliki Negara Lain!
Goa-Batu-Cermin-Fosil-Penyu

Selain komodo, keajaiban alam Indonesia lainnya datang dari Gua Batu Cermin merupakan keajaiban dari Nusa Tenggara Timur. Sebabnya, di dalam gua ini terdapat gugusan batu karang dan fosil penyu di dinding guanya. Gua Batu Cermin berada di Kampung Wae Kesambi, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk melihat keajaiban ini, anda harus menelusuri gua sepanjang ratusan meter dan menggunakan senter.

4. Pasir Jingga di Pulau Komodo

7 Keajaiban Alam di Indonesia ini Tidak Dimiliki Negara Lain!
Pantai-Pasir-Pink-Pulau-Komodo

Timur Indonesia tak henti-hentinya menyuguhkan keindahan alam natural yang tak terhingga, ini salah satunya, pantai berwarna jingga di pesisir pulau Komodi NTT. Pantai ini letaknya di balik bukit sehingga sepi dan terpencil. Air laut di sekitar pantainya sangat biru jernih dan menggoda untuk diving atau snorkeling. Warna pink di pantai ini akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering. Warna pinknya merupakan komposisi dari koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana. Anda bisa menuju Pink Beach dari Labuan Bajo.

5. 3 Warna Danau Kelimutu

7 Keajaiban Alam di Indonesia ini Tidak Dimiliki Negara Lain!
Danau-Tiga-Warna-Ende-Nusa-Tenggara

Satu lagi keajaiban alam Indonesia itu hadir di Flores, yaitu Danau Kelimutu yang mempunyai tiga warna. Hitam, biru tua, dan biru adalah tiga warna dari danau ini. Bila beruntung, Anda dapat melihat warna-warna yang berubah, hal ini disebabkan oleh faktor kandungan mineral, lumut dan batu-batuan di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya matahari. Selain itu masyarakat sekitar percaya bahwa perubahan warna tersebut mengandung ‘pesan’ tersendiri. Meski demikian, perjalanan menuju ke Danau kelimutu tidaklah mudah. Anda harus berjalan sepanjang 3 kilometer dan melewati 236 anak tangga untuk mencapai puncak Kelimutu.

6. Air Panas di Pantai Tidore

7 Keajaiban Alam di Indonesia ini Tidak Dimiliki Negara Lain!
Pantai-Air-Panas-Tidore

 

Maluku Utara  terdapat pemandian air panas di pinggir pantai. Sebutan penduduk asli pada air panas itu adalah Akesahu, terletak sekitar 30 menit dari dari Pelabuhan Rum, pelabuhan utama di Tidore. Meskipun terletak di pinggir pantai, air panas ini rasanya tawar.

7. Pasir Putih di Lembah Baliem

7 Keajaiban Alam di Indonesia ini Tidak Dimiliki Negara Lain!
Pasir-Putih-Lembah-Baliem-Papua

Jika selama ini anda menggangap pasir putih hanya ada di pantai saja, maka datanglah ke Desa Aikima di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Di daerah tersebut Anda akan menemukan keajaiban alam Indonesia terakhir yang Kami ulas saat ini.

Berdasarkan sains, pasir putih ini ada karena bentukan alam. Dulu, Lembah Baliem adalah sebuah danau raksasa bernama Wio. Sekitar tahun 1813, terjadi gempa yang menyebabkan pergeseran dan perubahan geologi. Dari situ terbentuk pula Sungai Baliem yang meliuk di tengah lembah ini. Konon, pasir putih Desa Aikima adalah salah satu sisi danau purba tersebut.

Bagaimana, luar biasa bukan? Masih ingin singgah ke luar negeri untuk liburan dan melupakan keindahan dunia yang tak dimiliki negara lain? Kami kira di dalam negeri sudah menawarkan keindahan alam yang benar-benar alami. Memang banyak yang tak terawat dan akhirnya di swastanisasi hingga akahirnya untuk menuju tempat tersebut harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Mudah-mudahan saja setiap pemerintah daerah yang punya keindahan serta keajaiban alam Indonesia nan luar biasa ini perduli dan semua penduduk Indonesia bisa berkunjung dengan tertib, sopan, menjaga kebersihan dan tak mahal. Setuju? Selamat berkunjung dan semoga bermanfaat.

Comments

comments