Sepeda Motor Bekas kini sudah menjadi raja jalanan. Bagaimana tidak, hampir di semua kota di Indonesia, sepeda motor selalu mendominasi jalan. Tidak hanya di kota, di desa pun sepeda motor kini bukan menjadi barang mewah lagi. Setiap rumah hampir bisa dipastikan memiliki sepeda motor, setidaknya satu. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat, membeli sepeda motor sekarang pun sangat mudah. Jika tidak punya cukup uang untuk membeli sepeda motor baru, orang bisa membelinya yang bekas ataupun kredit. Ditambah lagi kredit motor Honda, Yamaha, dll sekarang jauh lebih mudah. Uang muka 500 ribu anda sudah bisa bawa pulang motor.

Ada juga orang yang lebih memilih untuk membeli sepeda motor bekas dari pada kredit jika tak punya uang untuk membeli yang baru. Alasan utamanya tentu masalah harga. Memang, membeli sepeda motor bekas, resikonya lebih besar daripada baru. Tidak hanya sepeda motor, membeli apapun yang bekas termasuk mobil bekas, pastilah punya resiko. Nah, untuk mengurangi resiko yang mungkin didapat saat membeli motor bekas, ada baiknya anda membaca tips yang berguna sebelum membeli motor bekas. Berikut tips-tips nya:

Tips Membeli Sepeda Motor Bekas

1. Mengetahui Harga Pasaran

Sepeda Motor Bekas

Ini penting untuk menghindarkan anda dari penipuan. Setiap jenis dan merk sepeda motor pasti mempunyai harga pasaran yang berbeda ditentukan oleh mekanisme pasar. Anda bisa mencari informasinya di Koran, majalah, maupun internet. Biasanya, harga bekas sepeda motor merk Honda lebih tinggi daripada yang lain. Meskipun itu bukan jaminan, karena harga bisa dipengaruhi juga oleh tahun produksi sekaligus juga kondisi fisik dan mesin dari motor itu sendiri.

2. Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka

Sepeda Motor Bekas

Pengecekan ini sangat penting untuk dilakukan untuk mengetahui keaslian dari surat-surat kendaraan bermotor tersebut. Nomor yang tertera di bagian rangka dan mesin harus sama dengan yang ada di STNK dan BPKB motor. Jika tidak maka bisa jadi itu surat-surat palsu atau motor tersebut merupakan hasil pencurian.

3. Periksa Keaslian Nopol Kendaraan

Sepeda Motor Bekas

Untuk menghindarkan anda dari oknum yang tak bertanggung jawab, ada baiknya memeriksa keaslian nomor plat motor dengan cara SMS ke kepolisian dimana motor itu terdaftar (biasanya adalah polda). Caranya adalah ketik nama polda (spasi) nomor polisi lalu kirim ke 1717. Misalnya anda tinggal di Yogyakarta, caranya adalah ketik DIY ABxxxx dan kirim ke 1717. Setiap daerah tentunya berbeda.

4. Periksa Kondisi Fisik

Sepeda Motor Bekas

Seiring pemakaian selama beberapa tahun, maka kondisi fisik sepeda motor akan menurun. Perbedaannya adalah, apakah ‘cacatnya’ banyak atau tidak. Untuk sepeda motor yang masih mulus (tidak pernah jatuh) kondisi body, pedal, stang, jok, dan lampu-lampu biasanya masih normal. Kalaupun ada lecet tapi masih dalam batas wajar karena pemakaian.

5. Periksa Kondisi Mesin dan Kelistrikan

Sepeda Motor Bekas

Memastikan mesin motor masih dalam kondisi prima atau tidak, bisa dengan menyalakannya lalu dengarkan suara mesinnya. Jika halus maka mesin masih dalam kondisi bagus. Sebaliknya jika berisik, maka perlu dipertanyakan kondisinya. Cek kelistrikan bisa dengan cara menghidupkan dengan electric starter, lampu-lampu, klakson, dan spidometer. Jika semuanya normal berarti masih beres.

Baca Juga: 5 Motor Jadul yang Kembali Populer di tahun 2015

6. Test Ride

Sepeda Motor Bekas

Yang terakhir adalah menjajal sepeda motor di jalan. Kendarailah sepeda motor sejauh 1 – 2 kilometer sambil memeriksa apakah semua fungsi berkerja dengan baik atau tidak. Anda juga bisa mengetest akselerasi kendaraan, pengereman, dan fungsi kopling jika motor sport. Setelah yakin dengan semuanya berjalan normal, barulah anda nego harga yang cocok untuk kemudian membelinya.

Demikianlah cara mudah mendeteksi kondisi motor bekas. Jika anda berencana untuk meminang motor bekas tersebut, jangan lewatkan untuk mengecek keseluruhan kondisi dari motor tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan motor tersebut sudah diberi perlakuan khusus oleh penjual motor supaya terlihat mulus.

Comments

comments