Saat ini motor matic menjadi salah satu jenis motor terbanyak di jalanan. Tidak hanya yang baru, bahkan penjualan motor bekas untuk jenis matic masih paling tinggi dibandingkan dengan jenis motor lainya. Namun ada satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna motor matic, dan masalah itu adalah borosnya bahan bakar. Memang benar, meskipun memiliki jenis mesin 4 langkah, ternyata motor matic bisa sama borosnya dengan motor 2 langkah. Hal ini tentu saja menjadi salah satu masalah yang harus diselesaikan oleh para pengguna motor matic. Ternyata, ada beberapa cara yang bisa Anda ambil jika Anda ingin membuat motor matic Anda lebih irit, cara tersebut antara lain adalah:

1. Pemanasan Mesin
Salah satu hal utama yang harus dilakukan oleh para pemiliki motor matic untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar adalah dengan memperpendek waktu pemanasan mesin. Banyak orang percaya bahwa semakin lama mesin dipanasi, semakin enak pula performa mesinnya, hal itu mungkin saja benar untuk motor non-matic, tetapi untuk motor matic, hal itu hanya akan meningkatkan konsumsi bahan bakar motor tersebut.

2. Putaran Gas

Perhatikan Putaran Gas

Salah satu tips sederhana untuk meningkatkan keiritan motor matic adalah dengan mengubah cara memutar gas. Motor non-matic mempunyai gaya putaran gas tersendiri yang memungkinkan Anda untuk langsung membuka gas dalam putaran besar, namun tidak dengan matic. Saat Anda membuka gas anda dalam putaran besar, tenaga yang dihasilkan tidak akan maksimal dan justru akan membuang bahan bakar. Dengan memperbaiki cara memutar gas ini saja, Anda akan bisa mendapatkan hasil yang lumayan signifikan dalam mengecilkan konsumsi bahan bakar motor matic Anda.

3. Ganti Oli
Saat menggunakan motor matic, jangan lupa dengan waktu pengantian oli. Karena oli yang terlalu lama baru diganti akan menyebabkan mesin lebih panas dan hal itu akan bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar motor Anda.

4. Cek Pengapian
Salah satu hal penting yang perlu selalu di cek jika ingin meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar motor matic Anda adalah bagian pengapian. Dengan bagian pengapian yang selalu dalam kondisi prima, motor matic Anda akan selalu mempu menghasilkan tenaga maksimal dengan konsumsi bahan bakar yang kecil.

5. Cek Bagian Filter Angin
Salah satu bagian yang sangat perlu dicek adalah bagian filter. Dengan bagian filter angin yang bersih motor Anda akan mampu menghasilkan tenaga maksimal dengan konsumsi energi yang cukup kecil.

6. Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Bahan Bakar Oktan Tinggi

Baca Lainnya: 5 Motor Matik Terbaik 2015 Yang Hemat Bahan Bakar

Salah satu kunci utama dalam mengurangi konsumsi bahan bakar motor matic Anda adalah dengan menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi. Semakin tinggi oktan maka semakin bagus pula proses pembakaran mesin Anda dan dengan itu maka konsumsi bahan bakar akan lebih efisien.

Comments

comments