Ketenaran hp android memang sudah merajalela di berbagai Negara, dengan berbagai inovasi fitur ponsel android makin banyak diminati, apalagi  harga handphone android bisa dibilang cukup terjangkau dan lengkap untuk menemani segala kebutuhan Anda dalam berkomunikasi.

Terkadang ketika baru pertama membeli hp android baru tentu kita merasa sangat cepat dan tidak lemot ataupun lag, namun biasanya masalah muncul saat pemakaian suda h masuk beberapa bulan, apaka Anda sempat mengalami hal seperti itu, pernah Anda terpikir kenapa handphone android menjadi lemot, bahkan sering di restart? Mungkin ada bebarap hal yang mesti Anda ketahui tentang malash ini. Berikut beberapa hal yang menyebabkan android Anda menjadi lemot dan kurang performa.

samsung

1. Terlalu Banyak Aplikasi
Wajar saja jika sang android anda digunakan untuk memenuhi kebutuhan hiburan, seperti mendownload gambar , aplikasi fitur dan game, apalagi jika ditambah dengan aktivitas Anda seperti mengirim file Bluetooth dan mengakses berbagai aplikasi, ini akan membuat memori internal dari hp Anda akan cepat penuh , karena berbagai aplikasi browser akan menyimpan cache yang cukup banyak, sering nya kita tidak tahu sehingga akan menumpuk jika tidak langsung di hapus, ini akan mengakibatkan hp Anda lelet.

Lakukan-5-Hal-ini-Jika-Smartphone-Android-Kamu-Lambat-3

2. RAM Penuh
Biasanya smartphone Android sudah dilengkapi dengan ram berukuran 1 – 2 GB, mungkin Anda pernah berpikir kenapa yang avaible hanya 800 MB? Yakni karena sisanya digunakan untuk system android sendiri, seperti yang sudah dibahas diatas, aplikasi yang terlalu banyak akan membuat ram cepat penuh.

3. ROM Tidak Stabil
Meskipun jarang ditemui tetapi penggunaan custom rom maupun stockrom, seringkali membuat hp android kita menjadi lemot atau lamban, biasanya ini di akibatkan oleh rom yang masih banyak bug atau tidak mendukung 100% dari hardware android kita, sehingga kurang stabil untuk performanya. Solusinya adalah Anda dapat melakukan downgrade atau ganti rom ke rom sebelumnnya yang Anda gunakan atau yang anda rasa paling stabil.
unduhan (1)
4. Live Wallpaper

Jika Anda suka memakai Live Wallpaper atau wallpaper bergerak, sebaiknya nonaktivkan, karena selain memboroskan baterai ternyata dapat memperlambat kinerja Ponsel Android. Untuk efisiensi sebaiknya gunakan wallpaper biasa, caranya masuk ke menu setting- display dan ganti dengan gambar statis.

best-android-live-wallpaper-free-1

5. Widget Berlebih
Widget adalah sortcut dan ikon yang bisa menampilkan informasi realtime pada homescreen. Dengan adanya kinerja yang selalu mengambil dan menampilkan informasi secara realtime, Anda harus tahu jika Semakin banyak widget akan berimbas pada lambatnya kinerja ponsel. Selain itu widget juga membuat baterai dan bandwith Ponsel cepat habis. Sehingga membuat kinerja Android lemot, Cara sederhana untuk mengatasi baiknya kurangi penggunaan widget.

widget

6. Animasi
Biasanya kita akan merasakan android menjadi lemod saat melakukan perpindahan menu, biasanya ini dipengaruhi oleh animasi yang sedang berjalan, alangkah baiknya non aktivkan animasi dengan cara pergi ke menu setting – Developer options lalu seting off pada pilihan animasi yaitu window animation scale, Animator duration scale, dan Transition animation scale, mungkin cara ini cukup membantu Anda.

Jika handphone android sudah mengalami hal seperti ini, sudah pasti Anda akan merasa kecewa terlebih bila Anda tidak tahu cara penanganan nya. Namun dengan adanya informasi ini, semoga apa yang Anda lakukan bisa di forsir demi pemakaian lebih lanjut.

 

 

Comments

comments