Seringkah Anda merasa kesal karena layar sentuh pada gadget tidak berfungsi? Sudah dipencet berkali-kali tapi tetap tidak menunjukkan hasil. Problem ini pasti sering dialami oleh sebagian dari Anda pengguna gadget.

Ya, layar sentuh atau touch screen kini sudah merajai mayoritas perangkat mobile, seperti handphone dan tablet PC. Penggunaan layar sentuh dianggap lebih efektif oleh sebagian kalangan untuk memudahkan aktivitas bermobile, meskipun tidak sedikit juga yang sebenarnya lebih memilih menggunakan keypad manual (Qwerty), karena berbagai alasan. Ada yang menganggap touch screen itu susah dipencet atau layar yang jadi cepat kotor karena selalu disentuh.

Ilustrasi-Mengetik-dengan-Layar-Sentuh
Ilustrasi-Mengetik-dengan-Layar-Sentuh | http://www.adamok.net/

Apapun alasannya, semua kembali pada pilihan Anda masing-masing. Namun tak dapat dipungkiri juga kalau modernitas lebih membawa Anda untuk ikut berpartisipasi di dalamnya, sehingga pada kasus ini banyak dari konsumen yang menggunakan ponsel ber-touch screen.

[listingterkait judul=’smartphone’]

APA PENYEBABNYA?

Sensitivtas tombol layar sentuh sangat diperlukan untuk bisa memberikan kinerja yang optimal. Jika terjadi gejala kerusakan, akan cukup merpotkan pengguna, terlebih lagi jika pada gadget tersebut tidak terdapat tombol fisik. Kerusakan itu sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk cara penggunaan oleh user yang mungkin kurang hati-hati.

Bila sudah rusak, tak perlu merasa jengkel, marah, apalagi sampai membanting gadget Anda. Ada kok tips untuk mengatasinya. Coba baca 6 cara mengatasi layar sentuh error berikut ini:

  • Bukalah penutup baterai beserta bautnya, kemudian buka casing dan pisahkan dari mesinnya. Dalam keadaan seperti ini Anda akan melihat dua lapisan pada layar LCD. Lapisan paling atas merupakan bagian touch screen yang berfungsi jika disentuh dan bagian atas penutup layar ini adalah penyebab kerusakannya.
  • Jangan langsung mencabut kaca touchscreen. Pada bagian bawah terdapat flexible yang terhubung dengan flexible LCD yang disolder, Anda harus membuka solder tersebut baru kemudian menggantinya.
  • Jika sudah berhasil mencabutnya, Anda bisa menggantinya dengan touch screen baru. Harga normalnya lebih murah dari harga LCD.
  • Selanjutnya, pasanglah touchscreen tersebut dengan menempelkan (dilas) menggunakan solder.
  • Jika sudah berhasil memasangnya, jangan seketika memasang kembali casing dan baut. Cobalah terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ponsel sudah berfungsi dengan baik.
  • Apabila touchscreen sudah berfungsi, selanjutnya Anda harus melakukan pengaturan calibration layar supaya bisa berfungsi secara normal. Pengaturan calibration dapat Anda lakukan dengan masuk ke menu setting > calibration kemudian ikuti tanda tanda silang pada layar. Apabila calibration masih bermasalah/gagal, Anda harus mengecek ulang pemasangannya.

Begitulah 6 cara mengatasi layar sentuh error pada handphone. Langkah-langkah tersebut juga bisa diterapkan pada tablet pc yang mengalami kerusakan sama. Semoga bermanfaat!

[adsense2]

Comments

comments