Penggemar fotografi pastilah sangat menyukai berbagai teknik dalam fotografi. Salah satu teknik yang biasa digunakan adalah menggunakan kamera yang diseting dengan menggunakan low Shutter Speed. Setingan pada kamera ini akan memberikan efek yang sangat dramatis sehingga mampu menghasilkan gambar yang menawan dan juga artistik.

Di kesempatan kali ini kami ingin sedikit berbagi tips dan trik yang sesuai untuk kamu penggemar fotografi menggunakan kamera DSLR yang suka akan eksplorasi. Berbagai teknik dalam dunia pengambilan gambar terutama dalam penggunaan kamera yang memiliki setingan shutter speed yang rendah, sangatlah mudah dilakukan ketika kita memiliki tripod. Namun, banyak dari mereka mengalami kesulitan ketika mengambil gambar tanpa menggunakan tripod dikarenakan oleh tangan yang bergetar sehingga membuat gambar menjadi tampak blur (tidak fokus). Oleh karenanya Natalie Norton seorang fotografer ternama membagikan sedikit tips dan trik untuk kita dalam menanggulangi gambar yang blur dikarenakan tangan yang bergetar. Simaklah beberapa kiat berikut supaya kamu dapat mengantisipasi hal tersebut.

  1. Melipat kedua siku ke dalam

Melipat siku kita ke arah dada merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi getaran yang diakibatkan oleh tangan kita. Ketika kita mengambil gambar dalam kondisi shutter speed yang rendah maka gerakan sedikitpun dapat mengakibatkan hal yang fatal. Gambar kita akan nampak tidak fokus atau blur. Bahkan ketika kita bernafas, gerakan dari bernafas tersebut juga akan berdampak pada proses pengambilan gambar tersebut. Melipat siku kedalam dapat membantu memperoleh stabilitas yang tinggi dalam pengambilan gambar.

  1. Angkat bahu kirimu

Banyak fotografer menggunakan mata kanannya untuk membidik gambar. Di tips kali ini kamu dapat menggunakan mata kiri kamu untuk membidik gambar. Selanjutnya angkatlah bahu kirimu dan tekan siku kiri pada dada. Sebelum pengambilan gambar ada baiknya kamu menekan tombol shutter bersamaan dengan kamu menghembuskan nafas. Hal ini terbukti ampuh untuk menanggulangi bergetarnya tangan ketika pengambilan gambar.

  1. Gunakan lututmu sebagai Tripod

Kamu dapat meminimalisir gerakan pada tangan dengan mengoptimalkan penggunaan lutut kamu saat posisi duduk. Tempatkan siku kamu di atas lutut untuk mendapatkan kestabilan yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga dapat gunakan tangan kamu yang lainnya untuk memberikan support penuh dalam pengambilan gambar menggunakan shutter speed yang rendah.

  1. Berbaring

Berbaring merupakan cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan ketika kamu ingin mengambil gambar dari sudut pandang yang rendah (low angle). Masalahnya adalah, kita akan mengalami sedikit kesulitan dalam membidik gambar dikarenakan sudut lensa yang hampir sama dengan tanah. Oleh karenanya, kamu dapat menggunakan telapak tangan kamu sebagai tumpuan dari kamera tersebut. Gunakan juga kepalan tangan ketika kamu ingin mengambil gambar dengan sudut pandang yang sedikit lebih tinggi. Untuk mendapatkan gambar yang sempurna memang memerlukan perjuangan yang sedikit keras bukan?

  1. Posisi senapan mesin

Posisi ini merupakan posisi yang biasa digunakan untuk memegang senapan mesin. Natalie pada dasarnya jarang menggunakan teknik ini dikarenakan posisinya yang agak aneh dan juga sedikit sulit. Namun kamu bisa mencoba posisi ini jika kamu merasa nyaman dan juga mudah dalam mengoperasikan kamera dalam posisi ini. Hanya karena posisi ini susah bagi Natalie, bukan berarti posisi ini tidak layak untuk dicoba.

  1. Tahan lensa kamera dengan posisi jongkok

Di posisi yang terakhir ini, kamu dapat melihat bahwa posisi ini sangat cocok untuk pengambilan gambar bersudut pandang rendah. Meskipun tidak serendah ketika pengambilan dengan cara berbaring, namun posisi ini cukup memberikan stabilitas yang mumpuni untuk menjamin gambar low shutter speed kamu tampil prima. Gunakan lutut untuk menopang siku kamu, dengan demikian posisi ini akan terasa sangat mantap.

Itulah tadi sedikit cara yang dapat kamu aplikasikan dalam proses pengambilan gambar menggunakan setingan kamera ber-shutter speed rendah. Getaran yang timbul dari pergerakan tangan atau faktor yang lain dapat merusak momen yang akan kamu abadikan menggunakan kamera kesayangan kamu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dalam dunia fotografi.

Comments

comments