Demi mendukung program internasional go green dan membantu pengguna bermobilitas, Apple telah mendesain laptop Macbook Pro dan Macbook Air dengan kualitas baterai yang diklaim dapat bertahan setengah hari atau bahkan lebih. Meski demikian, penggunaan yang berlangsung lama tetap akan menguras daya.

Ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk lebih menghemat baterai dan menghindari kerepotan mencari stop kontak saat menggunakan komputer jinjing dari Apple tersebut di luar rumah. Berikut 5 trik menghemat baterai MacBook Pro dan MacBook Air:

MacBook-Pro
MacBook-Pro | http://www.maclocks.com/
  • Gunakan OS X Mavericks

Lakukan update OS X Maverick bila Macbook Pro atau Macbook Air Anda masuk daftar komputer yang didukung OS X 10.9. Apple memberikan beberapa fitur baru di OS X Mavericks yang berguna untuk menghemat baterai, salah satunya adalah Power Nap dan Safari Power Saver. Bahkan iTunes juga diklaim lebih hemat daya pada OS X Mavericks.

[listingterkait judul=’MacBook’]

  • Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar

Layar yang terlalu cerah selain membuat mata cepat lelah, juga cepat menguras daya. Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan (brigthness) pada layar komputer Mac untuk menghemat baterai. Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk backlight keyboard agar mendapatkan cahaya yang redup dan kenyamanan.

 

  • Memperkecil Energy Saver

Layar yang terus menyala saat tidak dipakai akan membuang energi dengan percuma. Untuk itu lakukan pengaturan Energy Saver yang ada di menu System Preferences lalu pilih Energy Saver. Ubah pengaturan pada Battery dan Power Adapter sekecil mungkin, tapi pertimbangkan juga dengan aktivitas yang Anda kerjakan. Beri tanda checklist pada mode ‘Put hard disks to sleep when possible’ untuk mengistirahatkan media penyimpanan data (hard disk atau SSD) ketika tidak digunakan.

[adsense2]

  • Mencabut Perangkat Eksternal

Perangkat eksternal seperti USB flashdisk, hardisk external, atau pembaca DVD eksternal sebaiknya dicabut bila sudah tidak terpakai. Cara ini berguna untuk mencegah perangkat eksternal dengan tenaga listrik mengalami error ketika mati listrik atau hal-hal lain yang tidak diinginkan. Selain itu, mencabut perangkat eksternal yang tak terpakai juga akan memberi kenyamanan kepada Anda saat bekerja dari kabel-kabel yang terhubung ke komputer.

 

  • Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth

Matikan juga perangkat nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak digunakan. Selain dapat mengurangi penggunaan baterai, langkah ini dapat mencegah orang-orang tak bertanggungjawab untuk berbuat buruk seperti mengakses shared folder yang dibuat atau hal lainnya.

 

Comments

comments