Tips menjaga kesehatan di musim hujan. Musim hujan sudah tiba sudahkah mempersiapkan diri menjaga kesehatan? Jangan sampai karena panca robah kamu jadi mudah sakit yah. Biasanya saat pergantian musim kondisi tubuh manusia akan mengalami adaptasi dengan perubahan musim, tak heran jika sering kali menimbulkan beragam gejala sakit mulai dari batuk, pilek, masuk angin, panas dalam dan sebagainya. Apakah kamu sering mengalami hal demikian saat pergantian musim? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang terapkan pola hidup sehat agar terhindar dari gejala penyakit sehingga kamu bisa tetap beraktivitas. Nah, untuk menanggulangi hal tersebut berikut tips sehat menghadapi musim hujan yang bisa kamu lakukan. Mudah, murah tapi bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk simak selengkapnya

1. Siapkan Pakaian Penghangat

Hujan turun tidak mengenal waktu, bisa pagi, malam, sore, bahkan siang hari. Nah, jika kamu termasuk orang yang sibuk beraktivitas di luar rumah sebaiknya sediakan jas hujan, payung serta aneka pakaian hangat seperti. Jaket, Syal, Kupluk dan sebagainya. Selain perlengkapan tersebut, aneka barang ini juga harus ada di tas kamu saat musim hujan. Dijamin pasti kamu butuh.


2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips kedua jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih secukupnya. Banyak ahli kesehatan menganjurkan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 4 liter setiap hari. Jumlah air putih yang harus kamu minum menyesuaikan usia, dan berat badan. Seperti yang kita tahu, bahwa 50% tubuh manusia terdiri dari air, maka dari itu kita butuh minum air putih dalam jumlah cukup. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan di antaranya membantu menangkal radikal bebas, dapat terhindar dari panas dalam, membuat tubuh tetap segar dan masih banyak lagi.


3. Perbanyak Mengonsumi Sayur dan Buah

Jangan lupa selain mengonsumsi makanan dan minuman hangat kamu juga perlu mencukupi gizi dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Kamu bisa mengolah sayuran menjadi beragam makanan, selain itu kamu juga bisa langsung menyantap buah sebagai cemilan. Keduanya mempunyai kandungan sehat dalam jumlah banyak sehingga dapat mencukupi kebutuhan gizi tubuh saat menghadapi panca robah. Nah berikut manfaat keduanya yang bisa kamu dapatkan

• Sumber energi
• Melawan penyakit
• Melancarkan pencernaan
• Mencegah obesitas

Jangan lupa konsumsi setiap hari, buah dan sayuran adalah makanan yang mudah di olah. Misal kamu bisa mengolahnya menjadi salad sayur, tumis sayur, dan masih banyak lagi olahan sayur sehat. Kamu juga bisa membuat salad buah, atau jus buah. Kamu hanya butuh blender dan perlengkapan dapur lainnya. Rutinkan setiap hari mengonsumsi sayur dan buah baik saat sarapan, siang hari maupun menjelang tidur agar aneka kebutuhan vitamin dapat terpenuhi.


4. Rutin Bergerak atau Olaharaga

Jangan mentang-mentang diluar hujan lantas malas-malasan di tempat tidur. Sebaiknya usahakan untuk bergerak atau berolahraga ringan, paling tidak ada gerakan yang kamu lakukan dari pada hanya diam di rumah dan mager. Dengan berolahraga tubuhmu bisa lebih hangat dan segar, sehingga tidak hanya mengurangi kalori saja tapi juga membuat tubuh semakin fit. Buat kamu yang ingin berolahraga di dalam rumah kamu bisa mencoba beragam gerakan seperti push-up, sit up, squat, lompat tali, atau naik turun tangga.

Atau jika kamu ingin berolahraga di luar kamu bisa lari santai, atau jogging, bersepeda atau jalan cepat. Jangan lupa gunakan perlengkapan olahraga seperti sepatu, baju olahraga, handuk dan sebagainya. Agar lebih semangat kamu bisa mengajak teman dekat atau pasanganmu untuk berolahraga bersama. Kemudian lakukan secara rutin agar stamina tubuh tetap terjaga meski sedang musim dingin.


5. Siapkan Obat-obatan

Tips terakhir yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan obat-obatan. Karena meskipun kamu sudah berusaha keras untuk berolahraga, mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan rajin menyantap buah maupun sayur tak menutup kemungkinan tubuhmu tetap bisa sakit. Upaya ini untuk mencegah agar sakit yang kamu alami tidak bertambah parah. Seperti yang sudah dibahas di paragraf awal berbagai penyakit saat pergantian musim mudah sekali menyerang tubuh. Untuk itu siapkan obat-obatan sesuaikan kebutuhan dengan berbagai penyakit tersebut yang mungkin saja kamu alami. Siapkan obat panas dalam, sakit kepala, demam, batuk, pilek, diare dan sebagainya.

Baca Lainnya: 5 Alat Kesehatan Yang Wajib Tersedia Di Rumah Kamu. Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati

Itu dia tips sehat menghadapi musim hujan agar tidak mudah sakit. Menjaga pola makan adalah kunci utama agar tetap sehat, selain itu jangan lupa jaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar karena penyakit bisa saja bersarang dari tempat-tempat kotor yang tidak kamu sadari. Ganti air kamar mandi secara rutin, jaga kebersihan tempat tidur dan tips yang terakhir kamu bisa mengonsumsi vitamin agar tubuh tetap bugar dan bersemangat. Semoga dengan adanya tips ini kamu bisa makin bahagia menikmati musim hujan.

Summary
Tips Sehat Menghadapi Musim Hujan Biar Enggak Gampang Sakit dan Tetap Prima
Article Name
Tips Sehat Menghadapi Musim Hujan Biar Enggak Gampang Sakit dan Tetap Prima
Description
Tips sehat menghadapi musim hujan agar tidak mudah sakit yakni dengan rajin berolahraga, mengonsumsi air putih secukupnya, melengkapi gizi dengan menyantap aneka buah maupun sayuran serta menyiapkan pakaian hangat seperti jaket, syal, kupluk, selimut dan sebagainya.
Author

Comments

comments