Seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan di Indonesia, terutama sepeda motor, pertumbuhan penjualan helm juga semakin pesat. Memilih helm yang sesuai dengan kebutuhan merupakan elemen penting dalam berkendara. Fungsinya tentu saja untuk keselamatan. Jika sewaktu-waktu anda mengalami kecelakaan, helm dapat meminimalisir resiko cidera pengendara terutama di bagian kepala. Maka dari itu, pemerintah mewajibkan kepada semua pengendara sepeda motor untuk menggunakan helm standard yang sudah tersertifikasi minimal SNI.

Helm yang beredar di pasaran sangat banyak jenis dan ragamnya. Yang paling membedakan adalah merk helm. Biasanya helm yang bagus memiliki merk ternama atau paling tidak sudah tersertifikasi. Jika anda ingin membeli dan memilih helm tapi belum tau helm mana yang bagus, berikut kami berikan beberapa tips singkat yang bisa anda terapkan sebelum anda membeli helm. Anda yang sudah punya helm juga perlu membaca ini untuk menentukan apakah helm anda sudah tergolong helm yang standard atau belum.

Tips Memilih Helm yang Pas

1. Standar Keselamatan

Memilih Helm

Sebuah helm layak dikenakan ketika helm tersebut sudah memiliki sertifikat keselamatan yang resmi. Ada banyak jenis sertifikasi, namun yang terkenal yaitu DOT dan SNI. DOT adalah sertifikat kelayakan helm dari Departemen Transportasi Amerika sementara SNI adalah Standar Nasional Indonesia. Pilihlah helm yang sudah memiliki paling tidak salah satu dari sertifikat tersebut untuk menjamin kelayakan helm yang anda kenakan.

2. Tali Pengikat (Strap)

Memilih Helm

Sepertinya tali pengikat ini sepele, namun sangat penting menyangkut keselamatan anda. Pilihlah helm yang memiliki strap atau tali pengikat yang kuat. Tali ini akan menjaga helm anda tetap menempel di kepala di dalam situasi yang buruk, misalkan saja kecelakaan. Jika tali pengikat tidak cukup kuat, tentu saja anda tidak mengharapkannya, pada saat kecelakaan helm akan terlepas dan akan berakibat fatal untuk keselamatan anda. Perhatikanlah bagian ini dalam membeli sebuah helm. Selain itu perhatikan juga mekanisme kerjanya. Strap yang baik dapat dengan mudah dibuka namun memiliki daya kuncian yang kuat.

3. Ukuran Helm

Memilih Helm

Setiap helm pasti memiliki ukuran masing-masing, yang paling lazim adalah  S,M,L, dan XL. Ukuran kepala setiap orang pasti berbeda-beda sehingga helm yang dibutuhkan pun berbeda ukurannya. Setiap akan memilih helm, janganlah membeli yang ukurannya sangat pas atau malah terlalu sempit. Pilihlah yang nyaman digunakan di kepala dan tidak terasa panas. Ketika ada sedikit space di dalam helm, itu akan berfungsi untuk sirkulasi udara sehingga kepala anda tidak terasa panas. Memilih helm yang agak longgar juga memudahkan pergerakan leher anda untuk menengok ke kanan dan ke kiri.

4. Tipe Helm

Memilih Helm

Pada umumnya, helm terbagi atas dua jenis, yaitu helm full face dan half face. Tentunya anda sudah bisa membedakannya. Helm full face memiliki penutup wajah yang lengkap hingga menutupi mulut dan hidung. Sementara itu, helm half face teruka di bagian mukanya. Untuk masalah keselamatan, jelas helm full face lebih aman. Namun tentunya semua tergantung penggunaan. Helm full face sangat cocok untuk berkendara jarak jauh dan helm half face bisa digunakan untuk jarak dekat, misalnya dalam kota. Selain itu masih ada helm berjenis modular yang merupakan gabungan dari helm full face dan juga helm half face.

5. Kaca Helm

Memilih Helm

Ada beberapa jenis kaca helm, seperti bening, gelap, anti silau, anti ultra violet, dll. Memilih helm yang berkaca tentunya tergantung dengan kebutuhan anda. Jika kegiatan anda lebih banyak di malam hari, sebaiknya menggunakan helm dengan kaca bening. Sedangkan jika anda beraktifitas di siang hari, pilihlah kaca helm anti silau yang bisa melindungi anda dari sinar matahari. Untungnya sekarang sudah tersedia helm dengan dua jenis kaca sekaligus, gelap dan bening. Helm itu cukup fleksibel karena bisa digunakan di medan gelap maupun terang.

Baca Juga: 5 Helm Retro Unik Bergaya Asyik

Memilih helm yang sesuai dan pas di kepala akan membuat anda merasa nyaman dalam berkendara. Dengan begitu, ketika anda berkendara dapat terus berkonsentrasi dan selalu memperhatikan jalanan yang sedang dilalui. Helm ini selain mendukung keamanan dalam berkendara juga dapat berfungsi sebagai penopang gaya anda. Tentunya disesuaikan dengan kendaraan yang anda bawa. Keep Safety Riding ya guys.

Comments

comments