5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight | PriceArea.com
Home > Produk Review > Hobby > 5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight

5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight

Kondisi low light atau rendahnya paparan cahaya bisa jadi tantangan tersendiri bagi para fotografer baik yang professional maupun amatir. Terkadang lampu flash pada kamera baik kamera digital biasa maupun DSLR justru memperburuk hasil jepretan menjadi kondisi low light ini. Pada kasus lain, backdrop yang suram membuat para fotografer kesulitan untuk mendapatkan detail penting pada subject foto mereka.

5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight

Ilustrasi-Gambar-Komposisi-Low-Light

Beberapa hal tersebut terkadang bisa disebabkan karena human error, pasalnya, jika utilities atau pemahaman perangkat fitur kamera belum dipahami benar maka jepretan akan terlihat kurang mantap dari sisi komposisi gambar. Kondisi lowlight misalnya, untuk kamera dengan sistem fokus digital atau bisa juga pada kamera pocket dan kamera ponsel pada umumnya, kondisi lowlight justru amat dihindari. Nah, tips maksimalkan fotografi lowlight ini bisa menjadi bahan acuan Anda untuk belajar

Bagaimana tidak, dengan sensor yang dibuat default, kemudian tanpa pengaturan manual lain untuk memaksimalkan hasil gambar maka bukan tidak mungkin jika dalam kondisi gelap, atau lowlight sistem fokus kurang matap dan bergerak lebih cepat merekam gambar. Karena itu untuk merekam momen kamera digital dan ponsel akan lebih baik di kondisi terang.

Memaksimalkan Kondisi Lowlight

Dalam ulasan ini PriceArea sengaja mengulas 5 tips maksimalkan fotografi lowlight, selain sebagai acuan atau wawasan untuk para pengguna kamera bahwa kondisi lowlight itu bukanlah masalah, bahasan ini juga sebagai  penyemangat pemilik kamera non-DSLR alisa hanya memiliki kamera pocket bahkan kamera ponsel.

Sebenarnya memang kondisi low light ini bukanlah penghalang bagi Anda untuk mendapatkan hasil jepretan terbaik. Banyak cara yang bias dilakukan untuk menyiasati persoalan ini. Berikut ini adalah tips mengambil gambar pada kondisi low light yang dibagikan fotografer professional untuk Anda seperti dikutip mashable.com beberapa waktu lalu;

1. Setting ISO Secara Manual

5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight

Fitur-ISO-Setting-Pada-Kamera-DSLR-Canon-EOS

Sebagai fotografer pemula, tips maksimalkan fotografi lowlightbisa jadi cukup sulit, pasalnya Anda tidak menyetel ISO secara otomatis, sehingga dapat berfungsi maksimal untuk menyesuaikan nsensitivitas kamera terhadap cahaya.Menurut Eustacio Humphrey, seorang fotografer harus menyesuaikan level ISO mereka secara manual dan bukan memilih mode otomatis.

Humphrey menambahkan, pada kondisi low light, selalu pilih level ISO tertinggi yang bias diberikan oleh kamera anda. Kamera DSLR masa kini sudah cukup canggih untuk mengambil gambar tanpa meninggalkan detailnya dan menurunkan kualitas pixel, warna, dan resolusi.

Dengan memberanikan diri untuk memainkan level ISO sendiri, fotografer dapat membuat kamera mereka lebih sensitif terhadap cahaya. Seperti dinyatakan oleh Nick Ulivieri, menyetel ISO anda sendiri akan membuat kamera lebih sensitive pada kondisi low light, artinya Anda bisa mempercepat mengabadikan objek dengan hasil foto yang lebih baik. Inilah salah satu hal yang harus dilakukan dalam tips maksimalkan fotografi lowlight.

2. Gunakan Fast Lens

5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight

Ilustrasi Lensa Cepat NIkon

Dalam fotografi, lubang lensa atau aperture mengacu pada ukuran lubang pada lensa yang dapat menangkap cahaya ketika Anda menekan shutter.Lensa dengan ukuran aperture maksimal biasanya disebutd engan “fast lenses

Banyak fotografer punya tips maksimalkan fotografi lowlight memakai fast lenses dalam kondisi low light, karena dengan begitu camera akan menangkap lebih banyak cahaya tanpa menggunakan flash.

Doug Hac mengatakan bahwa, aperture yang rendah otomatis akan menangkap cahaya lebih sedikit dari yang Anda butuhkan untuk menangkap gambar yang lebih tajam. Hac menambahkan, keuntungan lain dengan menggunakan fast lenses adalah didapatkannya background blur yang cantik dari cahaya jauh pada hasil jepretan. Hal ini dikarenakan subjek utama Anda terpisah dan memberikan tampilan yang berbedap pada hasil foto.

3. Bawa Lampu Anda Sendiri

5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight

Ilustrasi-Lampu-Kamera-foto-dan-Video

Tips maksimalkan fotografi lowlight ketiga adalah menggunakan tata cahaya sendiri, jangan hanya karena objek foto Anda tidak mendapatkan banyak cahaya natural, bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan cahaya sendiri. Hac mengatakan bahwa seorang fotografer bisa mendapatkan pencahayaan yang bagus ketika mereka dapat mengatur stabilitas terpan cahaya yang ada. Selanjutnya Hac merekomendasikan untuk menggunakan lampu LED sebagai satu cara efektif untuk menerangi subject foto dengan biaya yang cukup rendah.

4. Maksimalkan Stabilitas Kamera

5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight

Ilustrasi-Penstabil-Kamera

Terkadang tangan fotografer dapat merusak hasil jepretan mereka sendiri.Dalam kondisi low light, fotografer tentunya ingin memastikan bahwa kamera mereka cukup stabil sehingga mereka dapat mengambil gambar dengan pencahayaan seadanya.

Humphrey mengatakan, dalam tips maksimalkan fotografi lowlight tak peduli seberapa mantapnya tangan Anda dapat menggenggam kamera, terkadang mengatur kamera pada ISO tertinggi bukanlah jaminan untuk menghasilkan gambar yang benar-benar bagus. Ia menambahkan, solusi terbaik adalah dengan menggunakan tripod dan membiarkan kamera untuk menangkap gambar tanpa kesalahan.

5. JanganTerlaluMemikirkannya

5 Tips Maksimalkan Fotografi Lowlight

Jangan-Terlalu-Memikirkan-Objek-Dan-Sebagainya

Sumber cahaya tersembunyi bisa saja didapatkan dari kondisi yang tampak gelap. Disitulah tugas fotografer untuk mencari kemungkinan didapatkannya cahaya tersebut. Jangan terlalu banyak berfikir, hanya lakukan saja dan rekam momen yang ada, apalagi kamera digital saat ini hampir semua mampu mem-preview hasil jepretan seketika, alhasil jangan khawatir hasil foto Anda tidak bagus.

Ulivieri mengatakan, kecuali Anda terperangkap dalam container tertutup, kesempatan untuk mendapatkan pencahayaan selalu ada dan kesempatan yang Anda temukan sendiri itulah yang akan menghasilkan kecerahan dan pencahayaan dengan level yang berbeda, dan secara tak langsung Anda telah menemukan tips maksimalkan fotografi lowlight. Apa Anda ingin berada dalam ruang gelap? Tak perlu tentu, asalkan Anda banyak mencoba terus menerus maka Anda akan mendapatkan kualitas serta utilities fitur kamera Anda dengan baik dan mumpuni akhirnya.

Itulah tips untuk mengambil gambar dalam kondisi low light. Semoga bermanfaat bagi anda yang hobby fotografi. Jika anda belum memiliki kamera DSLR sendiri mungkin anda juga bias bereksperimen dengan kamera pocket Anda. Selamat mencoba.

Comments

comments

Read previous post:
Google-Cardboard
Asyiknya Berpetualang Virtual dengan Google Cardboard

Google Cardboard, sebuah headset Virtual Reality (VR) yang merupakan ciptaan terbaru dari raksasa internet, Google. Lewat Cardboard ini mereka mengumumkan...

Close