Pastinya ada banyak orang yang mengalami musibah jatuhnya handphone ke dalam air. Hal ini tentu saja sangat menganggu jika menilik pada harga handphone Android dan jenis Smartphone lainya yang semakin hari semakin tinggi saja. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk paling tidak mencegah masuknya handphone Anda ke dalam air menjadikan handphone Anda rusak total. Tipsnya sebenarnya sangat sederhana, namun ada banyak orang yang belum tahu benar dengan hal ini dan justru melakukan kesalahan mendasar yang membuat handphone mereka tidak bisa diselamatkan lagi. Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat handphone Anda masuk ke dalam air antara lain adalah:

Handphone Terendam Air

1. Jangan Langsung Menghidupkan Handphone

Hal ini adalah hal pertama dan hal paling mendasara yang harus dilakukan saat handphone Anda masuk ke dalam air. Saat Anda menghidupkan handphone Anda dalam kondisi basah, aliran listrik dari baterai justru akan membuat hubungan arus pendek yang akan membakar komponen handphone Anda dan membuat handphone Anda tidak bisa diselamatkan lagi.

2. Buka Casing dan Baterai

Hal kedua yang harus dilakukan saat handphone jatuh ke dalam air adalah membuka casing dan baterai handphone Anda. Membuka casing untuk membuat air tidak mengendap dan lebih mudah dikeringkan sedangkan membuka baterai untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek yang justtru akan merusak handphone Anda secara permanen.

3. Masukan Handphone Ke Dalam Ember Berisi Beras

Hal ini adalah tips utama dan salah satu yang paling manjur untuk mengatasi jatuhnya handphone ke dalam air. Sifat beras yang menyerap air akan mampu mengeringkan bagian-bagian dalam handphone yang susah dikeringkan secara manual. Meskipun akan memakan waktu yang agak lama, namun cara ini terbukti manjur dan aman. Karena beras memiliki suhu yang dingin, berbeda jika kita menjemur atau mengeringkan handphone kita dengan hairdryer, kedua hal tersebut menimbulkan panas yang mungkin justru akan merusak komponen handphone Anda yang sedang basah.

Handphone Terendam Air

4. Pastikan Semua Sudah Kering

Hal ini sering menjadi salah satu hal yang menggagalkan semua upaya di awal. Banyak orang kurang sabar dan langsung menghidupkan handphone mereka dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini sering membuat upaya awal yang sudah dilakukan menjadi sia-sia. Maka dari itu Anda harus memastikan bahwa handphone Anda sudah benar-benar kering saat mau menghidupkanya.

5. Hidupkan Handphone

Saat semua proses sudah dilakukan dengan hati, kemungkinan besar handphone Anda akan hidup kembali, namun Anda juga tetap harus bersabar karena saat menghidupkan handphone bisa jadi proses bootingnya akan menjadi lebih lama dari biasanya dan itu adalah hal yang wajar. Anda juga harus bersiap kalau-kalau handphone Anda tetap tidak bisa hidup karena kerusakanya yang sudah terlalu parah karena cara diatas hanya akan berguna jika handphone Anda masuk ke dalam air untuk waktu yang singkat.

Comments

comments