Tips Merawat Sepatu Kulit – Salah satu jenis sepatu yang wajib ada dalam koleksi sepatu adalah sepatu kulit. Mulai dari sepatu wanita formal, hingga sepatu untuk anak-anak memiliki jenis yang dibuat menggunakan material kulit. Hadir dengan berbagai model, sepatu kulit juga merupakan pilihan sepatu pria paling favorit yang bisa digunakan baik untuk acara formal maupun semi-formal.

Sayangnya, merawat sepatu kulit bisa jadi perkara yang susah-susah gampang. Kesalahan perawatan sepatu kulit bisa membuat sepatu kesayanganmu rusak, lho. Yuk, cari tahu tips merawat sepatu kulit agar lebih awet dan tahan lama berikut:

Tips Rawat Sepatu Kulit: Pastikan Sepatu Selalu Kering

Tips pertama untuk memastikan sepatu kulit milikmu tetap awet dan tahan lama adalah dengan memastikan sepatu kulit selalu dalam keadaan kering. Jadi, saat cuaca mendung atau kamu perlu beraktivitas di daerah yang basah dan lembab, hindari menggunakan sepatu kulit. Hindari hal-hal yang bisa membuat sepatu kulit kesayangan milikmu basah dan lembab.

Namun, bagaimana jika sepatu kulit sudah terlanjur basah? Segera lap dan angin-anginkan, terutama bagian dalam sepatu. Sumpal juga sepatu dengan kertas atau kain untuk membantu sepatu mengering. Tapi, hindari mengeringkan menggunakan pemanas seperti hair dryer agar bahan kulit tidak menjadi kering, retak, dan rusak akibat panas yang berlebihan.

Jangan Terlalu Sering Digunakan

Sepatu kulit, terutama sepatu kulit pria umumnya sangat sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Padahal, menggunakan sepatu kulit terlalu sering tidaklah baik untuk sepatu, lho.

Menggunakan sepatu kulit terlalu sering membuat sepatu kulit terus menerus lembab dan tidak ada waktu untuk mengering. Berikanlah jeda agar sepatu memiliki cukup waktu untuk mengering setelah lembab terkena keringatmu. Hal ini akan membantu sepatu kulit menjadi lebih awet dan tahan lama.

Simpan Sepatu Kulit dengan Pengganjal

Saat tak sedang digunakan, kamu perlu menyimpan sepatu kulit dengan cara yang baik da benar. Pertama-tama, simpanlah sepatu kulit di tempat yang kering (tidak lembab) namun tidak terkena sinar matahari atau sumber panas.

Setelah itu, masukkan pengganjal seperti kertas, atau pengganjal khusus sepatu agar bentuk sepatu kulit bisa dipertahankan dan bahan kulit pada sepatu tidak menjadi bergaris-garis dan retak karena disimpan terlalu lama.

Gunakan Kondisioner Khusus Sepatu Kulit

Sebagai perawatan sepatu pelengkap, carilah kondisioner khusus sepatu kulit dan aplikasikan pada sepatu kesayanganmu secara rutin. Pengaplikasian kondisioner sangatlah mudah, cukup oleskan pada sepatu kulit dan biarkan meresap sejenak sebelum dilap dengan kain bersih.

Manfaat dari penggunaan dari kondisioner sepatu kulit ini adalah menjaga sifat lentur dari sepatu kulit, dan juga menjaga tone warna yang dimiliki material kulit.

Semir Sepatu Kulit dengan Rutin

Cara lainnya untuk menjaga warna dari sepatu kulit agar tidak kusam dan selalu terlihat seperti bawu adalah dengan melakukan semir sepatu secara rutin. Carilah semir sepatu berkualitas dengan formulasi khusus untuk material kulit asli (atau sintesis jika sepatu kulit terbuat dari kulit sintetis).

Menyemir sepatu kulit juga harus dilakukan dalam satu arah, searah dengan urat dan tekstur material kulit sepatu agar serat dari sepatu kulit tidak rusak dan tetap terlihan natural.

Dengan merawat sepatu kulit favorit secara baik dan benar, kamu nggak perlu khawatir sepatu kesayanganmu rusak. Selain masalah perawatan, memilih sepatu kulit dengan material kulit yang berkualitas juga salah satu kunci untuk memiliki sepatu kulit keren yang awet dan tahan lama.

So, nggak perlu lagi takut kehilangan percaya diri karena sepatu kulit yang sudah kusam!

Summary
Article Name
Buat Sepatu Kulit Lebih Awet dengan 5 Tips dan Trik Ini!
Description
Sepatu kulit adalah salah satu fashion item wajib yang banyak digemari. Tips buat sepatu kulit tetap awet dan tahan lama adalah dengan cara rajin membersihkan nya. Namun, ada beberapa cara membersihkan sepatu kulit yang patut diperhatikan agar bisa digunakan kembali.
Author

Comments

comments