Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia dimana segala sesuatu ada, dari pendidikan, hiburan, pariwisata, hingga makanan. Bertanya soal tempat makan di Jakarta, mungkin lebih dari 100 halaman buku untuk menyebutnya satu-satu. Anda bisa menemukan dengan mudah tempat makan dari mulai lesehan kaki lima sampai restoran bintang 5 di Jakarta. Sehubungan dengan hal itu, saat bulan puasa ini, tidak sulit menemukan tempat berbuka puasa di Jakarta. Banyak sekali tempat dan warung makan yang menyediakan hidangan berbuka. Apa saja yang anda inginkan bisa dipastikan ada, dari mulai makanan tradisional hingga yang internasional. Namun, dari sekian banyak tersebut adakah salah satu atau beberapa yang menjadi favorit warga Jakarta?

Jika favorit menurut masing-masing individu tentu ukuranya bisa relatif. Akan tetapi kita bisa mengukur dari banyaknya warga Jakarta yang mengantre untuk membeli makanan di suatu kawasan atau tempat makan. Nah, dengan ukuran tersebut, berikut ini kami berikan ulasan 5 tempat favorit warga Jakarta untuk berbuka puasa.

Tempat Buka Puasa Terfavorit di Jakarta

1. Pasar Benhil

Tempat Buka Puasa

Mungkin bagi sebagian besar warga Jakarta sudah tidak asing lagi dengan pasar Benhil. Ya, pasar ini merupakan pusat jajanan yang terletak di Bendungan Hilir Jakarta pusat. Setiap bulan puasa tiba, tempat ini menjadi salah satu titik paling ramai, mungkin se Jakarta. Bisa dilihat keramaiannya saat menjelang buka puasa. Lautan manusia akan membanjiri pasar ini untuk membeli makanan berbuka. Bahkan, banyak juga warga yang dari luar daerah Jakarta Pusat yang sengaja mampir ke pasar ini sekadar untuk berburu takjil buka puasa. Ya, kebanyakan makanan yang dijual di pasar Benhil adalah menu takjil, seperti kolak, sup buah, kue-kue basah dan kering, serta aneka gorengan. Menu tersebut memang sangat disukai oleh orang Indonesia untuk berbuka puasa. Akan tetapi, jika anda mencari hidangan ‘utama’ untuk berbuka, jangan khawatir karena masih di kawasan ini terdapat juga kios dan warung makan yang menjual aneka makanan ‘besar’, seperti warung-warung seafood. Anda bisa buka bersama keluarga, teman, dan rekan kerja anda di sini. Satu lagi yang membuat tempat buka puasa ini disukai oleh sebagian besar warga Jakarta adalah harga makanan yang murah. Ya, di sini harga makanan memang terbilang murah untuk ukuran Jakarta. Apalagi jika dilihat rasanya yang enak.

2. Tebet

Daerah Tebet, Jakarta Selatan, selama ini dikenal sebagai pusatnya distro di Jakarta. Lebih daripada itu, ternyata Tebet juga memiliki warung makan yang recommended. Soal aneka makanan dan rasa, sudah tidak perlu diragukan lagi. Bisa dibuktikan dengan ramainya kawasan ini setiap hari, siang sampai malam. Di bulan Ramadhan, keramaian semakin menjadi terutama menjelang buka puasa karena banyaknya penjual jajanan pinggir jalan yang menjajakan kuliner khas buka puasa, seperti kolak dan aneka kue. Selain itu, di Tebet ini juga terdapat beberapa tempat makan yang terkenal, macam Bebek Ginyo, Ayam Kremes Kraton dan Burger n Grill. Beberapa tempat makan di daerah Tebet ini memang favorit kalangan muda-mudi Jakarta. Saat menjelang buka puasa, banyak sekali anak SMA dan mungkin kuliahan yang menggelar buka puasa bersama di tempat-tempat buka puasa di daerah ini.

3. Rawa Belong

Tempat Buka Puasa

Warga Jakarta Barat tentu tidak asing lagi dengan daerah Rawa Belong. Di kampungnya Si Pitung ini memang banyak sekali terdapat tempat buka puasa yang ramai dikunjungi saat manghrib menjelang. Faktor utama ramainya tempat ini adalah harganya yang murah. Selain harga murah, faktor lain adalah banyaknya penjual kue-kue tradisional khas betawi yang jarang ditemui di restoran, seperti kue cubit, kue pancong dan kue cucur. Bagi anda pecinta kuliner tradisional, tentunya menu tersebut akan terasa spesial. Bila anda ingin buka bersama di daerah ini, terdapat juga beberapa warung nasi uduk yang rasanya sudah tersohor, sebut saja nasi uduk Bang Nuri, nasi uduk Bang Uwan dan nasi uduk Bang Udin. Kita tahu, nasi uduk adalah makanan khas betawi yang rasanya disukai semua orang. Berbuka puasa dengan nasi uduk yang gurih dan lauk traidisonal lainnya tentunya akan menambah ragam menu buka puasa anda agar tidak jenuh dengan menu itu-itu saja.

Baca Juga: Tips Tetap Segar Saat Bekerja Meskipun Sedang Berpuasa

4. Jalan Biak-Roxy
Anda pecinta makanan berkolesterol? Kalau kolesterolnya mungkin tidak suka, tapi daging kambingnya pasti banyak yang suka. Jika anda sudah rindu dengan kelezatan kambing di bulan Ramadhan ini, anda bisa berkunjung ke jl. Biak di kawasan Roxy, Jakarta. Di sini banyak warung makan yang menyajikan aneka olahan daging kambing, seperti gulai kambing, sate kambing, tongseng dan lainnya. Jika takut makan daging kambing akan menguras kantong, warung-warung yang menjual daging kambing di daerah Jl. Biak ini tidak seperti yang anda kira karena harganya relatif terjangkau. Dengan 30 ribu rupiah anda sudah bisa menikmati seporsi sop kaki kambing yang lezat dari warung legendaris, Sudi Mampir. Selain menu utama daging kambing, di daerah ini juga banyak penjual jajanan takjil saat bulan Ramadhan. Anda bisa mampir membeli kolak, es buah, aneka kue dan gorengan. Selain itu, ada pula penjual martabak yang memang sudah terkenal di sini. Anda bisa membeli martabak untuk oleh-oleh keluarga di rumah sepulang anda berbuka puasa di sini.

5. Bulungan-Mahakam-Barito

Tempat Buka Puasa

Segitiga emas kuliner ini merupakan surga bagi pecinta kuliner yang terletak di Jakarta Selatan. Tiga kawasan yang memang berdekatan tersebut (membentuk segitiga) terkenal dengan tempat makan yang rasanya mak nyus. Di daerah ini lebih banyak warung dan tempat makan dari pada penjual jajanan berbuka puasa sehingga sangat cocok untuk tempat buka puasa bersama. Aneka makanan yang terdapat di tempat-tempat makan sekitar 3 kawasan ini sangat beragam, dari yang lokal sampai internasional, dari yang kelas kaki lima sampai bintang lima. Semua tergantung selera dan tentu saja budget anda. Bagi anda yang suka makanan sunda, ada warung khas sunda; Sambel Desa. Ada juga tempat makan terkenal lainnya yang enak seperti Ayam Goreng Tulang Lunak Hayam Wuruk, sate ayam Haji Romli dan lain-lain. Bagi anda pecinta gulai, ada juga salah satu warung gulai yang recommended di daerah ini. Namanya warung Gultik alias warung Gulai Tikungan yang ada di daerah dekat Blok M.

Tempat Buka Puasa

Itulah 5 tempat buka puasa terfavorit di Jakarta. Masih banyak tempat makan yang lain di kota sebesar Jakarta. Namun, jika tidak mungkin untuk mengunjungi semuanya, karena puasa hanya 30 hari, anda patut mencoba 5 kawasan kuliner favorit tersebut. Jika anda sudah pernah datang ke salah satu tempat tersebut di atas, bisa mencoba kuliner lain yang ada di daerah yang sama tentunya dengan sensasi yang berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Atau barangkali sobat semua punya tempat rekomendasi yang sesuai untuk nongkrong dan juga ngabuburit saat puasa?

Comments

comments