Kamera merupakan salah satu element penting yang keberadaannya wajib tersedia di smartphone Android. Dan pastinya, semua smartphone Android sekarang ini sudah memiliki fitur tersebut. Lalu apa jadinya jika fitur kamera tersebut mengalami masalah?

Kamera-Samsung-Galaxy-S4
Kamera-Samsung-Galaxy-S4 | http://technobuffalo.com/

Beberapa dari Anda mungkin pergi ke service center atau mencari solusinya di internet untuk memperbaiki masalah pada kamera smartphone Anda. Meski Anda sudah membeli perangkat yang berharga mahal sekalipun, kerusakan pada kamera bisa saja terjadi. Termasuk pada Samsung Galaxy S4. Semua juga tahu kalau device ini termasuk kelas premium, dan kalau sampai fitur kamera rusak, akan sayang sekali, bukan?

Untuk Anda pengguna handphone ini, mari simak 5 solusi untuk masalah kamera Samsung Galaxy S4 berikut:

[listingterkait judul=’Kamera Samsung Galaxy S4′]

Kamera mendadak berhenti beroperasi

Masalah yang paling sering kita jumpai, dan tidak hanya terjadi pada Samsung Galaxy S4 saja, adalah kamera mendadak berhenti beroperasi. Pada dasarnya, kamera mengalami crash untuk beberapa alasan yang menyebabkan kamera mendadak atau tiba-tiba berhenti berjalan.

Solusinya:

  1. Restart Telepon

Kemungkinan itu adalah masalah sementara. Problem terjadi karena aplikasi kamera crash ketika mengambil begitu lama untuk memuat layanan yang dibutuhkan atau ketika sensor kamera tidak merespon segera setelah aplikasi ini diluncurkan. Reboot atau restart device akan merefresh segala sesuatu dan akhirnya memecahkan masalah ini.

 

  1. Clear Cache and Data

Jika merestart handphone belum memberikan solusi, jalan keluar yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah menghapus cache dan data pada kamera. Langkah-langkah untuk melakukannya yakni: Application Manager > Camera > sentuh tombol Force Close > Clear Cache > Clear Data > kemudian restart handphone.

Failed Kamera

Gangguan ini akan muncul yang dibarengi dengan peringatan yang bertuliskan “Warning: Camera Failed”. Kejadian tersebut kadang disertai juga dengan handphone hang dalam beberapa detik yang kemudian secara otomatis kembali lagi ke layar Home.

Solusi:

  1. Clear Cache and Data

Pilih Menu > Setting > Applications Manager > Geser untuk memilih semua tab > Pilih Kamera > Force Stop > Clear Data > Reboot Hand Held.

  1. Wipe Cache Partition

Bagi pengguna yang baru saja mengupdate smartphone Androidnya dan mengalami masalah sepeti ini, dianjurkan untuk menghapus cache. Kemungkinan penyebab failed kamera adalah karena adanya cache lama. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Matikan ponsel android.
  • Tekan dan tahan Volume Up, Home, dan tombol Power secara bersama-sama sampai handphone Anda bergetar.
  • Lepas tombol Power, tapi tetap tahan tombol Volume Up dan Home hingga layar “Android System Recovery” muncul.
  • Tekan tombol Volume Turun untuk memilih ‘Wipe Cache Partition’.
  • Tekan tombol power untuk memilih.
  1. Reset Pabrik

Jika masalah terus berkelanjutan setelah melakukan dua langkah sebelumnya, langkah selanjutnya adalah reset pabrik. Kegunaannya supaya kondisi handphone kembali kesettingan pabrik.

Namun perlu di ingat, sebelum melakukan itu, sangat dianjurkan untuk membuat cadangan (membackup) semua data Anda, karena semua data akan terhapus dan lenyap setelah melakukan reset pabrik. Jika semua data telah terbackup, berikut langkah untuk reset pabrik : Tekan tombol Menu > Pilih Settings > Account > Backup and Reset > Factory Data Reset > Reset Device > Delete All.

Flash Kamera tidak Berfungsi

Beberapa penyebab flash kamera tidak berfungsi adalah:

  • Efek Filter atau fungsi menonaktifkan flash.
  • Settingan flash nonaktif.
  • Menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang tidak kompatibel.
  • Baterai hampir habis.
  • Flash rusak secara fisik.
  • Membutuhkan update software terbaru.

Solusi:

  • Nonaktifkan efek filter.
  • Uninstall aplikasi kamera pihak ketiga.
  • Aktifkan fitur Flash kamera.
  • Isi baterai handset.
  • Periksa apakah ada kerusakan fisik terjadi pada Galaxy S4.
  • Periksa update software.
  • Bersihkan Flash dan lensa kamera menggunakan kain yang lembut.

Lensa Retak / Tergores

Bila lensa mengalami kerusakan seperti retak atau terdapat goresan, hanya service center atau teknisi lah yang dapat menyelesaikan masalah.

Blank Screen

Permasalahan ini ditandai dengan penampilan layar yang hitam atau blank ketika saat Anda membuka kamera. Gangguan ini disebabkan karena handphone Anda berhenti memproses ketika aplikasi kamera mau dijalankan.

Solusi:

  1. Soft Reset

Solusi ini sering menyelesaikan masalah pada aplikasi maupun hardware yang tidak mau merespon. Untuk cara melakukan soft reset, Anda cukup melepas baterai kurang lebih satu menit agar smartphone tidak mendapatkan sisa-sisa daya listrik. Setelah kurang lebih satu menit, silahkan pasang baterai kembali, kemudian hidupkan perangkat tersebut.

  1. Tutup aplikasi yang berada di background

Kenapa harus menutup aplikasi yang berada di background? Apa ada pengaruhnya? Banyaknya aplikasi yang berada di background dapat membuat kinerja RAM menjadi berat, sehingga sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja ponsel android. Ini disebabkan kapasitas RAM yang semakin sedikit akibat sudah dibagi-bagi dengan aplikasi yang ada di background smartphone Anda.

Comments

comments