Mendengar kata Senjata Pemusnah Masal sudah pasti bulu kuduk kita akan merinding. Di jaman yang sudah merdeka ini masih saja ada orang yang membahas senjata pemusnah masa? Mungkin itulah pertanyaan yang ada di benak anda sekarang ini. Namun hal ini sungguh nyata terjadi. Senjata pemusnah masal yang kami maksudkan disini bukanlah meriam, bom, atau apapun yang dapat membunuh manusia dalam sekejap. Namun senjata pemusnah masal ini tidak dapat membunuh manusia secara seketika. Hanya saja dampak yang dihasilkannya dapat merugikan manusia dan sekitarnya.

Meskipun begitu belum banyak orang yang mengetahui dampak dari senjata pemusnah masal ini. Kebanyakan dari mereka masih menggunakan senjata pemusnah masal ini di lingkungan mereka. Mungkin anda masih penasaran senjata apakah yang dimaksud. Di kesempatan kali ini kami akan merangkumkan kelima senjata pemusnah masal yang memberikan dampak negatif bagi anda dan lingkungan sekitar.

Senjata Pemusnah Masal di Sekitar Kita

1. Pendingin Udara (AC)
Siapa yang menyangka bahwa Air Conditioner (AC) merupakan salah satu senjata pemusnah masal. Memang kebanyakan orang menganggap dengan adanya AC ini kinerja kita di kantor akan semakin maksimal karena nyaman dan suhunya yang membuat ruangan menjadi sejuk. Anda dapat terlindung dari panas matahari dengan menggunakan AC ini. Selain itu, AC juga dapat membersihkan udara yang ada di dalam ruangan tersebut. Lantas apakah dampak negatif dari AC ini jikalau banyak manfaat yang bisa diambil dari pendingin udara satu ini?

Senjata Pemusnah Masal

Dampak negatif dari AC adalah penggunaan freon atau gas Chloroflourocarbon (CFC) yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan. CFC ini dapat mengakibatkan tipisnya lapisan ozon di atmosfer sehingga akan berdampak buruk pada iklim yang menjadi tidak menentu. Dampak dari menipisnya lapisan ozon adalah tidak adanya perlindungan terhadap sinar Ultraviolet. Selain itu, suhu, cuaca dan iklim juga menjadi sangat tidak menentu. Sekarang ini sudah mulai terasa efek negatif dari AC. Iklim yang kurang bersahabat dan tidak teraturnya cuaca. Meskipun begitu, AC di jaman sekarang ini sudah banyak yang menggunakan zat yang dapat meminimalisir penipisan lapisan ozon tersebut. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa lapisan ozon tersebut dapat bocor karena pendingin udara ini tetap menghasilkan gas CFC meski dalam jumlah yang jauh lebih sedikit.

2. Plastik

Plastik juga dapat menjadi salah satu senjata ampuh untuk merusak alam dan sekitarnya. Banyak benda sekarang ini yang memiliki bahan dasar plastik. Hal ini dikarenakan bahan plastik yang murah dan sangat mudah untuk dibentuk. Selain itu karakteristiknya yang lentur dan kuat juga menjadi alasan tersendiri kenapa banyak produsen tetap memproduksi plastik dalam jumlah yang sangat banyak. Tidak hanya untuk bungkus makanan saja, plastik juga digunakan untuk perabot rumah tangga lainnya seperti handphone, piring, gelas, bodi motor, perangkat elektronik, dan masih banyak lainnya.

ilustrasi sampah plastik

Riset telah membuktikan bahwa penggunaan plastik ini dapat berdampak buruk bagi lingkungan jika tidak ditangani dengan serius. Plastik bersifat non-biodegradable material atau sulit untuk diuraikan. Perlu waktu berpuluh-puluh bahkan ratusan tahun untuk membuatnya benar-benar terurai dengan tanah. Meskipun telah terurai material plastik ini masih dapat mencemari tanah ataupun air di sekitar plastik tersebut. Bisa dibayangkan jika tanah dan air sudah tercemar sampah plastik ini. Bisa dipastikan bahwa tanah tersebut sudah tidak dapat ditanami tanaman lagi. Selain itu, fauna yang berada di sekitar wilayah tersebut juga akan mati karena tidak memiliki makanan. Bahkan banyak ditemukan hewan laut yang mati dikarenakan mereka menganggap plastik sebagai makanan mereka dan tubuh mereka tidak dapat mencerna plastik tersebut dengan baik.

3. Kendaraan Bermotor

Mudahnya memiliki kendaraan bermotor yang dipicu dari murahnya harga motor terbaru menjadi salah satu kerugian bagi lingkungan. Hal ini memicu lebih banyak karbondioksida yang tercipta akibat proses pembakaran yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor. Yang lebih miris lagi, beberapa perusahaan justru diberikan penghargaan karena prestasinya telah menjual ratusan ribu bahkan jutaan produk kendaraan bermotor mereka ke pasaran. Hal ini seperti menjual mesin perusak masal yang perlahan-lahan akan merusak dan mencemari udara yang ada di sekitar kita, apalagi di kota-kota besar.

Senjata Pemusnah Masal

Asap kendaraan ini akan berdampak buruk bukan hanya bagi lingkungan, namun juga bagi tubuh kita sendiri. Polusi udara dapat merusak dan memicu persebaran penyakit jauh lebih cepat. Sebenarnya hal ini dapat diantisipasi dengan program penanaman pohon. Pohon berfungsi sebagai penyaring udara kota supaya lebih bersih lagi. Namun seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pohon-pohon perindang dan penyedia oksigen di jantung kota malah justru di tebang dengan berbagai alasan. Ilegal logging juga terjadi di hutan-hutan produktif Indonesia yang menyebabkan polusi udara semakin meningkat. Ditambah lagi proses pembukaan lahan dengan cara membakar hutan. Sudah jelas nantinya alam dapat murka jika hal ini terus menerus dilakukan.

Polusi udara yang ditimbulkan kendaraan bermotor patutlah ditanggulangi dengan cara memikirkan energi alternatif seperti yang dilakukan oleh seorang dokter di Indonesia yang menciptakan mobil bertenaga angin seperti yang ada di artikel sebelumnya.

4. Handphone dan Gadget

Ternyata tidak hanya kerugian lingkungan yang ditimbulkan dari berbagai senjata pemusnah masal ini. Kerugian sosial juga timbul akibat senjata pemusnah masal ini. Salah satunya adalah handphone dan gadget. Kecanggihan teknologi yang ada membuat kita terlena akan kemudahan yang dapat kita lakukan dengan satu perangkat yang bernama handphone. Sekarang ini kita justru lebih susah untuk bersosialisasi secara verbal dibandingkan bersosialisasi menggunakan handphone. Banyak orang yang terjebak autisme sehingga melupakan berbagai hal-hal prinsip seperti bersosialisasi kepada sesama secara nyata. Mereka terlalu lama terjebak di dalam dunia maya mereka. Anak-anak kecil juga sudah mulai teracuni dampak negatif handphone ini. Permainan tradisional sudah tidak lagi dimainkan secara nyata di lingkungan sekitar. Lapangan-lapangan selalu kosong karena mereka terlalu asik bermain dengan gadget mereka masing-masing.

Senjata Pemusnah Masal

Banyak anak di jaman sekarang ini menderita kelemahan fisik diakibatkan kurang gerak. Hal ini sudah dapat dipastikan karena dampak dari penggunaan handphone dan gadget lain. Untuk bermain sepak bola saja kita hanya perlu menggerakkan jari-jemari kita. Padahal esensi bermain di luar adalah supaya badan kita bergerak dengan bebas. Dengan terbatasnya gerak tubuh sudah pasti penyakit akan dengan mudah hinggap di tubuh manusia. Kekebalan tubuh akan jauh berkurang karena efek kurang gerak ini. Potensi penyakit mematikan seperti obesitas, diabetes, kanker, jantung dan yang lainnya juga lebih besar menyerang kepada orang yang kurang gerak.

5. Rokok dan Rokok Elektrik

Rokok merupakan salah satu benda yang menjadi sumber penyakit. Sudah sejak lama rokok berada di Indonesia dan meracuni berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa bebas merokok di negeri ini. Padahal sudah jelas tertulis di kemasan rokok tersebut bahwa rokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Seolah-olah perokok tersebut sudah terhipnotis oleh nikmatnya tembakau dari rokok tersebut. Naifnya, perusahaan rokok ini justru sebagai penyumbang keuntungan terbesar bagi negara ini. Sudah jelas bahwa rokok termasuk salah satu senjata pemusnah masal yang aktif menggerogoti kesehatan manusia.

rokok

Untuk mengantsipasi dampak rokok, di tahun 2004 mulailah dibuat rokok elektrik atau e-cigarette. Dimaksudkan bahwa rokok elektrik ini nantinya adalah sebagai pengganti rokok tradisional yang merusak kesehatan. Menggunakan cairan tertentu, rokok ini akan aktif jika anda menghisap ujung rokok elektrik ini. Namun ternyata dampak dari rokok elektrik ini justru jauh lebih besar dibandingkan dengan rokok biasa. Bayangkan saja cairan yang terkandung di dalam rokok elektrik ini mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat merilis data bahwa rokok elektrik ini terkandung cairan Nikotin Sintetis yang dapat berubah menjadi Carbonyl ketika dihisap. Carbonyl inilah yang memicu terjadinya kanker. Selain itu, rokok elektrik juga memiliki kandungan zat kimia bernama Formaldehida yang dapat membahayakan paru-paru manusia. Asap yang dihasilkan dari rokok elektrik ini juga dapat membahayakan kesehatan manusia.

Baca Juga: Indonesia Pencipta Mobil Bertenaga Angin Pertama di Dunia

Kelima senjata pemusnah masal ini memang tidak secara langsung mematikan manusia. Namun sedikit-demi sedikit ia akan menggerogoti dan merusak lingkungan sekitar yang tentu saja akan berdampak pada kehidupan manusia. Oleh karenanya, minimalisir penggunaan kelima benda di atas agar hidup kita semakin sehat dan juga dapat berkontribusi pada kelestarian lingkungan. Hiduplah secara efisien untuk meminimalisir sumber daya yang terbuang sia-sia. Pikirkan juga anak cucu kita nantinya. Mereka yang akan menanggung semua masalah yang diakibatkan oleh kakek-neneknya. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan dan juga membuka kesadaran anda tentang pentingnya hidup sehat. Masih banyak orang yanng mendambakan kesehatan sampai merelakan segala harta yang dimilikinya. Padahal belum tentu uang dapat membeli kesehatan dan kebahagiaan.

Comments

comments