[adsense]Produsen elektronik berlomba-lomba mengembangkan teknologi baru untuk menghemat energi di berbagai perangkat elektronik. Hal tersebut tak lain untuk memenuhi tuntutan konsumen yang semakin sadar akan pentingnya menggunakan energi sebaik-baiknya. Untuk itu inilah ulasan 5 produk yang dapat menghemat listrik rumah Anda.

Sebelum masuk pada detail masing-masing produk, ada baiknya untuk lebih dulu mengenal jenis dan bagaimana merawat produk yang memiliki kemampuan hemat energi, terutama dari sisi listrik. Cara yang paling mudah adalah, jangan terlampau sering memperlakukan produk elektronik aktif kemudian non-aktif dalam waktu cepat atau kurang dari dua detik. Termasuk AC, kulkas dan televisi.

Untuk tempat tinggal yang kerap mengalami pemadaman listrik maka gunakan stabilizer untuk menjaga tegangan listrik ketika hidup sesusai padam, karena ini yang membuat tegangan listrik cukup kuat dan memakan daya lebih tinggi disaat awal. Berikut adalah 5 produk yang dapat menghemat listrik rumah Anda;

LG Hercules Inverter

AC buatan LG dari Korea ini menawarkan penghematan penggunaan listrik sampai 60 persen dengan dasar hasil uji Universitas Indonesia. Konsumen rumah tangga yang berlangganan listrik 2200 watt hanya cukup mengeluarkan Rp 1000 rupiah per hari untuk penggunaan normal 8 jam sehari pada pengaturan suhu 24 derajat Celcius. Suhu pendinginan yang diperlukan rata-rata 745 watt.

AC ini menggunakan inverter BDLC yang menjanjikan efek pendinginan optimal, bersuara halus, dan efisiensi tinggi terutama pada beban rendah. Selain itu, fitur lainnya antara lain triple filter, Jet Cool, filter antivirus, generator ion, auto clean, plasma filter, dan lapisan emas antikorosi.

LG GN-M392CPN

Teknologi yang telah diterapkan LG di produknya ini diklaim bisa menghemat listrik hingga 41 persen dibanding kulkas buatan generasi sebelumnya.

Kulkas itu menggunakan teknologi kompresor linear. Kompresor tersebut bekerja dengan gerakan searah, berbeda dengan kompresor di kulkas pada umumnya yang bekerja dengan gerakan dua arah. Dengan teknologi itulah kulkas berhasil menghemat energi lebih besar.

Pengembangan kompresor juga dilakukan sehingga bisa menghemat energi lebih banyak. Pengembangan dilakukan dengan mengurangi gesekan, mengoptimalisasi kompresi, dan meningkatkan efisiensi. Sementara terdapat pula inovasi sistem buka tutup pintu untuk memastikan tak terjadi pemborosan energi untuk mendinginkan.

Mesin Cuci Sharp

Eco-Drum mengusung konsep mesin cuci tabung tanpa lubang (holeless stainless steel tube). Ia sekaligus menjadi salah satu fitur unik yang ada pada produk ini. Dengan konsep tersebut, diharapkan mesin cuci ini mampu menghemat penggunaan air dan deterjen.

Teknologi ini juga dirancang untuk mampu‚  mencegah jamur hitam memasuki tabung dan melindungi tumbuhnya jamur hitam di pulsator maupun bagian lainnya serta menjaga serat pakaian tidak rusak pada saat mencuci.

Ecodrum juga memiliki fitur fitur Silvermagic Ion Ag+ on pulsator yang efektif membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri dan bau. Ag+ Ion juga melindungi pakaian ketika si pemakai berkeringat dan efektif sampai periode mencuci selanjutnya. Super Aquamagic filter pun diaplikasikan pada seri ini yang memungkinkan mesin cuci untuk menyaring zat besi dalam air penyebab pakaian putih menjadi kuning.

OXONE Aquabelle

Pada umumnya water dispenser itu memiliki kekurangan di pengeluaran listrik yang agak besar, tapi setelah memakai dispenser ini anggapan itu mulai menghilang, dispenser ini hemat listrik.

TV Toshiba Regza AL10

Teknologi LED backlight yang dimiliki oleh Regza AL10 memiliki berbagai keunggulan, yakni menghasilkan gambar dengan kontras yang tajam, namun mengkonsumsi energi minim. Selain itu, konsep desain minimalis nan ramping Regza AL10 mempermudah konsumen menempatkannya di ruang manapun di rumah.[adsense2]

Comments

comments