Perkembangan teknologi gadget sekarang ini telah sampai pada level yang sangat mengagumkan. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai fitur menarik yang terdapat pada perangkat sekecil handphone. Berbicara mengenai teknologi smartphone saat ini sangatlah berkembang dengan cepat. Sampai-sampai hampir setiap bulan terdapat produk smartphones baru dari berbagai merk. Salah satu perusahaan biang pembuat kemajuan ini tidak lain adalah perusahaan prosesor Qualcomm sebagai otak dari berbagai ponsel di dunia.

Oleh karena ketatnya persaingan pabrikan dalam mengembangkan piranti ponsel mereka, maka di tahun 2015 yang akan datang diperkirakan berbagai fitur canggih lainnya juga turut bermunculan. Apa sajakah teknologi terbaru untuk masa depan yang nantinya akan ditanamkan di smartphone? Penasaran, oke silahkan simak poin-poin berikut  5 Perubahan smartphones yang akan datang di 2015

1. Merebaknya Video beresolusi 4K
Ponsel di tahun mendatang nantinya akan memiliki resolusi di atas Full HD 1080p, yakni disebut dengan Quad HD (2560 x 1440). Resolusi ini jauh di atas Full HD yang mana sudah sangat memanjakan mata kita. di atas Quad HD, masih ada lagi resolusi yang digadang-gadang akan melampaui kualitas resolusi tertinggi tersebut. 4K video (4096 x 2160) merupakan resolusi yang akan mulai direalisasikan di masa depan.

1

Perkembangan prosesor Snapdragon 810 akan merambah adanya penciptaan resolusi dahsyat tersebut. hal ini juga akan memungkinkan seseorang untuk melakukan streaming menggunakan resolusi 4K tersebut. Sungguh akan menjadi pengalaman menonton Video yang bisa dikatakan mendekati kenyataan.

2. Mulai berkembangnya kamera ber-optical zoom.
Sekarang hanya kamera digital dan kamera professional lainnya yang memiliki fitur optical zoom. Hanya segelintir Smartphone yang memiliki optical zoom. Katakan saja Samsung K zoom. Namun dimensi ponsel ini sungguh tidak mencerminkan sebuah ponsel. Jika dilihat dari belakang jauh lebih layak disebut dengan kamera digital ber-operating system Android.

2

Kedepan, kemampuan mengambil gambar dan video melalui ponsel akan jauh melebihi kamera DSLR di masa sekarang ini. Menggunakan chipset Qualcomm, kamera ini nantinya akan memiliki kekuatan yang mengimbangi kemampuan kamera professional yang akan ditanamkan ke dalam ponsel.

3. Merekam audio sesuai objek yang kita kehendaki
Salah satu hal yang masih menjadi perbincangan adalah terkait dengan masalah rekam suara. Beberapa orang kebingungan untuk menentukan kea rah mana arah perekaman mereka. Nantinya kita dapat menentukan sendiri kea rah mana sajakah ponsel kita seharusnya focus menangkap suara. Suara yang lainnya akan diminimalisir sebagai suara background.

3

4. Menggantikan peran PC
Dengan berkembangnya prosesor ponsel k performa yang jauh lebih baik dan semakin efiisien daya, tidak dapat dipungkiri nantinya peran PC akan digantikan oleh ponsel pintar kita. perangkat wireless juga sudah banyak terdapat dipasaran, dengan menggunakan prosesor Qualcomm 810, nantinya proses streaming video beresolusi 4K akan sangat cepat. Hal ini dikarenakan kemampuan prosesor ini sudah melampaui kemampuan streaming standar pada umumnya. Sambungkan ponsel kamu ke keyboard dan mouse, maka PC kamu akan tergantikan dengan perangkat ponsel yang sudah sangat praktis untuk dibawa kemanapun.

4

5. Pengalaman game seperti menggunakan game konsol
Pada akhirnya ananti, perangkat smartphone Android akan dapat menggantikan peran game konsol. Kualitas pemrosesan gambar yang sangat baik yang didukung oleh penggunaan resolusi video 4K akan menjadikan pengalaman gaming yang sangat luar biasa. Sambungkan dengan perangkat monitor, maka ponsel kamu akan menjadi konsol game yang sangat menarik perhatian.

5

Keseluruhan inovasi tersebut masih sekedar angan-angan pada saat ini. Namun suatu saat nanti kemungkinan akan hadirnya hal menakjubkan tersebut dapat terjadi. Tergantung dengan kemampuan pengembang untuk menerapkan berbagai kemudahan tersebut atau tidak. Kami yakin, di masa yang akan datang peran smartphone lebih dari sekedar alat komunikasi belaka.

Comments

comments