Android-Lollipop
Android-Lollipop | http://i.kinja-img.com/

Pihak Android akhirnya melepaskan operating system terbarunya yang diberi nama Lollipop. Memang belum banyak smartphone yang menerimanya, tapi sudah ada beberapa cerita yang mengisahkan ketidaksempurnaan Android Lollipop.
Beberapa pengguna yang telah mencicipi merasakan cerita pahit atas penggunaan Android versi 5.0 ini. Google biasanya selalu memperbaiki dan menambah sejumlah fitur dari OS sebelumnya. Selain hal tersebut, mereka juga merubah desain dari tampilan perangkat. Namun sayangnya, banyak pengguna yang malah melaporkan masalah-masalah yang mereka alami setelah melakukan upgrade ke Android Lollipop.
[listingterkait judul=’Android Lollipop’]
Berikut ada beberapa cerita pahit pengguna soal bug yang ditemui di Android Lollipop:
1. Video YouTube
Bug yang dimaksud terasa saat pengguna Nexus 7 versi tahun 2013 menjalankan aplikasi YouTube dan memutar salah satu video di dalamnya. Dalam kondisi sambungan internet lancar, seharusnya video akan segera bisa ditonton. Namun setelah mengupdate perangkatnya ke Lollipop yang didapat malah pesan ‘problem while playing’. Belum jelas apakah masalah ini hanya terjadi saat melakukan streaming video dari YouTube atau juga berlaku untuk semua file video.

2. Kamera
Kamera di perangkat Nexus dilaporkan tak bisa diakses alias error dengan satu pesan singkat ‘Can’t Connect to the camera’. Beberapa pengguna yang sudah me-reboot Nexus dan bisa masuk ke kamera ternyata juga harus menghadapi beberapa masalah lagi, yakni tak bisa menyalakan fitur flashlight.

3. SMS
Sejumlah pengguna Nexus 4 dan 5 mengeluhkan kalau mereka tak bisa mengirim SMS setelah memperbarui perangkatnya ke Android Lollipop. Masalah ini menimpa sejumlah pengguna Nexus 4 dan 5 yang menggunakan operator-operator tertentu seperti Vodafone Belanda, India, dan Mobistar Belgia. Ketika mengirimkan SMS, mereka hanya mendapatkan pesan ‘Error Code 38’.
Sebenarnya ini adalah masalah yang kerap terjadi setiap perilisan OS anyar — tak cuma Google, dan Lollipop adalah salah satunya. Banyak pengguna Nexus 5 dan 10 mengeluhkan bahwa koneksi internetnya sering terputus tanpa sebab ketika menggunakan WiFi. Ada juga yang mengeluhkan kalau perangkatnya tak bisa menangkap sinyal WiFi dari router tertentu, padahal perangkat lain bisa menerima sinyal yang sama tanpa ada masalah.

4. Baterai Boros
Permasalahan baterai boros dialami oleh sejumlah pengguna Android Lollipop yang merasakan bahwa konsumsi baterai perangkatnya jadi terlalu boros setelah menggunakan OS ini. Hal ini berkaitan dengan masalah WiFi yang sudah disebutkan sebelumnya, karena perangkat akan terus-terusan mencari sinyal WiFi yang akan membuat baterai menjadi boros.
Namun ada juga yang menyebutkan bahwa ini disebabkan oleh ketidakcocokan antara OS anyar tersebut dengan sejumlah aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Android Lollipop versi awal di Nexus 5 pun sebenarnya pernah mempunyai masalah yang serupa, tapi Google telah berhasil memperbaikinya.

5. Kompabilitas dengan Adobe Air
Beberapa pengguna juga menyatakan bahwa mereka tak bisa menggunakan aplikasi yang berbasis Adobe Air. Ketika mereka membuka aplikasi berbasis Air, maka akan muncul pesan error berbunyi ‘Unknown error code during application install: “-505″‘.
Air adalah aplikasi yang membolehkan developer untuk memanfaatkan Adobe Flash dan Dreamweaver untuk menciptakan software lain. Game yang memanfaatkan Air antara lain adalah Machinarium, Hero Mages, dan Empire Four Kingdom. Sementara untuk aplikasi non game antara lain Instaweather Pro, dan Conqu.

PriceArea menghadirkan handphone keluaran terbaru dengan harga yang terjangkau. Cek harga handphone Himax, HP Samsung terbaru, dan harga handphone Oppo nya untuk memenuhi kebutuhan Anda menggunakan smartphone canggih dan berkualitas.

Comments

comments