Salah satu hal yang banyak disukai orang dalam sebuah kegiatan adalah adanya tampilan video slideshow. Bagaimana tidak, dengan adanya sebuah video slideshow yang menarik, suatu acara akan menjadi lebih berwarna.

Apakah acara tersebut adalah acara pesta ulang tahun, pernikahan, pertunangan, reuni, atau hari jadi kantor atau sekolah, video slideshow yang keren akan membuat bisa menarik banyak perhatian penonton. Mereka akan terbawa dalam suasana, nostalgia, dan pesan yang disajikan lewat video slideshow tersebut.

Hanya saja, membuat video slideshow tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena ada banyak hal yang harus diperhatikan. Walaupun kini sudah banyak aplikasi dan juga situs untuk membuat video slideshow dengan mudah, tapi tidak semua orang bisa membuat video slideshow keren.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat video slideshow yang keren.

1.  Tentukan hasil akhir

Tentukan hasil akhir dari video slideshow. Terutama soal format dan resolusi yang diinginkan. Apakah video slideshow akan ditayangkan di TV, laptop, desktop, tablet, atau smartphone. Apakah ditayangkan di layar besar atau di layar kecil. Pertimbangan itu semua akan sangat berpengaruh pada hasil akhir. Jika kita akan menayangkan di layar besar, maka resolusi hasil akhir dari video slideshow harus berukuran besar, namun untuk layar kecil, tidak perlu terlalu besar. Sementara itu kita juga perlu menentukan format video slideshow. Apakah avi, mp4, mov, atau format lainnya. Yang pasti, format tersebut haruslah sesuai dengan gadget yang akan kita gunakan untuk menayangkannya.

2.  Pilih gambar beresolusi tinggi

Gambar yang dipilih untuk video slideshow haruslah yang beresolusi tinggi. Jangan sampai kita menggunakan gambar dengan resolusi kecil karena nantinya gambar akan menjadi kurang berkualitas di hasil akhir video slideshow. Menggunakan gambar beresolusi kecil akan membuat gambar pecah-pecah, pixelated, buram, dan bahkan rusak, sehingga mengganggu tayangan video slideshow.

3.  Atur tempo dan durasi

Tempo setiap foto perlu dipertimbangkan dengan baik. Jangan terlalu lama karena akan membuat seseorang kehilangan fokus ketika menonton. Tapi jangan juga terlalu cepat menampilkan setiap fotonya. Hal ini karena hal tersebut bisa membuat penonton kurang bisa melihat foto demi fotonya.

Tidak hanya tempo, tapi atur juga durasi video slideshow sehingga tepat. Video yang terlalu panjang akan membuat banyak orang bosan. Sementara video yang terlalu pendek akan membuat orang-orang kurang terkesan akan video slideshow tersebut.

4.  Tambahkan elemen lain

Untuk membuat video slideshow menjadi lebih menarik, kita bisa menambahkan beberapa elemen lain di dalamnya. Yaitu musik dan teks. Musik bisa disesuaikan dengan tema video slideshow. Untuk acara pernikahan, pertunangan, kita bisa menggunakan musik yang romantis. Sementara untuk acara ulang tahun, kita bisa menggunakan musik yang gembira.

Tidak hanya musik, kita juga bisa menambahkan teks di dalamnya. Kita bisa menambahkan teks berupa kutipan kata-kata mutiara, atau bahkan sedikit cerita di belakang foto yang ditampilkan. Yang pasti teks tidak boleh terlalu panjang sehingga menutupi gambar. Teks juga harus bisa dibaca dengan jelas.

5.  Gunakan aplikasi dan situs yang mudah digunakan

Tidak perlu menggunakan aplikasi atau software yang rumit untuk membuat video slideshow. Kini sudah ada situs atau aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan. Kita juga bisa menggunakan beragam template yang ada. Ditambah lagi adanya pilihan stok gambar, fitur, font, elemen, hingga musik gratis yang bisa digunakan. Ada juga beberapa pilihan format yang bisa didownload dengan mudah. Jenis aplikasi atau situs yang lengkap inilah yang perlu kita gunakan untuk membuat video slideshow.

Comments

comments