Kemajuan teknologi yang sangat pesat yang kita alamai saat ini membuat usia sebuah gadget sangatlah singkat. Dulu, handphone dibilang handphone “jadul” setelah memiliki usia diatas 5 tahun, namun saat ini handphone berusia dua tahun saja sudah dianggap sangat kuno. Tapi jangan salah, meskipun handphone keluaran tahun 2010 – 2013 sudah dianggap handphone kuno, namun ada beberapa produk dari tahun itu yang memiliki kualitas kamera yang sangat mumpuni yang bahkan digadang-gadang mampu menyaingi kualitas kamera DSLR. Mungkin banyak orang yang menyepelekan handphone keluaran 2-3 tahun lalu namun sejatinya, ada banyak handphone yang dikeluarkan pada tahun 2011 sampai 2015 yang memiliki kualitas kamera yang cukup istimewa.

Nampaknya hampir semua brand baik yang memiliki OS Android maupun Windows memiliki produk yang dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi. Produk handphone lawas yang memiliki kamera yang mumpuni antara lain adalah:

1. Nokia N8

Nokia saat ini lebih kita kenal dengan nama Microsoft Lumia, dan handphone ini adalah handphone yang belum menggunakan OS Windows sebagai platformnya. Handphone ini dilengkapi dengan kamera utama berlensa Carl Zeiss Optic berkekuatan 12 MP. Selain itu kamera ini memiliki fitur modern seperti ND filter, geo tagging, deteksi wajah dan Xenon flash.

2. Alcatel X Scribe

Handphone ini memang tidak terlalu terkenal di Indonesia namun handphone ini adalah salah satu handphone lawas yang memiliki kamera berkualitas tinggi. Handphone ini dilengkapi dengan kamera 12 megapiksel berkualitas tinggi yang mampu menghasilkan gambar yang cukup istimewa.

3. ZTE Grand S

Handphone besutan pabrikan dari Tiongkok ini dilengkapi dengan kamera 13 MP yang sudah disokong oleh fitur autofocus, LED flash dan Full HD video recording. Sebuah kamera yang bahkan susah ditandingi oleh produk paling baru sekalipun.

4. HTC Titan II

Produk HTC memang baru dikenal di Indonesia dalam kurun waktu dua tahun terakhir, namun handphone ini memiliki kualitas kamera yang bisa dibilang istimewa. Handphone ini dilengkapi dengan kamera 16 MP dan dual LED flash di bagian belakang, cukup hebat bukan?

5. Nokia 808 Pure View

Baca Lainnya: Trik Fotografi Keren dengan Kamera Handphone Kamu

Dari sekian banyak handphone lawas yang dianggap memiliki kamera berkualitas, mungin handphone ini adalah salah satu yang terbaik. Dengan kamera 41 megapixel dan segala fitur seperti LED flass, geo tagging dan lainya, handphone ini mungkin saja adalah handphone dengan kamera terbaik di dunia.

Comments

comments