Mempunyai mobil menjadi hal yang cukup penting mengingat mobilitas kehidupan sekarang sangatlah tinggi. Apalagi jika anda sudah berkeluarga, tentunya mobil akan lebih nyaman dari pada sepeda motor. Nah, saat ingin membeli mobil tapi uangnya tidak memungkinkan, mobil bekaslah solusinya. Membeli mobil bekas memang tak semudah membeli mobil yang baru. Jika ingin membeli baru, anda cukup datang ke dealer lalu memilih mobil yang diinginkan, melakukan transaksi, maka mobil sudah bisa dibawa pulang. Kualitasnya pun sudah tidak diragukan lagi karena itu baru. Bagaimana dengan mobil bekas atau second? Ada beberapa detail yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas. Berikut 5 hal diantaranya:

Membeli Mobil Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini

1. Kondisi Fisik Kendaraan

Body Mobil Bekas

Hal inilah yang perlu dilakukan pertama kali. Mungkin semua orang tanpa diberi tahu sudah melakukan hal ini. Kondisi fisik biasanya sangat berpegaruh terhadap minat membeli dan tentu saja harga. Biasanya banding harga mobil salah satunya bisa dengan cara mengecaek kondisi fisk dari kendaraan. Anda bisa melihat body kendaraan apakah mulus atau ada cacat. Tidak hanya bagian luar, bagian dalam pun perlu dicek untuk memastikan kondisinya benar-benar bagus atau tidak.

2. Kondisi Mesin Kendaraan

Kondisi mesin juga penting untuk dites dalam membeli mobil bekas berkualitas. Biasanya orang akan langsung tertuju pada usia kendaraan. Jika mobil semakin muda usianya maka mesinnya labih bagus daripada yang lebih tua. Tidak sesederhana itu sebenarnya. Usia mobil tidak menentukan kondisi mesin. Biasanya itu tergantung dari pemakaian dan perawatan kendaraan dari pemiliknya. Dengan begitu, hitung-hitungan kilometer pada spidometer pun tidak lagi menentukan karena itu bisa direkayasa.

Mesin Mobil Bekas

Memastikan kondisi mesin bisa dilakukan dengan cara melakukan test drive. Dengan mengemudikan langsung mobil yang akan anda beli, anda sudah bisa tahu kinerja dari mobil tersebut, baik kecepatan, akselerasi, pengereman, suspensi, kelistrikan, dan lain sebagainya. Kalaupun tidak, anda bisa mengeceknya dengan menghidupkan mesin mobil. Jika suaranya halus dan tidak ada suara-suara aneh, maka mobil itu mesinnya masih bagus.

3. Cek Riwayat Mobil

Kelengkapan Mobil Bekas

Ini juga sangat penting untuk dilakukan. Sebelum membeli mobil bekas, pastikanlah bahwa secara administrasi mobil itu beres. Catatlah nomor mesin kendaraan, nomor rangka dan plat nomor. Lalu cocokkan dengan surat-surat mobil tersebut. Jika sudah sesuai maka mobil itu bisa dibilang ‘sah’. Jika anda masih kurang yakin, anda bisa melacak langsung dikepolisian tentang keabsahan surat-surat kendaraan tersebut.

4. Cek Riwayat Servis Mobil

Mobil Bekas

Sayangnya, hal ini hanya bisa dilakukan pada mobil-mobil yang usianya belum terlalu tua. Mungkin tahun 2000an masih bisa. Tentu setelah servis di bengkel resmi, pemilik mobil akan mendapatkan bukti servisnya. Anda bisa melihat apa saja yang pernah diperbaiki atau diganti, seperti ban atau bahkan mungkin mesin.

5. Membeli di Orang yang Bisa Dipercaya

Tips membeli Mobil Bekas

Membeli dari satu tangan ke tangan yang lain beresiko lebih tinggi daripada membeli ke dealer resmi. Jika anda membeli ke dealer, jika ada kerusakan atau cacat yang disebabkan karena kesalahan produksi, anda bisa langsung minta tanggung jawab kepada dealer yang bersangkutan. Nah, inilah perlunya membeli pada orang yang bisa dipercaya, atau anda kenal. Jika sewaktu-waktu ada cacat pada mobil, anda bisa langsung tanyakan ke pemilik sebelumnya. Anda juga bisa membicarakan tentang cara merawat mobil yang dibeli pada pemilik sebelum anda yang tentunya tahu luar dalam dari mobil itu.

Baca Juga: 10 Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Baru 2015

Sedikit tips di atas semoga dapat membantu anda untuk merencanakan membeli mobil bekas. Sebaiknya anda mengajak seseorang yang paham mengenai mobil sebagai bahan pertimbangan dan juga untuk mengetahui kondisi nyata mobil tersebut. Nah, sekarang sudah tahu kan tipsnya, selamat berburu mobil bekas yang masih oke.

Comments

comments