Islam telah berkembang menjadi agama terbesar di Indonesia dengan sebagian besar penduduknya adalah muslim. Kita tahu Islam dalam pertama kali kemunculannya ada di daerah timur tengah tepatnya di jazirah Arab. Perkembangan Islam ternyata tidak saja berpengaruh dalam hal spiritual manusia saja, tetapi juga ranah kebudayaan, termasuk pakaian. Sejak Islam berkembang di Indonesia, masyarakat pun mulai memakai baju Islami yang khas timur tengah, mulai dari hijab untuk perempuan dan gamis untuk laki-laki dan perempuan.

Hari ini, seiring dengan perkembangan zaman, mode pakaian timur tengah juga ikut mengalami perubahan. Hal tersebut juga akhirnya mempengaruhi trend berbusana masyarakat Indonesia yang sebagian besar adalah pemeluk Islam. Salah satu baju ‘kebesaran’ umat Islam adalah gamis. Gamis banyak dipakai karena dianggap mampu menutupi seluruh aurat bagi perempuan. Tidak seperti dulu, zaman sekarang gamis telah mengalami banyak sekali perubahan dari segi model dan bahan. Terhitung setiap tahun pasti ada saja model gamis terbaru yang menjadi tren di masyarakat kita. Apa tren untuk tahun Ramadhan 2015 ini? Jangan sampai anda ketinggalan mode, berikut ini 5 gamis ala Timur Tengah terpopuler di Indonesia.

Gamis Ala Timur Tengah Untuk Lebaran

1. Gamis Warna Pelangi

Gamis Ala Timur Tengah

Gaya gamis timur tengah yang sedang populer saat ini, pertama adalah gamis warna pelangi. Perpaduan banyak warna dalam satu gamis membuat orang yang memakainya akan terlihat ‘menyala’. Gamis warna pelangi ini lebih banyak memadukan warna pelangi, seperti merah, ungu, biru, hijau, dsb. Selain itu terdapat kombinasi warna palet juga yang cerah sehingga menghasilkan perpaduan yang menarik. Gamis ini sangat cocok untuk iklim Indonesia yang panas, mirip dengan timur tengah. Sifatnya yang santai dengan warna-warni yang cantik membuat gamis warna pelangi dapat digunakan sehari-hari dengan nyaman. Anda bisa memadukannya dengan blazer berwarna cerah kesukaan anda. Walaupun menghasilkan warna yang kontras tetap saja menarik dipandang. Sedangkan untuk hijab, anda bisa memakai model pasmina ataupun model hijab besar dengan bagian belakang yang panjang. Jika anda tidak menyukai hijab yang besar, anda bisa juga menggunakan model hijab tanpa rumbai-rumbai. Sebaiknya sebelum memilih gamis warna pelangi, ambillah gamis yang terbuat dari bahan yang udah menyerap keringat agar tidak gerah saat dipakai.

2. Gamis Hitam Putih

Gamis Ala Timur Tengah

Bagi anda yang tidak suka dengan warna yang terlalu mencolok, bisa mencoba gamis ala timur tengah dengan warna hitam dan putih. Kedua warna tersebut merupakan warna netral dan bisa dipasangkan dengan warna apa saja. Warna hitam dan putih juga sesuai untuk semua wanita. Model ini hanya memadukan dua warna: hitam dan putih. Sementara itu, tidak banyak aksesoris dan motif tambahan sehingga terkesan sederhana. Meskipun begitu, gamis warna hitam putih bisa terlihat elegan jika anda bisa memadu-padankan gamis dengan sedikit aksesoris. Misalnya saja menggunakan pita warna putih yang diikatkan pada lengan kanan dan kiri anda untuk memberi aksen yang manis. Sebaiknya memilih bahan untuk gamis ini terbuat dari katun yang lembut karena warna hitam kita tahu sangat mudah menyerap panas. Bahan katun yang mudah menyerap keringat akan membuat anda nyaman karena tidak akan merasa gerah saat memakainya.

3. Gamis Abaya

Gamis Ala Timur Tengah

Gamis Abaya adalah salah satu yang paling digemari oleh masyarakat timur tengah dan juga banyak digunakan oleh perempuan Indonesia. Warna dasar Abaya adalah hitam yang sangat populer di daerah arab dan sekitanya sana. Di Indonesia sendiri, biasanya Abaya dihiasi dengan beberapa aksesoris pemanis seperti payet dan bordir. Bisa juga gamis Abaya ini berwarna polos dengan hijab berwarna hitam pula. Kebanyakan yang sudah mengenakan Abaya adalah ibu rumah tangga ataupun perempuan yang ingin tampil berbusana syar’i. Kita tahu Abaya ini cukup longgar dan menutup semua aurat. Biasanya orang memasangkan gamis Abaya ini dengan hijab yang besar. Namun, jika anda ingin tampil lebih modis lagi menggunakan Abaya, bisa menggunakan hijab pasmina. Gamis model ini sangat sederhana dan tidak ribet sehingga banyak disukai oleh perempuan Indonesia.

4. Gamis Aksen Renda dan Brokat

Gamis Ala Timur Tengah

Sebenarnya kain brokat sering digunakan sebagai bahan kain kebaya. Namun, kali ini brokat disandingkan dengan gamis yang ala timur tangah. Hasilnya cukup menawan dengan brokat menghiasi bagian tubuh atas sementara gamis menjulur ke bawah sampai mata kaki. Gunakan hijab dengan model khimar atau bergo sehingga dapat membuat penampilan anda semakin maksimal. Bagi anda yang suka dengan warna cerah, bisa memadukan dua atau lebih warna cerah, misalnya putih dengan pink. Dua warna tersebut bisa membuat anda terlihat lebih muda. Gamis dengan aksen brokat ini juga bisa anda tambahkan aksesoris pendukung seperti renda di bagian-bagian tertentu, misalnya saja pinggang. Gamis model ini sangat cocok untuk anda yang ingin selalu tampil cantik di setiap kesempatan karena Gamis dengan aksen brokat bisa digunakan untuk momen resmi maupun santai.

5. Gamis 3 in 1

Gamis Ala Timur Tengah

Namanya memang agak sedikit nyentrik, ‘3 in 1’. Tapi gamis model ini memang sedang disukai oleh perempuan Indonesia, khususnya yang tinggal di kota besar. Gamis model ini memudahkan gerak anda sebagai wanita yang memiliki aktifitas segudang. Gamis ini memiliki bawahan yang lebar sehingga membuat gerak anda semakin leluasa, sangat cocok untuk perempuan sibuk di kota-kota. Selain itu, gamis yang terbuat dari bahan katun membuat anda merasa nyaman saat memakainya karena bahan katun dikenal adem dan cepat menyerap keringat. Agar anda terlihat lebih segar dan enerjik, gamis ini bisa dipasangkan dengan hijab menggantung yang simpel dan mudah dibuat. Untuk bagian atasnya, ana bisa menggunakan blazer panjang sampai ke bawah pinggang. Dengan kreatifitas anda juga bisa memadukan tiga warna sekaligus agar membuat gamis terlihat semakin sempurna. Gamis ‘3 in 1’ bisa sangat cocok digunakan untuk santai karena modelnya yang cukup sederhana. Tetapi, anda pun bisa memakainya untuk acara yang formal seperti pesta nikahan. Tentu saja dengan beberapa tambahan aksesoris dan aksen agar penampilan anda terlihat makin elegan.

Baca Juga: 5 Busana Muslim Cantik Terbaru Untuk Bulan Puasa

Itulah 5 model gamis ala timur tengah yang sedang populer di Indonesia. Semua gamis ala timer tengah memiliki karakteristik lebar dan longgar. Selain itu, biasanya bahan yang digunakan yang mudah menyerap keringat. Hal ini karena kita tahu di timur tengah sana udara sangat panas, bahkan lebih panas daripada di Indonesia. Maka dari itu, banyak orang Indonesia sangat menyukai gamis ala timur tengah karena ‘kecocokan’ iklim tersebut. Untuk harga gamis ala timur tengah, biasanya setara dengan model gamis lainnya. Harga juga tergantung dengan kualitas bahan, aksesoris tambahan dan tentu saja brand. Biasanya, harga standar untuk gamis ala timur tengah berkisar antara Rp. 250 ribu – Rp. 400 ribu.

Comments

comments