Semakin banyaknya produk ponsel Android murah membuat banyak orang mendapatkan akses lebih luas pada Smartphone ini. Akses yang lebih luas ini tentu saja adalah hal yang baik bila dilihat dari sisi keterbukaan informasi, namun jika dilihat dari sisi attitude dalam menggunakan Smartphone, semakin banyaknya Smartphone yang ada di pasaran maka akan semakin banyak pula orang yang “autis”. Di zaman modern ini kita memang tidak bisa hidup tanpa Smartphone, selain itu Smartphone modern saat ini memang memiliki fungsi yang sangat banyak jadi tidak heran bila makin banyak orang ketergantungan terhadap Smartphone mereka. Hal ini tentu saja bukanlah hal yang bisa dianggap baik namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindarkan diri kita dari ketergantungan ini.

Ketagihan Smartphone

Cara yang harus kita tempuh sebenarnya tidak sulit, hanya saja komitmen yang harus kita berikan memang cukup besar untuk menghindari ketergantungan ini. Adapun cara-cara sederhana yang bisa kita gunakan untuk menghindari ketergantungan pada Smartphone antara lain adalah:

1. Atur Jadwal Kontak

Maksud dari hal ini adalah kita bisa memberikan informasi pada teman-teman dan keluarga kita jam berapa saja kita tidak akan bisa dihubungi. Dengan demikian, jika handphone tidak berbunyi, mau tidak mau kita tidak akan memegang handphone kita.

2. Batasi Pembelian Kuota Data

Cara ini adalah salah satu cara yang paling ampuh dalam mengurangi penggunaan Smartphone. Dengan data yang terbatas, orang-orang “dipaksa” untuk lebih bisa memilih kepentingan mana yang memang harus melibatkan handphone dan tidak.

3. Kurangi Menginstal Aplikasi Game dan Social Media

Salah satu hal yang membuat orang sangat susah lepas dari Smartphone mereka dalah game dan media sosial. Dengan tidak menginstal aplikasi-aplikasi tersebut, kita bisa mengurangi penggunaan Smartphone kita dan bahkan mungkin kita bisa mengurangi keterlibatan kita dengan internet.

4. Batasi Waktu Percakapan

Hindari berbicara melalui handphone dalam waktu yang sangat lama. Jika perlu kita bisa menyeting alarm untuk mengingatkan batasan waktu yang kita inginkan. Selain karena tidak baik berbicara di handphone terlalu lama, hal ini juga akan mengurangi interaksi langsung kita dengan orang lain.

5. Jangan Letakan Handphone di Meja

Cara ini memang terdengar sepele namun ada banyak kasus dimana orang tidak menggunakan handphone mereka hanya karena mereka tidak ingat dengan handphone mereka. Untuk itu coba letakan handphone anda di laci atau di lemari dimana mata kita tidak bisa menemukan langsung handphone tersebut.

Ketagihan Smartphone

Baca Lainnya: 5 Smartphone Dengan Kamera Depan Harga 1 Jutaan

Cara-cara diatas memang sangat sederhana namun cara-cara diatas terbukti sangat efektif dalam mengurangi interaksi kita dengan Smartphone. Memang benar teknologi adalah sebuah hal yang patut kita nikmati, namun jangan lupa bahwa hal apapun yang keterlaluan bisa berakibat buruk.

Comments

comments