contoh kaos sablon
contoh kaos sablon

Bidang kewirausahaan yang sekarang sedang bertumbuh salah satunya adalah jasa penyablonan kaos. Acara kantor, bingkisan ulang tahun anak, family gathering, ataupun baju angkatan di sekolah dan kampus sering memerlukan jasa tersebut untuk membuat kaos seragam pesanan dalam jumlah banyak. Fenomena inilah yang membuat makin banyak orang yang ingin berwirausaha membuka jasa kaos sablon. Lalu seperti apa cara bikin kaos sablon?

proses penyablonan kaos
proses penyablonan kaos

Namun ternyata menyablon kaos tidak bisa dilakukan oleh tiap orang dengan mudah. Dibutuhkan keahlian dan latihan agar bisa menghasilkan sablon yang benar dan bagus. Mau juga berbisnis dan menghasilkan banyak uang dari menyablon kaos? Simak  5 cara bikin kaos sablon berikut:

A.      MENYETING GAMBAR

  1. Siapkan dulu gambar yang akan diinginkan untuk disablon.
  2. Edit berdasarkan warna masing-masing. Program yang biasanya dipakai untuk penyetingan gambar adalah corel draw dan photoshop.

B.      TAHAP PRA-AFDRUK (SEBELUM PERFILM-AN)

Pada tahap ini terdiri dari pembersihan dan persiapan screen. Untuk cara bikin kaos sablon jenis ini diperlukan alat-alat sablon digital yang meliputi:

  • sabun colek
  • air
  • kain spon

Langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama screen sablon dicuci menggunakan air dan sabun kemudian diusap dengan menggunakan kain spon.
  2. Setelah dicuci, screen harus dikeringkan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari, hal ini diperlukan karena sebelum diafdruk, screen harus benar-benar bersih dan kering agar kaos yang akan disablon lebih maksimal.

C.      TAHAP AFDRUK (PERFILM-AN)

Langkah selanjutnya sebagai cara bikin kaos sablon untuk jualan adalah tahap afdruk atau disebut juga perfilm-an. Tahap ini meliputi pemberian obat, pembakaran screen/pefilm-an, dan pencucian obat pada screen.

Pemberian Obat

Di dalam tahap pemberian obat, kita membutuhkan alat-alat yang berupa:

  • Screen
  • obat afduk
  • kipas angin/blower
  • alat perata screen

Langkah-langkahnya:

  1. Siapkan obat afdruk dengan cara menyampur cairan merah dan putih (dosis sesuai anjuran di kotak box-nya).
  2. Setelah tercampur dengan rata, tuangkan sedikit demi sedikit pada screen dan ratakan setipis-tipisnya.
  3. Keringkan dengan menggunakan kipas angin atau blower. Perlu diperhatikan bahwa dalam proses pengeringan, screen tidak boleh terkena sinar matahari (harus berada di ruang tertutup).

Pembakaran Screen

Setelah itu dilanjutkan dengan pembakaran screen atau pefilm-an, cara bikin kaos sablon pada tahap ini memerlukan beberapa perangkat bantuan seperti;

  • kaca
  • gambar yg telah diedit
  • screen
  • kain dengan warna hitam
  • busa screen
  • papan

Langkah-langkahnya:

  1. Ambil papan terlebih dahulu, taruh busa di atasnya, kemudian taruh kain warna hitam di atas busa.
  2. Taruh screen yang telah disiapkan di atas kain berwarna hitam.
  3. Ambil gambar yang telah diedit dan tempel di atas screen yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak goreng lebih dulu. Hal ini dilakukan agar kertas pada gambar akan tembus sinar.
  4. Yang terakhir adalah taruh kaca di atas screen. Bila diurutkan dari bawah ke atas menjadi seperti ini: papan, busa screen, kain hitam, screen, gambar, kaca.

Penyinaran Screen

  1. Setelah benar urutannya, sinari screen dengan sinar matahari sekitar 3-5 detik, karena jika terlalu lama dalam penyinaran, pefilm-an screen tidak akan gagal.
  2. Setelah disinari, maka screen tersebut harus dicuci untuk membersihkan berkas-berkas obat. Dibutuhkan alat penyemprot untuk membersihkan obat yang tersisa di sela-sela gambar yang terdapat pada screen.

D.      TAHAP PENYABLONAN

Inilah cara bikin kaos sablon yang utama, pada tahap ini, lagi-lagi Anda membutuhkan alat-alat sebagai pendukung pencetakan di media kain antara lain:

  • screen(yang telah difilm)
  • minyak cat
  • cat
  • meja berkaca
  • pengunci screen
  • rakel (alat pengesut)
  • kertas atau kain

Langkah-langkahnya:

  1. Ambil screen dan kunci screen pada meja berkaca.
  2. Campur minyak cat dengan cat.
  3. Taruh kain/kaos polos yang akan disablon di atas meja berkaca.
  4. Tuang cat pada screen secukupnya kemudian kesut menggunakan rakel.

E.       PENGHAPUSAN FILM

Yang dibutuhkan adalah obat pencuci film.

Langkah-langkahnya:

  1. Basahi screen dengan air lalu tuang obat pencuci screen pada screen gosok.
  2. Dengan menggunakan kain spon, bilas screennya.
  3. Keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

Tadi adalah langkah-langkah atau cara bikin kaos sablon secara manual saja. Namun untuk sablon digital, diperlukan lebih banyak alat yang cukup mahal. Sebaiknya Anda mengikuti kursus digital printing lebih dulu, agar bisa menguasai setiap teknik tahapannya.

Anda boleh langsung mencobanya, bisa jadi bisnis ini mendatangkan prospek yang bagus bagi Anda. Mulailah dengan membeli bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk proses cetak, seperti kaos polos dan screen digital alat sablon yang bisa dibeli di alamat url berikut ini http://www.pricearea.com/result/kaos+polos dan http://www.pricearea.com/result/screen+sablon untuk Anda yang berminat juga membeli screen.

Oya, untuk melihat seperti apa jenis sablon yang sudah ada dan sudah dijual maka berikut adalah beberapa contoh jenis kaos dengan teknik sablon timbul ala distro yang stylish untuk dikenakan. Beberapa contoh kaos dengan sblon timbul bisa Anda lihat pada alamat url berikut ini http://www.pricearea.com/result/sablon+timbul. Siap melakukan cara bikin kaos sablon untuk jualan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments

comments