Dengan semakin banyaknya ponsel Android murah di pasaran saat ini, orang makin banyak saja yang memiliki akses kepada handphone Android. Meskipun produk murah sudah banyak yang memiliki kualitas yang cukup baik, namun ada satu permasalahan mendasar yang selalu dimiliki oleh handphone murah. Permasalahan utama yang dimiliki oleh handphone murah adalah kurangnya RAM dan memori untuk menyimpan aplikasi. Hal ini sering menjadi masalah dan selalu menyulitkan untuk para pemilik handphone dengan kapasitas memori yang kecil. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut dan salah satunya adalah dengan mengenali aplikasi apa saja yang sekiranya tidak terlalu penting namun memberikan beban memori yang sangat besar pada handphone Anda.

Ada beberapa aplikasi yang akan memberikan beban memori yang cukup besar pada handphone Anda dan sebaiknya aplikasi-aplikasi tersebut dihindari jika Anda tidak ingin handphone Anda mengalami masalah. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain adalah:

1. Facebook

Facebook

Facebook memang merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak di download di playstore, namun jangan salah, bobot aplikasi ini sangatlah besar dan tidak hanya itu, Facebook juga dianggap sebagai salah satu aplikasi yang paling cepat menghabisakan baterai.

2. Spy-Mode Mail

Spy-Mode Mail

Senada dengan Facebook, aplikasi ini dianggap sebagai aplikasi kedua yang dianggap membutuhkan ruang yang sangat besar. Aplikasi ini tidak begitu krusial untuk beberapa orang, jadi jika memang tidak membutuhkanya, sangat disarankan untuk tidak menginstalnya di handphone Anda.

3. Instagram

Instagram

Selain facebook, salah satu media sosial yang paling terkenal saat ini adalah Instagram. Meskipun banyak orang memilikinya, Anda harus tahu bahwa Instagram menempati urutan ketiga sebagai aplikasi yang paling menguras memori menurut penelitian dari ZD Net.

4. Facebook Pages Manager

Facebook Pages Manager

Bagi Anda yang memiliki aplikasi ini, mungkin Anda harus memikirkan untuk menghapusnya karena aplikasi ini sangatlah berat dan agak kurang dibutuhkan. Namun jika memang membutuhkan, pastikan Anda memiliki ruang cukup luas untuk menginstalnya karena jika tidak, handphone Anda akan sedikit bermasalah.

5. Google Play

Google Play

Aplikasi ini memang salah satu yang paling penting dan semua handphone Android memilikinya. Meksipun sangat penting, hal ini tidak merubah fakta bahwa aplikasi ini memakan banyak sekali ruang pada handphone Anda.

Masih ada beberapa aplikasi lain yang juga dianggap sebagai aplikasi yang sangat memberatkan, namun lima diatas adalah yang dianggap memiliki bobot terberat. Kunci untuk menghindari masalah karena kurangnya memori adalah dengan memilih prioritas Anda. Jika memang aplikasi yang anda inginkan tidak terlalu penting, sebaiknya tidak usah menginstal aplikasi-aplikasi yang justru membuat kinerja handphone Anda semakin menurun dari waktu ke waktu. Dengan mengutamakan prioritas, bahkan handphone murah sekalipun sesungguhnya tidak akan kekurangan ruang untuk menyimpan aplikasi.

Comments

comments