Jengkel, marah, dan cemas. Itulah yang dirasakan ketika kehilangan handphone. Selain mengalami rugi material, perasaan khawatir akan terus melanda atas penyalahgunaan data pribadi yang sensitif, misalkan nomor rekening dan akun internet oleh orang yang menemukan.

Mengamankan-Smartphone
Mengamankan-Smartphone

Kita tentunya tidak bisa menghindari musibah ini, sebab dapat terjadi kapan saja. Namun kita dapat meminimalisir resiko saat akhirnya hal ini datang dengan melindungi data pribadi kita. Bagaimana caranya? Lakukan 4 hal penting untuk keamanan smartphone Anda di bawah ini:

1. Enkripsi Smartphone Anda

Pengguna smartphone Android dapat mengambil keuntungan dari fitur enkripsi yang dimiliki oleh perangkat ini. Untuk mengaktifkan fitur enkripsi smartphone, masuk ke menu Settings lalu menuju ke dalam Security. Di dalamnya, Anda akan menemukan menu Encrypt phone, masuklah ke menu tersebut lalu tap pada tombol Encrypt phone. Setiap produsen smartphone Android mungkin mempunyai tampilan yang berbeda untuk menu Settings-nya. Namun, esensinya masih sama dan menu tersebut pasti ada.

Enkripsi smartphone
Enkripsi smartphone

[listingterkait judul=’keamanan smartphone’]

Hal yang sama dapat Anda lakukan pada perangkat BlackBerry. Untuk mengaktifkan enkripsi, Anda dapat masuk ke dalam menu Settings >> pilihan Security >> dan terakhir ke bagian Encryption. Untuk mengenkripsi perangkat, pilih Device Encryption, sedangkan untuk mengenkripsi kartu memori, Anda dapat memilih Media Card Encryption.

Proses enkripsi ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi pastikan smartphone Anda tersambung dengan sumber daya. Metode pengenkripsian juga memerlukan kata kunci setiap kali Anda menyalakan smartphone, dan ketika gagal, data yang terdapat di dalamnya akan terhapus dan tidak dapat dipulihkan menggunakan software apapun.

Untuk pengguna iOS dan Windows Phone, Anda dapat mengaktifkan fitur lock screen. Meskipun sederhana, tapi fitur ini terbukti cukup aman dalam menjaga smartphone Anda dari orang iseng. Khusus untuk pengguna iOS, dengan adanya teknologi pemindai sidik jari terbaru pada iPhone 5S, perangkat iOS akan secara otomatis terenkripsi menggunakan sidik jari dan akun iCloud Anda.

2. Aktifkan Fitur Find My Phone

Hampir semua smartphone yang menggunakan sistem operasi pintar seperti iOS, Android, Windows Phone, dan BlackBerry 10 mempunyai fitur Find My Phone. Dengan fitur ini, Anda dapat menemukan lokasi handphone menggunakan akun internet pemilik yang terdaftar pada perangkat tersebut.

 Find My Phone

Find My Phone

Pada smartphone Android, Anda dapat menggunakan fitur Android Device Manager. Untuk mengaktifkannya, masuk ke dalam menu Settings >> Security >> bagian Phone administrators. Di dalamnya, Anda hanya perlu mencentang untuk mengaktifkan Android Device Manager. Nantinya, Anda dapat mencari smartphone melalui website ini.

Anda pun dapat melakukan hal yang sama pada perangkat iOS. Caranya cukup mengaktifkan fitur Find My iPhone di menu Settings lalu masuk ke dalam menu iCloud. Masukkan Apple ID Anda dan nyalakan fitur Find My iPhone. Setelah Anda mengatur semua cara tersebut, Anda dapat mencari perangkat iOS melalui aplikasi webnya di iCloud.com atau menggunakan aplikasi iOS Find My iPhone. Pastikan Anda menyalakan pengaturan Find My iPhone pada menu iCloud karena pengaturan ini secara default mati dan harus menunggu konfirmasi Anda.

Bagi para penguna BlackBerry, Anda dapat mengaktifkan fitur BlackBerry Protect yang terdapat di dalam menu Settings. Setelah memasukkan ID BlackBerry, selanjutnya Anda bisa menemukan perangkat BlackBerry Anda melalui website mereka di https://blackberryid.blackberry.com.

Pengguna Windows Phone pun dapat melakukan hal serupa dengan mengaktifkan fitur Find My Phone yang terdapat di dalam menu Settings. Yang Anda perlukan hanyalah sebuah akun Microsoft untuk dapat mengakses aplikasi web yang terdapat di website Windows Phone dan mulai mendeteksi lokasi smartphone Anda.

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak aplikasi pihak ketiga yang bertebaran di aplikasi store setiap sistem operasi yang akan membantu Anda mengamankan data atau menemukan smartphone ketika hilang atau dicuri orang. Sebut saja aplikasi seperti SecureIT Anti-Theft, Hidden, Prey, Cerberus, dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut menawarkan fitur seperti menemukan smartphone, melaporkan kehilangan ke pihak berwajib, serta menghapus data jika perangkat tidak juga ditemukan.

4. Jika Gagal, Erase All

Erase All adalah langkah terakhir yang dapat Anda lakukan guna menghapus semua data yang terdapat di dalam smartphone Anda yang hilang. Untuk dapat melakukan hal tersebut, Anda hanya perlu melakukan cara yang sama seperti saat mencari smartphone menggunakan fitur Find My Phone. Namun, selain Find alias menemukan, Anda juga dapat menggunakan fitur Erase atau Wipe yang terdapat di dalam aplikasi web tersebut.

Erase All Data
Erase All Data

Dengan menggunakan fitur ini, nantinya ketika smartphone Anda terhubung dengan internet, ia akan secara otomatis menghapus semua data yang Anda miliki. Hal ini ditambah dengan proteksi enkripsi yang sebelumnya telah disebutkan yang akan menjamin keamanan data Anda secara maksimal. Yang mengesankan adalah sistem keamanan yang terdapat pada perangkat iOS. Ketika perangkat iOS hilang, Anda dapat menghapus isi dari perangkat iOS tersebut sekaligus membuatnya tidak dapat digunakan lagi selamanya melalui aplikasi web iCloud. Namun sayangnya, belum ada cara untuk mem-bypass keamanan yang disediakan oleh Apple tersebut.

Musibah memang tidak dapat diperkirakan kapan datangnya, tapi kita bisa mencegah hal tersebut dan meminimalisir risiko yang muncul ketika terjadi. Langkah di atas mungkin dapat membantu Anda mengurangi rasa cemas saat Anda kehilangan sebuah smartphone.

Ketahui daftar harga handphone terkini di Pricearea. Khusus merk Xiaomi dan Himax bisa dicari melalui harga handphone Xiaomi dan harga handphone Himax. Dapatkan smartphone dengan harga jual termurah hanya di Pricearea.

Comments

comments