Pertumbuhan teknologi yang sangat cepat memang membawa kemudahan bagi manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Segala urusan bisa selesai lebih cepat ditambah lagi beragam jenis produk digital yang muncul bergantian memperbaharui yang sudah lama. Nah, ketika gadget tipe terbaru muncul bukan tidak mungkin Anda ingin menggantinya, lalu bagaimana cara recycle gadget lama Anda?

4 Cara Recycle Gadget Lama Anda
Ilustrasi-Gadget-Recycle

Produsen gadget tentunya selalu ingin membuat barang yang dapat memuaskan konsumennya. Berbagai fitur canggih dan menarik sudah dibekalkan kepada gadget mereka. Namun, ide-ide kreatif dan jenius dari si pencipta gadget tersebut yang terus bertambah membuat pemroduksian gadget ikut berkembang pula. Alhasil, para konsumen pun ingin membeli gadget terbaru, walaupun sebenarnya mereka masih memiliki gadget lama yang masih bisa dipakai.

Inilah yang menyebabkan bertumpuknya sampah gadget dan fenomena ini terjadi hampir di seluruh dunia. Bisa dibayangkan kan kalau keseluruhan sampah gadget ini dikumpulkan akan menjadi berapa ton? Untuk itulah sebagai manusia yang modern sekaligus peduli lingkungan, kita dianjurkan untuk me-recycle sampah-sampah tersebut untuk ikut membantu jumlah sampah. Pelajari yuk cara recyle gadget lama Anda!

1.  Mereparasi Gadget yang Rusak

Tidak semua gadget yang dijual itu diproduksi dengan sempurna. Ada sebagian besar yang cacat dan tidak lolos tes kelayakan. Ini tentunya berdampak pada penggunaan yang jadi kurang maksimal. Kalau hal tersebut sudah terjadi langkah yang bisa Anda lakukan adalah mereparasi gadget Anda. Sudah banyak tempat khusus yang melayani reparasi gadget dengan tenaga ahli. Waktu yang dibutuhkan memang lumayan lama, bisa sampai seminggu hingga sebulan, tergantung pada tingkat kecacatannya. Namun demi mengurangi jumlah sampah gadget, langkah ini jauh lebih baik.

http://kliknklik.com/blogs/wp-content/uploads/2012/09/smartphone3.jpg

2.   Gunakan Sampai Rusak

Ini merupakan cara recycle gadget lama Anda yang paling ampuh. Mayoritas pengguna gadget itu suka gonta-ganti gadgetnya meskipun masih bagus. Alat elektronik keluaran baru yang lebih canggih lah yang selalu menarik minat mereka untuk memilikinya. Jika sudah ada gadget baru, yang lama pun akhirnya di-‘museumkan’ alias disimpan di dalam almari. Alangkah baiknya kalau kita menggunakan dulu gadget yang sudah ada sampai benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

3. Donasikan Kepada Orang Lain

Langkah ini berlaku saat Anda memang sudah tidak menginginkan gadget lama Anda. Daripada terus menyimpannya di dalam rumah, lebih baik memberikannya secara langsung kepada teman atau kerabat yang sedang membutuhkannya. Atau jika sedang membutuhkan uang, Anda bisa menjualnya. Dengan proses seperti ini, masalah Anda teratasi sekaligus kebutuhan orang lain tercukupi. Menjual gadget ke toko atau tukar tambah yang sering terjadi di Indonesia kurang efektif karena belum tentu barang ini cepat laku dan akhirnya malah menumpuk lagi.

http://tech.co/wp-content/uploads/2012/12/GadgetGiftGuide.jpg

4.   Memanfaatkan Material

Memproduksi gadget itu membutuhkan material yang tidak murah. Untuk menghasilkan perangkat yang apik pastinya perlu material berkualitas bagus. Jika Anda mengerti sedikit tentang mesin alat elektronik, maka ini merupakan salah satu cara recycle gadget lama Anda, yakni dengan membongkarnya kemudian mengambil komponen yang masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan barang lainnya. Langkah ini sebaiknya dilakukan jika kondisi gadget sudah tidak bisa dipakai lagi, jangan membongkar gadget yang masih bisa diperbaiki.

http://www.jagatreview.com/wp-content/uploads/2013/09/QX-100-bongkar.jpg

 

Bukanlah hal yang susah untuk menjalankan keempat langkah tersebut. Karena seiring bertumbuhnya teknologi harus disertai dengan kebijaksanaan dari penggunanya untuk selalu merawat sumber daya yang ada di bumi ini. Sebagai konsumen yang bijak, tidak ada salahnya untuk memulai mengurangi sampah gadget dari diri Anda sendiri. Ajaklah juga orang di sekitar Anda untuk ikut berpartisipasi. Dengan begini bumi kita jadi lebih bersih dan nyaman sebagai tempat tinggal sampai ke anak cucu.

Bagi Anda yang sedang mencari gadget berkualitas bagus dengan harga murah, PriceArea sengaja memberikan alamat url untuk bisa Anda kunjungi guna mendapatkan gadget atau alat elektronik yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mencari beragam jenis gadget Anda bisa kunjungi http://www.pricearea.com/result/gadget, sementara untuk alamat url lain yakni alat elektronik, Anda bisa menggunakan alamat berikut http://www.pricearea.com/result/alat+elektronik.

 

Comments

comments