Home sweet home. Itulah ungkapan yang sering didengar untuk menggambarkan kenyamanan sebuah rumah. Seperti apapun keadaan tempat tinggal kita tetap yang paling nyaman dibandingkan dengan milik orang lain. Rumah adalah tempat kita beristirahat, berkumpul bersama keluarga, bersantai, dan berteduh dari cuaca yang tidak bersahabat.

Sebagai salah satu negara yang dianugerahi iklim tropis, Indonesia lebih sering ditempa oleh cuaca panas, terutama untuk daerah dataran rendah. Meski sudah berlindung di dalam rumah, kita tetap bisa merasakan panasnya cuaca. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti minimnya lubang angin, jendela, atau rendahnya plafon. Keadaan tersebut tentu sangat tidak nyaman dan bisa mengganggu kegiatan kita. Malah bisa jadi kita jadi tidak betah berada di rumah sendiri.

Memasang Air Conditioning atau AC menjadi solusi praktis kebanyakan pemilik rumah. Namun harganya yang mahal, ditambah dengan biaya listrik yang akan naik menjadikannya kurang efektif. Jadi AC bukanlah satu-satunya cara untuk menyiasati masalah ini. Masih ada cara lain yang jauh lebih mudah dan murah. Ini dia 4 cara menciptakan hunian yang sejuk tanpa AC yang bisa Anda coba:

1. Rongga Bawah Atap

Panas datang dari matahari tepat di atas atap. Agar panas tersebut tidak langsung terserap ke dalam rumah, buatlah rongga bawah atap yang dapat mengusir radiasi panas dari area loteng. Cara ini dapat diterapkan pada rumah dengan bentuk atap datar yang menempel ke bangunan tetangga dan efektif juga pada atap berbentuk standar tanpa plafon.

2. Lubang Aliran Udara pada Atap

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan membuat lubang pada atap berbentuk pelana. Namun, bukan membuat lubang sembarang lubang, melainkan lubang aliran udara untuk mengurangi pengap dan panas di dalam rumah. Anda dapat membuat lubang sesuai selera. Misalnya, Anda dapat membuat lubang dengan bentuk segitiga dan kotak, tapi tetap disesuaikan dengan desain rumah. Jumlah lubang angin ini juga disesuaikan dengan iklim lokasi bangunan, seperti di daerah pegunungan tidak memerlukan banyak lubang angin. Lain halnya dengan iklim di daerah perkotaan atau pantai yang bercuaca panas akan membutuhkan lebih banyak sirkulasi udara.

3. Plafon Tinggi

Rumah-dengan-Plafon-Tinggi
Rumah-dengan-Plafon-Tinggi

Sudah bukan rahasia lagi jika ingin menciptakan ruangan sejuk tanpa AC, plafon yang tinggi lah solusinya. Biasanya, tinggi plafon yang Anda perlukan untuk hal ini adalah lebih dari 3 meter atau setara dengan 2 kali tinggi tubuh manusia dewasa. Plafon tinggi akan menjauhkan ruangan di bawahnya dari sumber radiasi.

Anda bisa juga membuat void atau model plafon tinggi yang menerus hingga ke atas lantai dua. Dengan begitu, aliran udara akan lancar dan membuat ruangan terasa lebih lega. Di samping itu, gunakanlah warna yang cerah agar cahaya gampang terpantul dan dapat membuat ruangan menjadi terang.

4. Meminimalisir Jumlah Perabotan

Sebisa mungkin jangan terlalu banyak meletakkan furnitur di dalam rumah bila tak terlalu penting. Juga jangan memilih perabotan yang berukuran besar, karena akan membuat ruangan terasa sumpek. Penataan furnitur pun perlu dipertimbangkan. Tata lah tiap perabotan yang akan membuat ruangan terasa lapang.

Selain hemat biaya, penerapan 4 cara menciptakan hunian yang sejuk tanpa AC tadi juga dapat menghemat energi. Anda berarti dapat ikut berpartisipasi dalam mengurangi jumlah penggunaan energi yang makin membengkak dari tahun ke tahun. Kalau makin banyak orang yang mengikuti cara ini, kita bisa menyelamatkan bumi kita.

Mulailah mengambil cara alami dalam kehidupan kita demi kelangsungan masa depan yang lebih baik. Untuk Anda yang sedang mencari berbagai perlengkapan dekorasi rumah, cobalah untuk mengunjungi PriceArea.com. Dimana anda bisa mencari berbagai kebutuhan rumah dan taman. Selamat mencoba!

Comments

comments