Sepertinya kita boleh berbangga karena diantara persaingan pasar ponsel nasional yang didominasi oleh perusahaan asing, masih ada produsen handphone lokal yang mau bersaing dengan sehat. Memang dari segi penjualan, produk lokal masih kalah saing dengan produk impor yang lebih berpengalaman dengan bisnis ini. Belum lagi stigma yang dipahami oleh masyarakat adalah produk impor selalu lebih unggul dari produk lokal. Akan tetapi, jika mau dibandingkan secara sehat satu lawan satu, produk lokal kita tidaklah kalah dengan mereka.

Handphone Lokal

Bahkan, beberapa ponsel lokal mempunyai keunggulan yang tak dimiliki oleh ponsel buatan asing alias impor. Apalagi jika dibandingkan dengan produk-produk asal Tiongkok, jelas sebenarnya kita bisa unggul. Jika anda ingin tahu keunggulannya, berikut ulasan tentang keunggulan handphone lokal dibanding handphone impor.

Keunggulan Handphone Lokal Dibandingkan Handphone Impor

Fitur

Kita sering lihat produk handphone impor dengan harga yang mahal tapi fiturnya itu-itu saja. Berbeda dengan handphone lokal yang terus menawarkan fitur-fitur terbaru yang tentunya lain daripada yang lain. Misalnya saja untuk ponsel yang popular saat ini, yaitu Android. Seringkali kita temui fitur yang terdapat didalamnya seperti TV, tahan banting, ataupun tahan di dalam air. Beberapa fitur tersebut belum tentu dimiliki oleh ponsel buatan asing. Kita tentu banyak melihat handphone lokal yang tahan air beredar di pasaran. Bahkan saat dipajang saja bukan di etalase biasa, melainkan di dalam air. Beberapa handphone lokal pun dilengkapi dengan singnal TV beserta antenna nya. Sehingga saat ingin menonton TV dari HP kita tidak perlu streaming yang menghabiskan kuota internet cukup banyak.

Handphone Lokal

Spesifikasi

Kita juga bisa bangga dengan Handphone lokal karena berani menawarkan spesifikasi yang tak tanggung-tanggung ke dalam Smartphone buatannya. Misalnya saja soal OS. Jika kita lihat, ponsel lokal lebih up to date daripada produk impor dalam hal system operasi handphone, terutama Android. Jika sekarang sudah ada Android OS 5.0 Lollipop, maka produk lokal langsung muncul dengan produk terbaru menggunakan OS Android terbaru. Berbeda dengan produk impor yang bahkan ada yang masih menggunakan OS 4.0 Ice Cream Sandwich. Selain software, ada pula hardware. Misalnya saja layar. Jika kita lihat produk lokal, mereka selalu menggunakan teknologi terbaru untuk layar. Misalnya untuk saat ini yang terbaru adalah Gorilla Glass.

Handphone Lokal

Harga

Keunggulan lainnya sudah pasti adalah harga. Harga handphone Android terbaru buatan lokal tentu lebih murah dibandingkan dengan produk hp impor. Bahkan untuk spesifikasi yang kurang lebih sama, harga android lokal dengan harga android impor bisa selisih 1 jutaan lebih. Banyak hal yang mempengaruhi. Yang terutama sudah pasti adalah peran Negara, dalam hal ini pemerintah yang menerapkan aturan pajak. Produk impor harus lebih dulu kena pajak untuk masuk ke dalam negeri. Selain itu, karena perakitannya di luar negeri, maka masih ada biaya tambahan untuk mengirim sampai ke Indonesia. Berbeda dengan ponsel lokal yang sudah jelas tak perlu pengiriman jauh-jauh dan kalaupun kena pajak, jumlahnya tak seberapa dibandingkan dengan ponsel impor.

Dari beberapa keunggulan handphone lokal di atas, terlihat bahwa tak selamanya ponsel impor itu lebih unggul. Apalagi jika kita memang ingin membuat produk Indonesia terkenal di dunia, pertama kali harus terkenal di negeri sendiri. Jika memang produk lokal ada yang lebih unggul, kenapa kita harus membeli produk ponsel impor?

Comments

comments