Sepatu lari adalah elemen utama yang berfungsi untuk melindungi kaki dari cedera dalam berolahraga khususnya lari. Untuk para pelari professional, lari tanpa menggunakan sepatu lari (running shoes) adalah mustahil, karena mereka akan langsung didiskualifikasi. Sementara anda yang melakukan aktifitas lari hanya sebagai hobi, sepatu adalah safety tool yang membuat lari anda menjadi nyaman. Banyak sekali jenis, tipe, dan merk sepatu lari yang beredar di pasaran. Ada yang kualitasnya tinggi dengan harga tinggi pula, dan ada juga sepatu dengan kualitas biasa dengan harga yang tentunya lebih murah.

Sepatu Lari

Dari banyaknya jenis sepatu lari yang ada di pasaran, anda harus memilih satu yang paling cocok dan nyaman untuk kaki anda. Ingat, faktor utama adalah kenyamanan dan keamanan. Yang lain bukanlah elemen yang penting. Seringkali, orang salah membeli sepatu lari. Walaupun harus menebus dengan harga yang mahal, tapi ketika dipakai tidak nyaman. Nah, untuk menghindari hal semacam itu, anda harus jeli dalam memilih sepatu lari. Berikut kami berikan tips penting memilih sepatu lari.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membeli Sepatu Lari

1. Berat Sepatu

Setiap jenis sepatu lari memiliki berat yang berbeda. Hal ini karena bahan dan fitur yang ada dalam sebuah sepatu berbeda satu dengan yang lainnya. Memilih berat sepatu yang cocok aktifitas lari anda adalah dengan cara mengukur jarak lari yang biasa anda tempuh. Jika jaraknya rata-rata tidak lebih dari 5 km, ada baiknya anda menggunakan sepatu lari yang ringan. Sepatu yang ringan bisa meningkatkan kecepatan berlari anda karena beban yang ada di kaki semakin kecil.

Sepatu Lari

Namun sebaliknya, jika anda sering lari sejauh lebih dari 5 km, sebaiknya menggunakan sepatu dengan peredam getaran di dalamnya. Tentunya dengan peredam, sepatu akan semakin berat. Tapi fungsi peredam yang berguna untuk mereduksi benturan kaki anda dengan tanah pada saat berlari dapat mengurangi resiko anda terkena cedera. Selain itu, kaki pun tidak mudah cape.

2. Kelenturan

Sepatu Lari

Dalam berlari kaki anda selalu bergerak. Bagian telapak dan pergelangan akan tertekuk ketika anda berlari. Sepatu yang baik akan menuruti lekukan kaki anda tanpa membuatnya sakit. Semua sepatu mungkin bisa ditekuk. Namun, yang memiliki sifat lentur hanya beberapa sepatu saja yang kualitasnya bagus. Anda bise mengetahui sepatu itu lentur atau tidak dengan menekuknya. Lalu lihatlah berapa cepat sepatu lari itu kembali ke bentuk semula. Jika dalam sekejap sepatu langsung kembali ke bentuk semula, berarti tingkat kelenturan sepatu tersebut tinggi. Sepatu dengan tingkat kelenturan tinggi sangat baik untuk lari.

3. Ventilasi

Sepatu Lari

Jika anda berlari dalam waktu yang lama dengan jarak tempuh yang jauh, suhu di dalam sepatu akan mengalami peningkatan. Karena peningkatan suhu tersebut, sepatu yang anda kenakan akan membuat kaki anda terasa panas. Rasa panas itu membuat kaki tidak nyaman dan berkeringat. Saat ketidaknyamanan itu, performa lari akan berkurang. Hal ini sangat mengganggu. Sebaiknya, pilihlah sepatu lari yang ada ventilasinya. Dengan adanya ventilasi, udara dari luar bisa masuk, sehingga suhu dalam sepatu akan terasa sejuk dan nyaman dipakai.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Sepatu Olahraga yang Perlu Anda Perhatikan

Itulah tiga tips yang perlu anda ketahui sebelum membeli sepatu lari. Mengingat sepatu juga bagian dari fashion pria dan wanita masa kini, memilih sepatu dengan model dan tipe terbaru bisa dijadikan tambahan tips agar anda tampil makin sporty dan gaya. Selamat memilih sepatu favorit anda.

Comments

comments